Mau Kuliah? Udah Siap Ngekos Belum?

Ruangguru Mei 17, 2016 • 6 min read


Apabila kamu kuliah di tempat yang jaraknya jauh dari rumah, ngekos bisa jadi opsi utama. Sebagai anak kos, maka kamu harus bisa mengerjakan semuanya sendiri. Mulai dari bangun, menyiapkan makanan, sampai beberes. Kalau di rumah biasanya semua sudah siap sedia. Hmm, apa jadinya kalau apa-apa harus urus sendiri? Bisa nggak ya?

 

ngekos

Banyak sekali barang-barang yang harus dipersiapkan. Calm down, ngekos itu tidak seseram yang kamu bayangkan kok! Supaya aman dan nyaman, kamu harus tau apa saja yang perlu disiapkan sebelum mulai jadi anak kos. How to survive?

 

Siap secara mental

Yap, hal utama yang harus kamu siapkan adalah mental. Terbiasa bareng-bareng dengan keluarga, kemudian harus 'berpisah' akan memberikan perubahan drastis pada hidupmu.

ngekos Foto: youthconnect.in

Ada yang berpikiran bahwa jauh dari orangtua itu akan menyenangkan karena bebas? Pasti banyak. Saat ngekos, kamu akan menyadari bahwa jauh dari orangtua bukanlah hal yang menyenangkan. Nah, biasanya di awal-awal, mental kamu agak down. Kamu mulai rindu masakan dan kehangatan yang biasa kamu dapat di rumah.

 

Room stuff

Kamar kos-mu akan jadi tempatmu berpulang. Jadi kamu harus membuatnya senyaman mungkin. Pastikan tempat tidur, seprai, bed cover, meja, alat makan, peralatan mandi, hingga perlengkapan bersih-bersih lengkap. Psst, jangan lupa kasih nama ya di setiap barang yang kamu punya supaya tidak tertukar.

ngekos Foto: cdn.home-designing

 

Tips:

Kamu bisa memanfaatkan magic jar untuk banyak keperluan lho. Selain masak nasi, bisa berguna untuk masak air, menggoreng, merebus, mengukus, bahkan membuat kue. Banyak kok makanan yang cukup mudah dibuat selain mie instan, misalnya nasi goreng, omelet, bubur, sup, atau pasta.

Well, beberapa kos ada yang menyediakan dapur, tapi banyak juga yang tidak. Mau tidak mau, kamu harus masak di kamar. Agar tidak berbau dan panas di dalam kamar, sebelum masak bukalah pintu kamar. Hal ini dilakukan agar terjadi pertukaran udara di dalam dan luar. Setelah masak, langsung cuci segala peralatannya dengan baik. Kalau tidak ada tempat untuk mencuci, gunakan kamar mandi. Jangan lupa bersihkan kamar mandi dengan karbol dan sabun yang wangi ya. Selesai mencuci, rapikan di rak susun tertutup agar baunya tidak bercampur. Jangan malas bebersih, bisa-bisa kamarmu jadi berbau dapur. Tidak mau kan?

Kemudian untuk alat mandi, coba deh pakai yang sachet-an. Dua hal sederhana di atas dapat meminimalisir pengeluaranmu lho. Yuk, biasakan hemat sejak dini!

 

 

ngekos

Be friendly

Setiap keluar kamar kos, sapa orang yang kamu temui. Kalau tidak berani, berikan senyum juga tidak masalah. Tunjukkan bahwa kamu orang yang menyenangkan, sehingga orang pun tidak sungkan bergaul denganmu. Tapi harus tetap waspada ya terhadap siapapun.

 

Kenalan

Kamu harus tahu siapa saja tetangga di sekitar. Setidaknya tetangga terdekat yang ada di sebelah kiri, kanan, atau depan kamar. Ini penting lho supaya mereka tahu bahwa ada penghuni baru di antara mereka.

ngekos Foto: happinessweekly.com

Biar bagaimana pun, kamu akan membutuhkan mereka sewaktu-waktu, terlebih di keadaan darurat. Tetangga inilah yang seharusnya jadi keluarga keduamu selama jauh dari rumah.

 

Follow the rules

Setiap kos pasti punya peraturan yang berlaku. Misalnya tidak boleh membawa lawan jenis ke kamar, jam malam, kebijakan menginap, dan sebagainya. Sebagai penghuni yang baik, ikuti peraturan ya. Hindari melakukan hal-hal di luar peraturan agar tidak terkena masalah, juga disenangi lingkungan.

 

Komunikatif

Jika ada hal yang sekiranya tidak bisa kamu lakukan sendiri, mintalah bantuan ke penjaga kos sesegera mungkin. Misalnya keran mati, lampu putus, dan lain-lain.

 

Tips:

Tidak semua orang dibekali kelebihan untuk berbicara. Ada yang malu, bahkan sulit untuk memulai pembicaraan. Coba sharing makanan yang kamu punya. Bisa makanan yang kamu bawa dari rumah, bikin sendiri, atau pun beli. Dari makanan, bisa jadi obrolan, lalu berteman.

 

 

ngekos

Kalau jadi anak kos juga harus pandai mengelola keuangan. Jangan sampai baru dapat suntikan dana dari orangtua, lalu kamu hambur-hamburkan untuk hal yang kurang penting. Belum sampai tengah bulan, kamu sudah minta ditransfer lagi. Gimana cara menyiasatinya?

 

Budget plan

Buatlah catatan setiap bulan perihal apa saja kebutuhan dan keiginanmu. Juga, pengeluaran serta pemasukan. Tips-nya, sebelum memutuskan untuk mengeluarkan uang, pikirkan dua kali.

 

Bank account

Buatlah dua bank account. Account pertama, tabungan yang bisa kamu pakai dananya untuk apa saja, dan satunya lagi untuk deposito. Nah, yang untuk deposito ini tidak boleh kamu ambil sampai jangka waktu tertentu, tergantung kebijakan bank. Dengan cara ini, kamu akan memutar otak agar tabungan khusus pengeluaran ini bisa dimaksimalkan, bahkan berlebih setiap bulannya. 

ngekos Foto: analisatoday.com

 

Tips:

Zaman sekarang, apa pun serba delivery. Hal yang paling sering jadi pengeluaran untuk anak kos biasanya makanan dan belanja online. Cara menyiasatinya, coba ajak teman-teman kos untuk join. Lumayan kan bisa patungan? Kamu juga jadi makin akrab karena sering makan dan belanja bareng.

Ruangguru.com juga paham kalau anak muda pasti sukanya nongkrong. Ada yang hanya untuk ‘haha-hihi’, tapi ada juga yang punya maksud untuk menumpang WiFi. Tidak ada salahnya kok mencoba tempat-tempat yang lagi hits sekarang. Nongkrong kan juga jadi ajang untuk melepas kepenatan. Tips-nya, ajak banyak teman supaya bisa patungan ramai-ramai. Selain itu, jangan lupa gunakan kartu pelajar. Biasanya ada beberapa tempat makan yang memberikan potongan harga khusus bagi pelajar. Nah, kalau mau cari WiFi, coba manfaatkan yang ada di kampus.

Beri Komentar