Mau Diterima Lewat Jalur SNMPTN? Squad, Yuk Simak 5 Tips Ini

Andrea Lidwina

Jan 24, 2019 • 3 min read

Siap kuliah


tips diterima snmptn

Artikel ini membahas tentang tips-tips agar siswa dapat diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN

--

Squad, ada beberapa cara untuk diterima di perguruan tinggi negeri, salah satunya melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau biasanya disebut jalur undangan. Melalui jalur ini, Squad nggak perlu mengerjakan tes, seperti yang diberikan pada SBMPTN, tetapi kamu perlu mengumpulkan nilai rapor yang baik dan karya atau portfolio tertentu sebagai penilaian terhadap kemampuan kamu. Selain itu, akreditasi sekolah dan prestasi alumni di perguruan tinggi negeri terkait juga bisa lho jadi pertimbangan banyaknya kuota yang dibuka untuk menerima mahasiswa baru dari sekolah kamu.

Nah, karena pendaftaran SNMPTN 2019 semakin dekat, yuk Squad cari tahu 5 tips yang perlu dilakukan agar bisa diterima di perguruan tinggi negeri favorit kamu melalui jalur bebas tes ini.

1. Mencari tahu ketentuan dasar jalur SNMPTN

Squad, SNMPTN memberikan kuota penerimaan yang berbeda untuk setiap sekolah. Kuota tersebut ditentukan berdasarkan indeks sekolah. Nah, indeks sekolah terdiri dari beberapa kriteria, di antaranya akreditasi sekolah, prestasi alumni di perguruan tinggi negeri terkait, nilai peserta SBMPTN yang diterima pada tahun sebelumnya, dan prestasi sekolah kamu. Kemudian, untuk mengisi kuota itu, barulah peringkat nilai siswa yang akan menentukan. Jadi, semakin tinggi nilai kamu berarti peluang masuk dalam kuota penerimaan SNMPTN dari sekolah kamu pun semakin besar, Squad.

2. Memfokuskan pilihan pada program studi yang diinginkan

Sebelum mendaftar SNMPTN, Squad harus sudah tahu dan menentukan akan masuk di perguruan tinggi negeri mana dan program studi apa. Jika kamu sudah menentukan, maka persiapannya pun bisa lebih matang. Kamu bisa mencari tahu berapa besar peluang kamu untuk diterima di program studi tersebut atau hal-hal lain apa yang perlu kamu persiapkan sewaktu nanti mendaftar.

Memilih perguruan tinggi negeri dan program studi ini tidak boleh asal pilih atau ikut teman ya, Squad! Usahakan memilih program studi yang sesuai dengan bakat dan kesukaan kamu sehingga kamu sudah yakin dan tidak akan menolaknya ketika nanti diterima melalui jalur SNMPTN.

3. Memiliki nilai rapor yang konsisten dan pencapaian lain yang relevan

tips diterima snmptn

Nilai rapor haruslah konsisten, bahkan cenderung meningkat, jika ingin mendaftar SNMPTN (Sumber: waspada.co.id)

Karena tidak ada tes apapun di jalur SNMPTN, maka hal yang akan dilihat sebagai penilaian adalah nilai rapor siswa dari semester 1 sampai semester 5. Dengan begitu, nilai Squad di rapor haruslah stabil atau konsisten, jangan sampai naik-turun di semester-semester tersebut, melainkan harus terus meningkat.

Tidak semua pelajaran akan dilihat nilainya ya Squad, tetapi hanya mata pelajaran yang sesuai dengan program studi pilihan kamu. Misalnya, kamu memilih Fakultas Kedokteran berarti nilai yang akan dilihat adalah nilai mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Di samping itu, kamu juga bisa mengumpulkan pencapaian lain yang relevan untuk mendukung nilai rapormu, seperti sertifikat keikutsertaan dalam olimpiade sains.

4. Bertanya kepada senior dan alumni yang diterima melalui jalur SNMPTN

Persiapan Squad untuk menghadapi jalur bebas tes ini juga bisa dilakukan dengan bertanya pada senior atau alumni yang diterima di jalur SNMPTN pada tahun-tahun sebelumnya, terutama yang diterima di program studi dan perguruan tinggi negeri yang sama dengan yang kamu tuju. Kamu bisa bertanya bagaimana cara mereka belajar, dari mana mereka mencari tahu informasi soal indeks sekolah, atau bagaimana menghitung besarnya peluang diterima di program studi tersebut.

5. Mencatat tanggal-tanggal penting terkait pelaksanaan SNMPTN

tips diterima snmptn

Tanggal-tanggal penting terkait pelaksanaan SNMPTN harus diingat dan dicatat agar tidak kelewatan deadline-nya (Sumber: thrfun.com)

Setelah mempersiapkan diri dan nilai rapor dengan baik, Squad tak boleh lupa tanggal-tanggal penting terkait pelaksanaan SNMPTN, seperti kapan verifikasi berkas dan pendaftaran berlangsung. Sebab, bila kamu melewatkan tanggalnya, kamu sudah tak bisa mendaftar dan menyia-nyiakan satu kesempatan untuk masuk perguruan tinggi negeri favorit kamu. Jadi, cek dan catat tanggal-tanggalnya ya, Squad!

Gimana Squad? Banyak ya yang perlu disiapkan untuk SNMPTN? Namun, kamu tak perlu khawatir dan stres lho. Squad bisa belajar bareng dengan teman-teman se-Indonesia dan tutor yang selalu stand by di ruangguru digital bootcamp (RGDB). Ayo segera gabung!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts