Matematika Kelas 10 | Membuat Fungsi Kuadrat dari Grafik

Created by : Rangga Putra Pertama
on Aug 8, 2018 5:54:38 PM
3 min read
Rangga Putra Pertama

membuat fungsi kuadrat dari grafik

Artikel ini akan membahas konsep matematika tentang cara membuat fungsi kuadrat dari grafik fungsi kuadrat dengan contoh nyata di sekitar kita dan kehidupan sehari–hari.

--

Halo, Squad! Gimana kabarnya nih? Walaupun lagi pada sibuk belajar, jangan lupa jaga kesehatan ya. Salah satunya jangan suka makan junkfood tuh. Junkfood itu salah satu penyebab terbesar penyakit jantung lho btw. Tapi tenang aja, sudah ada cara-cara yang bisa melihat seberapa sehat sih jantung kamu. Salah satu konsep matematika, yaitu membuat fungsi kuadrat dari grafik, juga dipakai lho dalam cara itu. Penasaran kan? yuk simak penjelasannya!

jantung tidak sehat karena junk food - fungsi kuadrat

Junkfood adalah salah satu penyebab penyakit jantung terbesar (sumber : thebodyhealer.com)

Heart Rate Variability Signal (HRV) adalah variasi interval detak jantung kita. HRV itu juga salah satu penanda kesehatan jantung kamu. Nah, biasanya penanda ini digambarkan dalam bentuk grafik. Salah satunya adalah grafik fungsi kuadrat yang bisa kamu lihat langsung! Wuih canggih kan?!

Selanjutnya, grafik–grafik tersebut perlu di”ulik” lebih lanjut. Kita perlu tau dari grafik persamaan kuadrat tersebut gimana sih persamaan kuadratnya. Setelah diketahui, barulah persamaan kuadrat itu dijadikan acuan menentukan kondisi jantung kita (ingat kembali fungsi kuadrat dan grafik fungsi kuadrat). Nah, cara membuat persamaan kuadrat dari grafik kaya gini nih Squad.

membuat persamaan kuadrat dari grafik

Baca juga: Persamaan Kuadrat dan Cara Menyelesaikannya 

Gimana tuh cara memakainya? Misalnya saat jantung salah seorang diuji ternyata menunjukkan sinyal Fibrasi Atrium (salah satu kelainan detak jantung yang terlalu cepat). Hasil grafik menunjukkan gambar seperti di bawah ini.

grafik fungsi kuadratDokter penguji ingin tau persamaan kuadrat seperti apa sih yang menunjukkan atrial fibrillation dari grafik tersebut. Nah langsung aja kalau gitu kita gunakan cara di atas, Squad.

membuat persamaan kuadrat

Jadi didapat deh persamaan kuadratnya y = persamaan kuadrat hehe. Intinya adalah, kita harus melihat–lihat nih dari grafik persamaan kuadrat, titik apa sih yang dapat diketahui. Setelah tau titik–titiknya, langsung deh sesuaikan rumus mana yang dapat digunakan. Begitulah cara membuat persamaan kuadrat dari grafik, Squad. Kalau udah jago nanti pasti bisa jadi dokter penyakit jantung te o pe be ge te.

persamaan kuadrat dan penyakit jantung

Penasaran buat tau lebih lanjut cara membuat fungsi kuadrat dari grafik, Squad? Atau mau jadi dokter yang hebat dan bisa menolong banyak orang? Kalo begitu langsung aja daftar di ruangbelajar. Di sana ada banyak banget video materi dan pembahasan soal yang bakal sangat-sangat membantu deh. Tunggu apa lagi, Squad? Sikat!

ruangbelajar

Tags: konsep pelajaran SMA Kelas X Matematika X

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

Latihan dan Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2017

Apr 25, 2017 5:30:44 PM
11 min read

Anak IPA? Ini Latihan Soal UN Biologi SMA (2017) dan Pembahasannya

Mar 27, 2017 3:35:27 PM
5 min read