Niat Masuk Perguruan Tinggi Negeri? Siapkan Dulu Hal-hal Ini

Ruangguru

Apr 3, 2018 • 3 min read

sbmptn Siap kuliah


Tidak terasa satu bulan lagi SBMPTN 2018 akan dilaksanakan. Jangan panik dulu! Apabila kamu sudah menentukan perguruan tinggi pilihanmu, tinggal sedikit lagi usaha yang harus kamu tempuh untuk menyiapkan diri. Untuk itu, Ruangguru akan memberikan beberapa tips untuk kamu agar SBMPTN semakin lancar.

masuk perguruan tinggi(Sumber: telegraph.co.uk)

1. Kenali dulu dirimu

Pilihlah program studi tujuan dan cari tahu daya tampungnya agar kamu memiliki gambaran akan persaingan di hari H nanti. Lalu, putuskan apakah kamu membutuhkan bimbingan belajar atau tidak. Kalau jawabanmu iya, pilih bimbel intensif yang sesuai dan terjangkau. Jangan takut untuk berkomunikasi dengan guru bimbel agar ia mengerti kebutuhan kamu. Ketahui materi apa yang sudah kamu kuasai dan mana yang perlu kamu pelajari lebih dalam lagi. Hal ini bisa membantu kamu untuk fokus belajar.

2. Kumpulkan soal-soal SBMPTN terdahulu sebagai bekal belajar

Kamu bisa membeli atau meminjam buku-buku soal dari kakak kelas kamu. Soal-soal SBMPTN juga banyak tersedia di internet dan dapat diunduh secara gratis. Pastikan soal-soal tersebut menyediakan kunci jawaban yang benar untuk dicocokkan saat kamu selesai mengerjakan soal. Berikut beberapa referensi dari Ruangguru:

3. Buatlah timeline per hari

Bagi waktu berdasarkan mata pelajaran dan materi yang ingin kamu kuasai . Hal ini membantu kamu untuk terpacu dalam belajar dan melatih kedisiplinan. Kamu bisa membuat deadline untuk penguasaan materi atau soal SBMPTN yang kamu rasa sulit.

Jangan lupa untuk menyisihkan waktu istirahat juga, ya. Setiap orang pasti butuh refreshing, termasuk kamu. Lakukan hal-hal kecil yang membuat kamu senang agar kamu rileks saat belajar. Jaga pola makan dan perbanyak minum air. Kamu tidak mau kan jatuh sakit di hari SBMPTN?

4. Pelajari kembali soal yang kurang kamu kuasai

Ayo, buka kembali angan takut untuk mempelajari kembali konsep dasarnya. Apabila kamu hanya mengandalkan usaha dengan menjawab soal sebanyak-banyaknya, belum tentu kamu bisa menguasai materi tersebut apabila disajikan dalam bentuk soal yang berbeda.

Pada dasarnya, tes SBMPTN merupakan bentuk evaluasi terhadap pengetahuan serta cara berpikir kamu. Begitu juga apabila kamu hanya menghafal rumus. Akan tetapi, dengan memahami konsep dasar, rumus tersebut bisa kamu gunakan secara efektif. 

masuk perguruan tinggi(Sumber: theguardian.com)

5. Mengikuti tryout atau simulasi SBMPTN

Cari informasi tryout yang diadakan di kotamu atau ikuti tryout yang tersedia di internet. Sama seperti tryout UN, tryout SBMPTN bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan kamu dalam menghadapi tes. Kamu bisa mengetahui seberapa besar peluang kamu untuk memenuhi target nilai untuk masuk ke perguruan tinggi negeri tujuan. Ditambah lagi, tryout melatih kesiapan mental kamu juga, loh.

6. Cobalah untuk merencanakan strategi di hari tes

Setelah kamu mengetahui kemampuan kamu dalam mengerjakan soal. Ketahui bobot tiap soal dan estimasi waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya. Dengan begitu, kamu akan semakin siap untuk menghadapi tes yang sesungguhnya.

Apapun strategi yang kamu gunakan, persiapkanlah diri kamu sematang mungkin sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga enam tips di atas bisa membantu kamu untuk mempersiapkan diri, ya! Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang dengan belajar menggunakan ruangbelajar dari Ruangguru.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts