Matematika kelas 7  | Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (SPtLSV)

 

Matematika_Header (1)
Artikel ini akan membahas persoalan sehari-hari menggunakan konsep Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.

---

Halo Squad! Kali ini Rogu sedang menjalankan kegiatan 17 Agustus-an di sekolahnya nih. Merdeka! Merdeka! Merdeka! Waduh, Rogu kelihatan semangat banget Squad. Tetapi dia sedang ada masalah  dengan kegiatannya. Kalian tahu kan kegiatan sekolah seperti apa, pasti ada saja masalah yang datang. Tapi tenang, seperti kata pepatah bahwa setiap masalah pasti ada jalannya.

istem Pertidaksamaan Linear Satu VariabelIlustrasi hari kemerdekaan (Sumber : Zonasultra.com)

Ngomong-ngomong masalah Agustus-an, pasti tidak asing lagi nih dengan bendera. Kebetulan tugas Rogu yaitu meletakkan bendera- bendera itu ke dalam suatu kotak. Satu kotak hanya bisa memuat kurang dari 65 buah bendera. Kira-kira berapa jumlah maksimal bungkus bendera yang dapat masuk ke dalam kotak ya? Permasalahan ini akan kita pecahkan melalui cara Sistem Pertidaksamaan Linear satu Variabel lho Squad! Yuk lah cekidot.

Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (SPtLSV)

Pertidaksamaan Linier Satu Variabel (SPtLSV) adalah pertidaksamaan yang hanya mempunyai satu variabel dan berpangkat satu menggunakan tanda ketidaksamaan “>”, “ ≥ ”, “<“, atau “ ≤ ”. Apa sih maksudnya? Oke kalau begitu, kita lihat kalimat pernyataan yang menyatakan pertidaksamaan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Banyaknya hadiah pada lomba panjat pinang yaitu lebih dari 7 hadiah.
  2. Panjang lintasan balap karung yaitu lebih dari 2 meter.
  3. Pada perlombaan makan kerupuk, panjang tali kerupuk kurang dari 25 cm.

Seperti halnya Sistem Persamaan Linear Satu Variabel pada artikel sebelumnya Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV), di dalam materi SPtLSV juga terdapat bentuk dasarnya juga Squad. Di bawah ini adalah bentuk dasar pertidaksamaan linear satu variabel.

Gimana nih Squad? Sudah tahu kan apa itu pengertian Pertidaksamaan Linear satu Variabel, bentuk dasar dari SPtLSV, dan juga penerapannya di kehidupan sehari-hari? Gampang bukan? Sekarang kita bantu Rogu yuk untuk menyelesaikan masalah di kegiatan Agustus-an.

Sistem Pertidaksamaan Linear Satu VariabelBendera Agustus-an yang disiapkan Rogu untuk dimasukkan ke dalam kotak (sumber: umkmnews.id)

Rogu memiliki tugas untuk meletakkan beberapa bungkus bendera ke dalam suatu kotak. Pertama-tama kita tentukan dulu variabelnya, di sini variabel yang belum diketahui adalah banyaknya bungkus bendera yang akan dimasukkan ke dalam kotak yang disimbolkan x. Setelah itu, diketahui satu bungkus bendera berisi 10 buah bendera. Sementara satu kotak hanya dapat memuat kurang dari 65 buah bendera. Ternyata, di dalam kotak sudah terdapat bendera yang tidak dibungkus sebanyak 5 buah bendera. Nah kedua, kita tentukan model matematikanya yaitu 10x + 5 < 65 yang dapat dibaca: “10 buah bendera dikali banyaknya bungkus ditambah 5 buah bendera yaitu kurang dari 65 buah bendera.

Mudah kan Squad membuat model matematikanya? Selanjutnya, cara menyelesaikan permasalahan tersebut, kita gunakan beberapa langkah Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (SPtLSV) di bawah ini.

 Langkah-langkah Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variabel :

  1. Sederhanakan terlebih dahulu operasi yang ada. Berlaku juga pada operasi bertanda kurung.
  2. Gabungkan suku yang mengandung variabel ke dalam satu ruas.
  3. Menambahkan atau mengurangi kedua ruas dengan bilangan yang sama tanpa mengubah tanda ketidaksamaan.
  4. Mengalikan atau membagi kedua ruas dengan bilangan positif yang sama tanpa mengubah tanda ketidaksamaan.
  5. Mengalikan atau membagi kedua ruas dengan bilangan negative yang sama, tapi tanda ketidaksamaannya berubah, dimana:
    a. > menjadi < , dan sebaliknya
    b. < menjadi > , dan sebaliknya
Pada contoh yang kedua ini, kita juga melakukan pengerjaannya sesuai dengan langkah-langkah yang tadi sudah dibahas ya Squad! Untuk langkah pertama dapat kita abaikan karena bentuk persamaan tersebut sudah sederhana, tidak ada tanda kurung. Kemudian kita lakukan langkah kedua, kita gabungkan suku yang memiliki variabel x di satu ruas yang sama. Caranya yaitu dengan melakukan operasi pengurangan pada kedua ruas. Kedua ruas dikurangkan dengan 5x.

Langkah ketiga, kamu harus melihat apakah di dalam persamaan itu terdapat operasi penjumlahan/pengurangan. Nah di dalam contoh yang ini, terdapat operasi pengurangan. Jadi harus dilakukan operasi pertambahan dengan nilai 30.

Selanjutnya yaitu langkah keempat. Langkah ini dapat diabaikan Squad karena persamaan tersebut variabelnya tidak dikalikan dengan bilangan positif tetapi dikalikan dengan bilangan negatif. Maka dari itu, kita lakukan langkah yang kelima. Pada langkah kelima, kita lakukan operasi pembagian dengan nilai -3. Karena dibagi dengan bilangan negatif, kita harus membalik tandanya. Ingat itu ya Squad karena itu merupakan hal yang sangat penting, jangan sampai terlewatkan.

So, mudah banget kan materi Pertidaksamaan Linear satu Variabel yang tadi sudah dibahas. Atau kamu masih belum puas dengan penjelasannya? Hmm tenang, kamu bisa nih belajar melalui video animasi di ruangbelajar. Di sana kamu bisa belajar sekaligus latihan soal-soal. Selain itu, waktu belajar kamu akan lebih efektif, dan tidak akan menyita waktu bermain kamu. Jadiii tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi ruangguru!

ruangbelajar

Beri Komentar