5 Peluang Karir Guru Selain Mengajar di Kelas, Siap Jadi Guru Idola?

Shabrina Alfari Sep 24, 2018 • 4 min read


Bapak/Ibu Guru pernah merasa jenuh atau lelah dalam mengajar? Atau merasa kariernya tidak berkembang? Rasa bosan tentunya sangat wajar untuk dirasakan setiap orang dari berbagai profesi. Nah sebagai guru, Bapak/Ibu sebenarnya mempunyai banyak peluang untuk mengembangkan karier serta mengatasi rasa bosan, lho. Seorang guru tidak lagi terbatas hanya mengajar di kelas saja, mereka bisa menjadi guru privat, bekerja di dinas pendidikan, hingga menjadi guru online. Tidak hanya itu, guru juga bisa terus mengembangkan dirinya untuk menghadapi perubahan zaman, mulai dari teknologi juga kebijakan pemerintah, melalui banyak platform digital. So, apa saja ya peluang karier yang bisa guru coba di masa mendatang? Yuk, kita simak!

1. Menjadi guru online

menjadi guru onlineKembangkan karier menjadi guru online (Sumber: songnews.net)

Kemajuan teknologi memungkinkan proses belajar mengajar tidak harus dilakukan secara langsung dengan tatap muka. Bapak/Ibu Guru juga mempunyai peluang untuk mengajar secara online. Hanya dengan koneksi internet, siswa dapat memperoleh semua informasi yang dibutuhkan hingga mereka mampu memahami konsep dengan baik. Kegiatan belajar yang dilakukan secara individu membuat siswa dapat menyesuaikannya dengan kemampuan diri masing-masing. Bapak/Ibu juga bisa mendapatkan beragam manfaat dengan menjadi pengajar online, seperti waktu yang lebih fleksibel dan peluang untuk membagikan ilmu pengetahuan ke jutaan siswa dalam satu waktu.

2. Menjadi penulis blog pendidikan

menulis blog pendidikanMenulis blog pendidikan (Sumber: quidjob.com)

Internet telah memberikan banyak dampak positif di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Melalui internet, siswa dapat dengan mudah mencari beragam materi pelajaran dalam berbagai format yang dapat diakses gratis. Salah satunya adalah melalui blog pendidikan. Banyak blogger yang mengelola blog pendidikan yang sangat bermanfaat dan cukup informatif.

Menulis blog dapat memberikan beberapa manfaat untuk Bapak/Ibu Guru, seperti menjadi penulis yang lebih baik, menghubungkan dengan lebih banyak guru yang sangat peduli dengan pengembangan dirinya, dan memberikan pandangan yang lebih kritis terhadap teknik mengajar. Melalui blog, Bapak/Ibu dapat membagikan materi pelajaran, tips belajar, hingga info terkini terkait dunia pendidikan.

3. Menerbitkan buku

menerbitkan bukuMenerbitkan buku (Sumber: medium.com)

Tidak hanya menulis blog, Bapak/Ibu juga bisa menerbitkan hasil tulisannya ke dalam sebuah buku. Dengan menulis buku, Bapak/Ibu Guru juga bisa membangun citra diri sebagai seorang yang berwawasan, memiliki intelektualitas tinggi, dan seorang guru yang berkualitas. Bahkan melalui tulisan yang diterbitkan, kita bisa memiliki banyak relasi yang terkadang tidak kita duga. Tidak hanya murid Bapak/Ibu sendiri, saat banyak orang senang dan menikmati tulisan yang diterbitkan, maka kepercayaan diri secara tidak langsung juga akan meningkat. Berhasil menerbitkan sebuah buku juga bisa menjadi sumber keuntungan finansial untuk Bapak/Ibu, mulai dari honor yang tidak sedikit dan royalti dari hasil penjualan buku.

4. Tonjolkan diri dengan membuat Podcast

peluang karir guruMembuat Podcast tentang pendidikan (Sumber: digg.com)

Podcast merupakan rekaman asli audio yang dapat didengarkan oleh siswa di manapun dan kapanpun saat mereka menginginkannya. Melalui Podcats Bapak/Ibu bisa menentukan kategori pelajaran apa yang ingin diberikan. Cara ini dapat memudahkan Bapak/Ibu untuk berbagi ilmu karena melalui Podcast materi yang disampaikan dapat didengar oleh lebih banyak orang dibandingkan dengan hanya mengajar di kelas yang terbatas. Saat ini, Podcast juga sudah semakin dikenal karena pembuatannya yang jauh lebih mudah dan tidak membutuhkan investasi yang besar. Podcast adalah cara yang sangat efektif untuk menjangkau banyak pendengar. Contohnya saja pembelajaran sains dengan menggunakan Podcast sebagai medianya sudah banyak digunakan di luar negeri.

5. Menjadi guru privat

peluang karir guru menjadi guru privatMenjadi guru privat (Sumber: su-gaku.net)

Les privat menjadi salah satu bentuk bimbingan belajar mandiri yang cukup diminati oleh siswa maupun orang tua, karena dengan belajar privat anak dapat lebih fokus belajar. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi guru privat, seperti menambah pengalaman mengajar, dan dapat mengenal karakter siswa yang berbeda-beda sehingga dapat mencoba berbagai macam teknik ajar sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu, Bapak/Ibu juga bisa menambah penghasilan karena bayaran untuk guru privat biasanya cukup mahal untuk per jamnya.

Siapa bilang guru hanya bisa mengajar di kelas? Guru juga bisa kok mengembangkan dirinya dengan mencoba hal baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman. Tidak hanya itu, Bapak/Ibu Guru juga bisa lho memberikan dampak yang lebih besar terhadap dunia pendidikan tanpa harus mengajar di kelas. Mau tahu caranya? Yuk, ikut Audisi Guru Terbaik (Indonesia Teacher Prize)! Bapak/Ibu berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah lebih dari 500 juta rupiah serta kontrak eksklusif menjadi Master Teacher Ruangguru.

Informasi selengkapnya mengenai program ini dapat diakses di audisi.ruangguru.com atau hubungi 0821-2542-7252 (WhatsApp Chat/Lala). Ayo, bersama-sama kita cerdaskan anak bangsa dengan kualitas pendidikan yang merata!

Indonesia Teacher Prize

Beri Komentar