Biologi Kelas 11 | Memaksimalkan Reproduksi Sel dengan Berpuasa

puasa reproduksi sel - header 

Artikel Biologi kelas XI kali ini akan membahas tentang kegiatan berpuasa yang ada hubungannya dengan proses reproduksi sel.

---

Squad, bagaimana nih puasa di hari pertama yang kamu jalani? Berat nggak rasanya? Tetap semangat pokoknya buat berpuasa ya. Kalau kamu semangat dalam berpuasa,  berarti kamu juga semangat untuk membantu sel-sel dalam tubuh kamu melakukan proses reproduksinya dengan lebih baik.

“Emangnya ada gitu hubungannya antara puasa dengan proses reproduksi sel?”

Jelas ada dong, Squad. Maka dari itu Squad, simak artikel berikut ini ya.

Kalian tahu kan kalau di dalam tubuh kita ini terdiri dari banyak sel? Sel-sel dalam tubuh kita bisa rusak karena terpapar oleh radikal bebas yang ada di sekitar kita.

Sel-sel yang rusak itu harus diganti dengan sel baru untuk membantu pertahanan sistem kekebalan tubuh kita. Ternyata, dengan melakukan puasa dapat membantu proses reproduksi sel-sel tersebut berjalan dengan baik.

puasa reproduksi sel - jumlah sel

Kok bisa?

Selama puasa kan kita nggak makan dan minum, otomatis banyak pemakaian cadangan energi dalam tubuh menyebabkan pembelahan sel berjalan secara bersamaan. Ini terjadi karena tubuh mengambil energi itu dari glikogen dalam hati dan lapisan lemak yang ada di bawah kulit.

Ngomong-ngomong tentang pembelahan sel, selain pada manusia, hewan dan tumbuhan, terjadi juga pada organisme bersel tunggal seperti Amoeba dan Paramecium. Pembelahan sel dilakukan secara amitosis, yakni berlangsung secara spontan tanpa suatu tahapan.

Nah, yang kita bahas kali ini pembelahan sel dalam tubuh kita yang sedang berpuasa. Pembelahan sel yang terjadi dalam tubuh terbagi menjadi dua nih Squad. Ada yang secara mitosis dan meiosis.
 

Apa sih mitosis dan meiosis itu?

Mitosis merupakan pembelahan sel dari sel tunggal menjadi dua sel yang identik. Fungsinya sama. Pembelahan sel secara mitosis ini terjadi dari ujung rambut sampai ujung kaki, seluruh tubuh pokoknya deh. Bedanya, meiosis itu pembelahan sel yang menghasilkan empat sel anak dan terjadi pengurangan jumlah kromosom. Pembelahan meiosis terjadi pada sel kelamin di organ reproduksi (testis dan ovarium).

puasa reproduksi sel - mitosis meiosisMudahnya begini Squad, kalau kamu lagi berpuasa nih, kamu merasakan kulit kamu terasa lebih kering nggak? Pasti dong. Itu karena asupan air dalam tubuh kita berkurang. Eiiitss...tapi kamu jangan khawatir. Keringnya kulit kamu saat puasa itu merupakan salah satu tanda proses regenerasi sel kulit sedang berlangsung.

Nah, kulit yang kering tadi itu merupakan contoh proses mitosis yang sedang terjadi saat berpuasa. Coba kalau lagi nggak pas puasa? Sebentar-sebentar minum. Sebentar-sebentar makan. Iya kalau makanannya sehat seperti buah dan sayur. Kalau makanannya gorengan atau makanan dengan bahan pengawet lainnya gimana tuh? Itu juga bisa menjadi penyebab lambatnya proses regenerasi sel lho Squad.

Baca Juga: Apa Saja Komponen Kimiawi dalam Sebuah Sel?

Lalu, contohnya dengan pembelahan meiosis gimana tuh?

puasa reproduksi sel - tahukah kamuKok bisa pas lagi puasa malah memproduksi sel telur lebih banyak? Hal tersebut terjadi karena asupan kalori yang berkurang dan berpengaruh pada hormon reproduksi sehingga bagi wanita, siklus menstruasi dan produksi sel telur menjadi lancar. Eh hampir lupa, nggak cuma sel telur aja sih, kalau kamu cowok yang lagi puasa juga berpengaruh kok ke produksi jumlah sel sperma jadi lebih banyak.

Gimana nih Squad setelah tahu kalau puasa itu bisa membantu proses regenerasi sel? Makin semangat nggak nih puasanya? Puasa itu ibadah yang bikin tubuh kita sehat lho, Squad.

Mau belajar pas puasa tapi malas keluar rumah? Coba pakai ruangbelajar yuk. Kamu bisa belajar dengan video beranimasi yang keren hanya dengan smartphone kamu. Soal latihan dan rangkumannya juga lengkap. Dijamin kamu bakal bisa ngerasain #BelajarJadiMudah

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts