Matematika Kelas 10 | Fungsi Kuadrat dan Grafik Fungsi Kuadrat

fungsi kuadrat dan grafik fungsi kuadrat

Artikel ini membantu kamu belajar tentang apa itu fungsi kuadrat dan bagaimana menggambar grafik fungsi kuadrat dengan mudah dari contoh kejadian di kehidupan sehari-hari serta aplikasinya di pengembangan teknologi.

--

Pada suatu hari, Rogu sedang pergi berlibur ke luar kota. Ia pergi menggunakan pesawat terbang. Selama di perjalanan, ia terus mengagumi salah satu kendaraan udara ini. Kok bisa ya ada teknologi secanggih ini? Setelah Rogu mencari tahu, ternyata asal mula perkembangan pesawat ini tidak lepas dari salah satu konsep matematika, yaitu fungsi kuadrat. Seperti apa sih fungsi kuadrat itu? Ada nggak ya cara mudah membayangkan fungsi kuadrat itu seperti apa? Simak penjelasannya di bawah ini.

pesawat dan fungsi kuadrat

Pesawat merupakan teknologi canggih masa kini (sumber: waktuku.com)

Pertama, apa sih itu fungsi? Misalnya kita ingin mencari nilai y. Ternyata nilai y ini dipengaruhi oleh x, z, dan w. Nah, fungsi berguna untuk menggambarkan seberapa besar sih pengaruh x, z, dan w terhadap y. Fungsi kuadrat berarti pengaruh x, z, dan w ini berpangkat 2. Agar pembahasan lebih mudah, kita mulai dari nilai y yang hanya dipengaruhi oleh x saja ya. Namun pengaruh maksimalnya pangkat dua sehingga dinamakan fungsi kuadrat satu variabel. Seperti ini bentuk umum fungsi kuadrat satu variabel.

bentuk umum fungsi kuadrat

Orang–orang dahulu kemudian berpikir untuk bisa menggambarkan fungsi kuadrat karena akan sangat mempermudah mereka dalam melakukan analisa. Mereka ingin tau bagaimana ya nilai y kalau x makin besar? Bagaimana nilai y kalau x makin kecil? Di mana nilai y akan mencapai minimum? Di mana nilai y akan mencapai maksimum? Maka orang–orang zaman dahulu, termasuk saat mengembangkan pesawat, banyak menggunakan grafik. Gimana langkah – langkah menggambar grafik dari fungsi kuadrat?

langkah menggambar grafik fungsi kuadrat

Grafik fungsi kuadrat akan berbentuk parabola, Squad. Masalahnya parabolanya terbuka di mana tuh? Atas atau bawah? Jadi, grafik akan terbuka di atas kalau nilai a > 0 dan grafik akan terbuka di atas kalau nilai a < 0. Parabola juga punya titik maksimum atau minimum kan? Nah posisi titik ini pada sumbu x dicari dari rumus –b / 2a. Sementara pada sumbu y, tinggal masukkan saja nilai x yang didapat pada fungsi kuadrat yang dicari.

Persamaan kuadrat dalam pembuatan pesawat salah satunya terpakai dalam memperhitungkan gaya angkat pesawat dari kecepatan angin. Misalnya dalam suatu proses perhitungan tersebut muncul fungsi kuadrat

fungsi kuadratBagaimana gambar grafiknya?
 
Pertama–tama perhatikan nilai a-nya. Nila a = 1. Maka grafiknya nanti pasti akan terbuka ke atas. Lalu bagaimana titik potong di sumbu x dan y? Bagaimana sumbu simetrinya?
menggambar grafik fungsi kuadrat

Baca juga: Persamaan Kuadrat dan Cara Menyelesaikannya 

Jadi grafiknya nanti akan terbuka ke atas, memotong sumbu x di x = 1 dan x = 3, memotong sumbu y di y = 3, dan punya sumbu simetri / titik minimum di x = 2 y = -1? Gimana ya gambarnya Squad? Coba perhatikan deh gambar di bawah.

 grafik fungsi kuadratCukup mudah kan Squad? Masih banyak lho fungsi–fungsi kuadrat lain yang ada di kehidupan sehari–hari mulai dari di lingkungan sekitar sampe di teknologi–teknologi canggih. Bisa banget tuh kamu gambar grafik fungsi kuadratnya biar lebih jago lagi. Dengan menggambar grafik fungsi kuadrat, maka memahami berbagai kejadian dan teknologi di sekitar pasti lebih mudah, Squad!

kegunaan persamaan kuadrat

Gimana? Makin penasaran kan sama fungsi kuadrat dan grafiknya? Tertarik jadi salah satu insinyur penerbangan? Sikat yuk kunjungi ruangbelajar. Di sana banyak banget informasi yang bisa kamu dapat. Mau video materi? Tambahan soal dan pembahasan? Semua ada! Tunggu apa lagi Squad?

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts