7 Strategi Mengerjakan Listening Test Bahasa Inggris

Tips mengerjakan listening test bahasa inggris

Yuk, simak strategi dan tips mengerjakan listening test bahasa Inggris agar lebih lancar dan nggak banyak salah berikut ini.

Kamu merasa listening test adalah sesi yang paling susah saat ujian bahasa Inggris? Waktu berpikir yang cepat hingga pronunciation yang kurang jelas dari native speaker di audio yang kamu dengar, seringkali membuat kesulitan untuk bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.

Dalam sesi listening kita akan mendengar English native speaker berbicara, berdialog, atau mendengarkan short speech (pidato singkat). Setelah mendengar audio, kita harus menjawab soal yang berkaitan dengan audio tadi. Nah, ada beberapa tips penting yang bisa kamu terapkan agar bisa lebih baik dalam ujian listening mendatang. Penasaran? Check these out!

 

1. Belajar pronunciation

listening testBerlatih pronunciation (Sumber: babbel.com)

Apa sih itu pronunciation? Pronunciation adalah cara pengucapan dari kata-kata bahasa Inggris. Jika kamu sudah terbiasa dan mengetahui bagaimana cara para native speaker berbicara, kamu akan lebih mudah untuk memahami serta mengambil inti dari percakapan mereka.

FYI, para native speaker biasanya akan berbicara dengan cepat dan menggunakan linking word. Selain itu, dalam listening juga terkadang ada native speaker yang berbicara dengan aksen. Hal ini juga bisa menjadi faktor yang menghambat pemahaman kita.

Baca Juga: Bahasa Inggris Kamu Kurang Jago? Ini 4 Cara Seru Belajarnya

 

2. Konsentrasi penuh

listening testHarus berkonsentrasi penuh (Sumber: ieltsg.com)

Jika besok kamu akan menghadapi ujian listening, ada baiknya kamu untuk beristirahat dan makan yang cukup pada malam sebelumnya. Hal ini dikarenakan saat mengerjakan listening kamu membutuhkan konsentrasi yang penuh. Lengah sedikit saja, maka kamu akan kesulitan untuk menjawab soal.

 

3. Pahami instrukti dan pilihan jawaban soal saat narator berbicara

Cobalah biasakan menggunakan strategi ini saat mengerjakan soal listening. Kamu bisa membaca pilihan jawaban setiap soal sesaat atau beberapa detik sebelum audio berbunyi dan begitu pula untuk soal-soal berikutnya. Setelah itu, fokuskan dirimu untuk mendengarkan terlebih dahulu dan jangan terburu-buru menjawab. Pahamilah apa yang pembicara katakan, sehingga kamu juga akan mengerti maksud dari soal dan dapat menjawabnya dengan mudah.

 

4. Jangan panik!

listening testTetap tenang dan jangan panik (Sumber: ila-france.com)

Jangan panik jika kamu menemui soal yang kamu tidak tahu jawabannya atau bahkan artinya. Saat soal mulai diputar, tetaplah tenang dan dengarkan dengan baik. Simak pembicaraan dengan saksama dan cobalah memahami maksud dari soal tersebut. Percayalah dengan kemampuanmu, jangan terdominasi oleh kecepatan pembicara. Jika kamu tenang, maka kamu akan semakin mudah untuk mengerti maksud dari soal-soal yang ada.

 

5. Ketahui berapa kali rekaman diputar

Perhatikan instruksi saat ujian listening dimulai. Biasanya untuk soal listening, rekaman akan diputar lebih dari satu kali. Nah, saat rekaman pertama diputar, kamu bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk menyimak dan memahami soal yang ditanyakan. Jadi saat rekaman diputar untuk kedua kalinya, kamu sudah lebih memahami soal dan sudah dapat memprediksi jawabannya.

 

6. Manajemen waktu

Waktu untuk menjawab soal listening biasanya sangat sempit. Kurang dari 1 menit kamu harus sudah mendapatkan jawaban yang benar. Jadi kamu harus pandai-pandai dalam mengatur waktu dalam mengerjakan soal. Jangan terlalu fokus pada satu soal yang sulit dan kamu menjadi lalai dengan soal berikutnya. Cepat move on dan fokus pada soal berikutnya.

 

7. Sering berlatih listening

listening testRajinlah berlatih (Sumber: coacheloquence.com)

Satu-satunya cara agar kamu bisa melewati ujian listening dengan baik adalah dengan sering berlatih. Kamu bisa men-download soal-soal listening dari berbagai sumber di internet. Selain banyak berlatih soal, sebaiknya biasakan juga diri kamu untuk mendengar native speaker berbicara melalui film berbahasa Inggris dengan subtitle bahasa Inggris, lagu-lagu, atau bahkan berbicara langsung.

Dengan menerapkan semua tips di atas, pastinya kamu akan semakin lancar dan percaya diri saat mengerjakan ujian listening mendatang. Kamu juga bisa lho belajar bahasa Inggris dengan menonton langsung video belajar di ruangbelajar. Video beranimasi, latihan soal dan rangkumannya akan membantu kamu semakin paham dengan konsep bahasa Inggris. Yuk, dicoba!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D