Maksimalkan Proses Reproduksi Sel dengan Berpuasa, Yuk!

memaksimalkan reproduksi sel dengan berpuasa

Kamu sudah tahu belum, kalau berpuasa itu bisa membantu memaksimalkan proses reproduksi sel dalam tubuh, lho! Yuk, baca penjelasannya berikut!

 

Halo, teman-teman! Gimana nih, puasanya di minggu pertama? Berat nggak, rasanya? Tetap semangat buat berpuasa ya, karena kalau kamu semangat puasa, berarti kamu juga semangat untuk membantu sel-sel dalam tubuh kamu melakukan proses reproduksi dengan lebih baik.

“Emangnya ada hubungannya antara puasa dengan proses reproduksi sel?”

Jelas ada, dong!

Seperti apa sih, hubungan antara puasa dengan proses reproduksi sel?

 

Jumlah Sel dalam Tubuh

Kamu tahu kan, kalau tubuh kita ini terdiri dari banyak sel? Sel-sel dalam tubuh kita ini bisa rusak karena terpapar oleh radikal bebas yang ada di sekitar kita. Sel-sel yang rusak itu harus diganti dengan sel baru untuk membantu pertahanan sistem kekebalan tubuh kita.

Nah, ternyata, dengan melakukan puasa, kita dapat membantu proses reproduksi sel-sel tersebut berjalan dengan baik, lho!

Baca juga: Struktur-struktur Sel Beserta Fungsinya

 

jumlah sel dalam tubuh manusia

 

Kok bisa?

Bisa, dong. Selama puasa kan kita nggak makan dan minum tuh, otomatis banyak pemakaian cadangan energi dalam tubuh yang menyebabkan pembelahan sel berjalan secara bersamaan. Ini terjadi karena tubuh mengambil energi itu dari glikogen dalam hati dan lapisan lemak yang ada di bawah kulit.

Ngomong-ngomong, selain pada manusia, hewan dan tumbuhan, pembelahan sel juga terjadi pada organisme bersel tunggal seperti Amoeba dan Paramecium. Pembelahan sel dilakukan secara amitosis, yakni berlangsung secara spontan tanpa suatu tahapan.

Nah, yang kita bahas kali ini adalah pembelahan sel dalam tubuh kita yang sedang berpuasa. Pembelahan sel yang terjadi dalam tubuh terbagi menjadi dua, nih. Ada yang secara mitosis dan meiosis.

 

Apa Itu Mitosis dan Meiosis?

Mitosis adalah proses pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak yang masing-masing memiliki sifat dan jumlah kromosom yang sama dengan sel induk. Mitosis terjadi pada perbanyakan sel tubuh (sel somatis).

Bedanya apa antara mitosis dan meiosis?

Nah, kalau meiosis adalah proses pembelahan sel dengan dua kali pembelahan yang menghasilkan empat sel anak, yang masing-masing memiliki separuh dari jumlah kromosom sel induk. Meiosis terjadi pada jaringan organ reproduksi seksual.

 

pembelahan sel mitosis dan meiosis

 

Jadi, perbedaan antara mitosis dan meiosis terletak pada proses pembelahan, jumlah anakan sel yang dihasilkan, serta lokasi terjadinya pembelahan dalam tubuh.

 

Manfaat Puasa bagi Reproduksi Sel Tubuh

Nah, saat kita berpuasa, seringkali kita mendapati kulit kita jadi terasa lebih kering daripada biasanya kan? Hal itu karena asupan air dalam tubuh kita berkurang. Eits, tapi kamu nggak perlu khawatir. Keringnya kulit kamu saat puasa itu merupakan salah satu tanda proses regenerasi sel kulit sedang berlangsung. Kulit yang kering merupakan contoh proses mitosis yang terjadi saat berpuasa.

Coba kalau lagi nggak puasa? Sebentar-sebentar minum. Sebentar-sebentar makan. Iya kalau makanannya sehat seperti buah dan sayur. Kalau makanannya gorengan atau makanan dengan bahan pengawet lainnya, gimana tuh? Itu juga bisa menjadi penyebab lambatnya proses regenerasi sel, lho.

Baca Juga: Apa Saja Komponen Kimiawi dalam Sebuah Sel?

Lalu, contohnya dengan pembelahan meiosis gimana tuh?

 

fakta tentang wanita berpuasa

 

“Kok bisa sih, pas lagi puasa malah memproduksi sel telur lebih banyak?

Hal tersebut terjadi karena asupan kalori yang berkurang dan berpengaruh pada hormon reproduksi sehingga bagi wanita, siklus menstruasi dan produksi sel telur menjadi lebih lancar. Eh hampir lupa, nggak cuma sel telur aja sih, kalau kamu cowok yang lagi puasa, juga berpengaruh kok ke produksi jumlah sel sperma menjadi lebih banyak.

Itu tadi penjelasan tentang hubungan puasa dengan proses reproduksi sel. Baru tahu kan, kalau ternyata puasa bisa membantu proses regenerasi sel? Jadi makin semangat nggak nih, puasanya? Puasa itu ibadah yang bikin tubuh kita sehat, jadi jangan sampai bolong-bolong, ya!

Mau belajar pas puasa tapi malas keluar rumah? Coba pakai ruangbelajar yuk! Kamu bisa belajar dengan video beranimasi yang keren hanya dengan smartphone kamu. Soal latihan dan rangkumannya juga lengkap. Dijamin kamu bakal bisa ngerasain belajar jadi lebih mudah!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Referensi:

Irnaningtyas, Istiadi Y. (2016). Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013 yang Disempurnakan Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga.

 

Artikel ini telah diperbarui pada 4 April 2022.

Tedy Rizkha Heryansyah