Matematika Kelas 10 | Menyelesaikan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Mutlak

Created by : Rangga Putra Pertama
on Jul 12, 2018 4:40:21 PM
4 min read
Rangga Putra Pertama
Matematika_10
Artikel ini membantu kamu untuk menyelesaikan atau mencari solusi persamaan dan pertidaksamaan linear mutlak dengan mudah dari soal cerita di kehidupan sehari - hari.

--

Sepulang sekolah, Rogu ingin ke rumah Rangga. Namun ia juga ingin membeli buku. Tapi, letak toko bukunya di mana ya? Aduh, sayangnya Rangga nggak tahu nih. Ia hanya tahu memang ada sih toko buku di sekitar rumahnya. Padahal kalau toko bukunya lebih dekat dari rumah Rangga, Rogu pastinya memilih membeli buku dahulu.

Hmm, tapi jangan khawatir. Untungnya Rogu itu pintar matematika, jadi dia punya penyelesaian masalahnya. Bagaimana caranya? Waah kali ini Rogu akan menggunakan persamaan dan pertidaksamaan linear mutlak untuk memperkirakan letak toko buku yang berada di sekitar rumah Rangga itu. Gimana ya itu caranya? Yuk simak penjelasan dari Rogu.

Pertama yang harus kamu tahu nih, apa itu “mutlak”? Di matematika, mutlak berarti nilainya selalu lebih dari atau sama dengan 0. Biasanya sih disimbolkan oleh dua garis tegak lurus mengapit suatu kalimat matematika, contohnya “| 5x + 7 |”.

Nilainya selalu lebih dari atau sama dengan 0, walaupun x yang dipilih menyebabkan “5x + 7” jadi negatif. Jadi ada dua kemungkinan kejadian pada setiap perhitungan untuk nilai mutlak. Seperti ini ilustrasinya.

contoh ilustrasi nilai mutlak

Setelah memahami apa itu fungsi nilai mutlak, ingat-ingat juga perbedaan persamaan linear dan pertidaksamaan linear. Persamaan linear dari suatu nilai mutlak kita sebut persamaan linear mutlak. Nah, selanjutnya kita akan membantu Rogu untuk mencari tahu di mana letak toko buku. Yuk langsung aja lanjut ke bawah.

persamaan linear mutlak

Rogu ingat, sewaktu jam istirahat, Rangga bercerita bahwa jarak sekolah ke rumahnya adalah 5 km. Rangga juga memberi tahukan bahwa memang ada toko buku pada jarak 1 km dari rumahnya. Tapi di mana ya persisnya toko buku itu bila dihitung dari sekolah?

Untung saja Rogu ingat bahwa kata-kata “jarak” itu nilainya selalu positif, sehingga ia bisa memanfaatkan prinsip nilai mutlak.

Misalnya jarak toko buku dari sekolah adalah x. Langsung aja deh Rogu menuliskan persamaan linear mutlaknya yaitu

| x - 5 | = 1

Selanjutnya Rogu mau mencari nilai x sehingga |x - 5| akan menghasilkan 1 nih. Bagaimana langkah-langkah penyelesaian persamaan linear nilai mutlak?

Ada dua kemungkinan, x - 5 atau – (x - 5)

  • Kemungkinan pertama
    x - 5 = 1
    x       = 6
  • Kemungkinan kedua

     

    - (x - 5) = 1
    x - 5      = -1
    x            =  4

Jadi, ada dua kemungkinan letak toko buku. Pertama yaitu 6 km dari sekolahnya dan yang kedua  yaitu 4 km dari sekolahnya. Bila memang benar 4 km dari sekolahnya, Rogu mampir ke toko buku dulu hehe.

Nah bagaimana? Mudah kan Squad untuk menyelesaikan persamaan linear mutlak? Sekarang coba simak pembahasan selanjutnya yuk.

pertidaksamaan linear mutlak

Bagaiman bila ternyata Rangga memberitahu Rogu kalau jarak rumahnya ke toko buku lebih dari 1 km dan jarak rumahnya dari sekolah tetap yaitu 5 km? Di mana ya letak toko buku itu bila dihitung dari sekolah? Langsung saja deh Rogu menggunakan pertidaksamaan linear mutlak (kata kunci untuk pertidaksamaan adalah lebih dari, kurang dari, maksimum, atau minimum). Santai, Squad. Rogu bakal menjelaskan dengan simple kok.

| x - 5 | > 1

Ada dua kemungkinan, x - 5 atau – (x - 5)

  • Kemungkinan pertama
    x - 5 > 1
    x > 6
  • Kemungkinan kedua
    - (x - 5) > 1
    (x - 5) < -1
    x < 4

perubahan tanda pada pertidaksamaan

Jadi kemungkinan jawabannya adalah letak toko buku lebih dari 6 km dari sekolah atau kurang dari 4 km dari sekolah.

Cukup mudah kan penjelasan Rogu untuk menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linear mutlak? Contoh-contoh lain penggunaan persamaan dan pertidaksamaan linear mutlak masih banyak loh Squad dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan prinsip-prinsip matematika untuk menciptakan teknologi terkini pun menggunakannya!

Untuk mengetahui lebih banyak, kamu bisa melihat-lihat ruangbelajar. Di sana kamu bakal menemukan lebih banyak lagi video latihan soal, solusi penyelesaian, dan pastinya pengetahuan-pengetahuan menarik lainnya. Yuk Squad tunggu apa lagi? Gabung sekarang juga!

ruangbelajar

 

Tags: konsep pelajaran SMA Kelas X Matematika X

Beri Komentar

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

Latihan dan Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP 2017

Apr 25, 2017 5:30:44 PM
11 min read

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Anak IPA? Ini Latihan Soal UN Biologi SMA (2017) dan Pembahasannya

Mar 27, 2017 3:35:27 PM
5 min read