Mau Cepat Beradaptasi di Kampus Baru? Simak 5 Tipsnya

Shabrina Alfari

Aug 12, 2019 • 4 min read

Siap kuliah


beradaptasi di kampus baru untuk para mahasiswa baru

Artikel ini memberikan tips cepat beradaptasi di kampus baru untuk para mahasiswa baru

--

Sudah siap menyambut kehidupan baru sebagai mahasiswa? Menjadi mahasiswa baru tentu menjadi hal yang sudah kamu tunggu-tunggu ‘kan Squad? Kuliah merupakan dunia baru yang akan memberikan kamu banyak pengalaman. Di dunia perkuliahan ini kamu pun dituntut untuk bisa mulai belajar mandiri dan juga bisa beradaptasi dengan baik. Lalu, gimana ya caranya bisa cepat beradaptasi di kampus baru? Penasaran? Yuk, lihat tipsnya berikut ini.

1. Membuka diri dengan orang baru

beradaptasi di kampus baru untuk para mahasiswa baruMembuka diri dengan orang baru (Sumber: southernct.edu)

Hal penting pertama yang harus kamu ingat adalah belajar membuka diri dengan orang-orang baru. Cobalah untuk mengajak kenalan teman-teman yang baru kamu temui. Nah, kamu bisa mengawalinya saat momen ospek mahasiswa baru. Bersikaplah ramah kepada semua orang tanpa terkecuali. Dengan begitu, kamu pun bisa jadi pribadi yang menyenangkan dan orang-orang akan lebih senang memiliki teman sepertimu. Dekatkan diri dengan orang yang bisa memberikan dampak positif bagi kamu, baik itu dalam hal akademik juga sosial.

2. Aktif mencari tahu sistem belajar di kuliah

beradaptasi di kampus baru untuk para mahasiswa baruMencari tahu sistem belajar di kuliah (Sumber: news.mit.edu)

Squad, akan banyak sekali hal baru yang harus kamu ketahui saat kuliah, seperti sistem SKS, IP, IPK, KRS, Semester Pendek, mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, dan sebagainya. Sistem belajar di kampus juga berbeda dengan zaman SMA, karena sistem perkuliahan sangat mementingkan inisiatif dari mahasiswa sendiri. Jika ada yang membuat kamu bingung, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dosen atau senior yang kamu kenal.

3. Buat kesan yang baik pada dosen

beradaptasi di kampus baru untuk para mahasiswa baruBuat kesan yang baik pada dosen (Sumber: everythreeweekly.com)

Tipe dosen itu memang sangat bermacam-macam Squad, ada yang killer dan ada yang baik. Nah, agar dosen punya kesan pertama yang baik tentang kamu, sebisa mungkin jangan pernah telat masuk kelas atau telat mengumpulkan tugas. Tunjukkan sikap aktif dan penuh inisiatif selama kelas berlangsung agar kamu bisa lebih dikenal. Selesaikan semua tugas dengan maksimal dan ingat jangan pernah berani mencoba menyontek saat ujian. Kamu juga bisa coba ajak beliau ngobrol tentang mata kuliah atau tentang hal-hal umum terkait pengalaman beliau.

4. Cari teman belajar atau buat kelompok belajar

beradaptasi di kampus baru untuk para mahasiswa baruBuat kelompok belajar (Sumber: innovationatwork.ieee.org)

Jangan ragu untuk kerja berkelompok bersama teman-teman yang kamu rasa cocok. Dengan belajar bersama, kamu juga bisa mendapatkan wawasan tambahan dari teman-temanmu. Kamu dan anggota kelompok belajar bisa bertukar pendapat satu sama lain dan juga bisa saling berbagi ilmu. Saat ada tugas, kamu bisa mengatur pembagian tugas dengan jelas, lalu review tugas kalian bersama-sama sebelum dikumpulkan.

5. Menjadi anggota organisasi kampus

beradaptasi di kampus baru untuk para mahasiswa baruMenjadi anggota organisasi kampus (Sumber: campusinfo.umich.edu)

Selain bisa mendapatkan pengalaman dan wawasan baru, masuk ke sebuah organisasi di kampus itu juga akan membuat teman kamu semakin banyak, lho. Apalagi jika UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) atau organisasi yang kamu ikuti itu sesuai dengan hobi atau jurusan kamu. Pasti kamu jadi semakin cepat beradaptasi dan membuat kehidupan kampusmu menjadi semakin seru.

Gimana Squad? Sudah siap menghadapi tantangan baru sebagai mahasiswa? Selama di bangku kuliah, kamu juga akan belajar banyak mengenai softskill dan juga hardskill. Mau memperkaya skill yang berguna di bangku kuliah dan juga di dunia profesional? Yuk, cari guru privat berkualitas yang bisa membantu kamu di ruangles.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts