Matematika Kelas 12 | Statistika Deskriptif dalam Data Berinterval

Matematika kelas 12

Cara mencari statistik deskriptif  dalam data berinterval seperti rata-rata, modus, kuartil, dan simpangan baku akan dijelaskan dalam artikel ini dengan mudah dari contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar serta isu yang sedang hangat saat ini.

--

Tahu nggak kalau Indonesia diramalkan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kelima di tahun 2030? Penyebab ramalan itu adalah tingginya bonus demografi di Indonesia. Fyi, bonus demografi diperoleh bila proporsi penduduk berusia produktif (15 - 64 tahun) lebih banyak dari usia muda (kurang dari 15 tahun) dan usia lanjut (lebih dari 64 tahun). Ini bisa kita lihat dari grafik yang menunjukkan interval usia populasi di Indonesia saat ini, Squad.

Populasi penduduk Indonesia pada berbagai rentang umur 2017                                          Perempuan                                           Laki-laki

Populasi Indonesia di berbagai rentang umur tahun 2017 (sumber: katadata.co.id)

Grafik di atas menunjukkan berapa jumlah penduduk dengan interval usia tertentu. Sekilas terlihat kan penduduk usia produktif di Indonesia lebih banyak? Namun, bagaimana ya cara menunjukkannya secara kuantitatif dari statistika deskriptif? Soalnya statistika deskriptif seperti rataan, modus, kuartil, simpangan baku, dll. sangat dibutuhkan dalam menganalisa data. Coba deh ingat kembali statistika deskriptif dalam olimpiade lari 100 m 

Cukup mudah kok buat menentukan statistika deskriptif dari data berinterval. Perhatikan beberapa rumus statistika deskriptif yang sering dibutuhkan untuk data berinterval di bawah ini.

rumus statistika deskriptif

Baca juga: Pengenalan Istilah Statistik Data Tunggal dalam Matematika 

Kalau sudah tau rumus-rumusnya, coba kita cari tau yuk salah satu statistika deskriptif dari data populasi Indonesia tahun 2017 di atas. Misalnya kita ingin menjawab

Berapa sih rata – rata umur penduduk laki-laki Indonesia dari umur 0 hingga 74 tahun?

Jika ingin mencari rata-rata, kamu butuh data jumlah banyaknya (atau biasa disebut frekuensi) tiap kelompok dan titik tengahnya. Jadi, kita harus membuat tabelnya dulu nih berdasarkan gambar grafik di atas. Tabelnya berisi kelompok umur, nilai tengah dari kelompok umur itu, frekuensi, dan hasil kali antara nilai tengah dan frekuensi.

Oh iya, tabelnya bakal kepanjangan nih Squad buat ditampilkan semua di sini. Jadi dipersingkat ya seperti pada gambar di bawah ini (disimbolkan dengan titik-titik). Tapi tetap, kamu harus membuat tabel itu dari kelompok umur 0 – 4 tahun hingga 70 – 74 tahun ya.

tabel statistika deskriptif rata-rata

 Setelah dibuat tabelnya, didapat kan dari tabel kalau

capture1-7 = 3791,86 dan capture2-5 = 129,63

Dari rumus rata-rata akan didapat

 rata-rata contoh statistika deskriptif

                = 3791,86 / 129,63

                                                                  = 29,25

Jadi rata-rata umur penduduk laki-laki Indonesia dari 0 sampai 74 tahun adalah 29,25 tahun, Squad! Masih mudah-muda sekali, ya. Kalau muda kan jadi lebih produktif, punya waktu yang panjang, dan otomatis bisa membangun Indonesia lebih baik lagi. Beban penduduk usia tua juga bisa lebih terbantu nih. Apalagi kalau penduduk usia muda juga pada cerdas teknologi. Wuih bakal berjaya Indonesia. Makanya ayo belajar yang rajin Squad!

Kalau kamu butuh video materi dan pembahasan soal yang lebih banyak, langsung aja daftar di ruangbelajar. Dijamin deh jadi makin jago. Tunggu apa lagi? Sikat, Squad!

ruangbelajar

 

Beri Komentar