Mau Diterima di Kampus Idaman seperti Maudy Ayunda? Ini Rahasianya

Shabrina Alfari

Apr 9, 2019 • 3 min read

Siap kuliah


diterima di kampus idaman seperti Maudy Ayunda

Artikel ini memberikan tips kepada para calon mahasiswa untuk bisa diterima di kampus idaman seperti Maudy Ayunda 

--

Squad, masuk ke perguruan tinggi dan jurusan yang sudah diinginkan sejak lama tentunya menjadi impian semua orang. Namun, untuk menggapai cita-cita ini tidak mudah dan membutuhkan perjuangan yang luar biasa. Bahkan, masih banyak siswa yang kerap merasa tidak yakin untuk bisa masuk ke perguruan tinggi pilihannya. Hal ini berbeda dengan Maudy Ayunda. Beberapa waktu lalu, Maudy membagikan posting-an menarik di Instagram miliknya yang menunjukkan surat penerimaan kuliah S2 dari dua universitas terbaik dunia, yaitu Harvard dan Stanford.

"Kok bisa?”, “Pasti dia pinter banget!”, “Gimana cara belajarnya ya?” Pasti pikiran-pikiran semacam itu muncul setelah kamu melihat posting-an Maudy ini. Nah untuk kamu yang mau diterima di kampus impian seperti Maudy, yuk simak beberapa rahasianya berikut ini.

1. Tahu apa impian kamu sejak dini

Squad, ternyata Maudy sudah bermimpi untuk bisa berkuliah di Harvard University sejak ia masih duduk di bangku sekolah menengah. Bagaimana dengan kamu? Banyak siswa mengaku bingung dan tidak tahu apa yang harus mereka pilih saat lulus dari SMA. Mulailah persiapkan diri sejak awal agar kamu bisa mengembangkan rencana untuk menyusun persiapan kuliah di masa depan. Pupuk cita-citamu, temukan passion-mu, apa yang menjadi ketertarikanmu dan sebagainya. Kemudian curahkan energimu setiap hari untuk mencapainya.

diterima di kampus idaman seperti Maudy AyundaMaudy sudah bermimpi untuk kuliah di Harvard sejak kecil (Sumber: youtube.com/najwashihab)

“Kalau kita memberikan energi kepada impian kita, if we think about it, which I did all the time. It’s more likely that it can happened. Jadi aku jadi percaya banget dengan the power of visualization,” ungkap Maudy di youtube channel Najwa Shihab.

Saat pikiran sudah terfokus sejak dini, tentunya persiapanmu pun akan semakin matang untuk lebih mempersiapkan bagaimana cara memasuki perguruan tinggi yang kamu idamkan. Ingat! Nggak ada kata terlambat. Yuk, mulai dari sekarang!

Baca juga: 7 Cara Menemukan Passion Sebelum Memilih Jurusan Kuliah Paling Tepat

2. Kenali diri kamu sendiri

Sebelum mendaftar untuk masuk ke perguruan tinggi atau jurusan favorit dan bisa diterima di kampus impian, maka kamu harus benar-benar tahu mengenai diri kamu sendiri. Maksudnya adalah kamu harus tahu apa tujuan dan ambisi yang dimiliki, apa passion kamu, apa yang ingin kamu capai, dan apa perubahan yang ingin kamu ciptakan di masa depan. Fokuslah pada kekuatan yang kamu miliki untuk membantu kamu dalam memilih jurusan. Dengan begitu, kesempatanmu untuk diterima pun menjadi lebih besar.

3. Membuat belajar jadi menyenangkan

Untuk bisa lolos dan diterima di kampus impian, tentunya kamu harus melalui tes masuk dan bersaing dengan siswa lain yang memiliki keinginan yang sama. Maka, kamu harus bisa mulai bersahabat dengan belajar. Maudy sendiri mengaku sangat suka dengan belajar, lho.

diterima di kampus idaman seperti Maudy AyundaBuat belajar jadi menyenangkan (Sumber: oxfordlearning.com)

“Aku cinta banget belajar dan sangat enjoy belajar. Aku merasa apapun yang kita pelajari, there’s no limit to anyone if they want to learn it. Jadi ada something very powerful about learning and absorbing yang aku suka banget,” jelas Maudy mengenai kesukaannya dengan belajar.

Squad, belajar dan ujian itu memang sebuah tantangan yang nggak mudah. Namun ingat aja kalau semua hal itu butuh proses. Nah, kamu bisa kok membuat proses belajar dan ujian masuk perguruan tinggi ini menjadi lebih menyenangkan. Mau tahu caranya? Belajar aja dengan video beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis yang seperti bermain game di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts