Ruangguru Blog

    Mau Merasakan Pengalaman Pertukaran Pelajar? Coba Ikuti 7 Program Ini!

    By Ruangguru writer · Nov 4, 2016

    Mau merasakan serunya merantau? Konon, dari pengalaman merantau kamu bisa mendapatkan berbagai pelajaran berharga. Kamu juga akan menjalani aktivitas seru yang berbeda dari kegiatan yang kamu jalani saat ini. Ada berbagai macam program pertukaran pelajar yang memungkinkan kamu untuk keluar dari zona nyamanmu dan merasakan kehidupan yang baru. Persyaratan untuk berpartisipasi dalam program tersebut berbeda satu sama lainnya. Kalau kamu rajin browsing dan mencari informasi, bukan mustahil kamu menemukan program yang tepat untukmu. Ruangguru.com kali ini sudah mengumpulkan 7 program pertukaran pelajar yang mungkin bisa kamu ikuti. Simak selengkapnya di sini!

    YFU Indonesia Intercultural Exchange Programs

    pertukaran pelajar Program pertukaran pelajar YFU. (Sumber: kawankumagz.com)

    YFU merupakan singkatan dari Youth For Understanding. Organisasi YFU telah berdiri sejak tahun 1951. Program pertukaran pelajar yang ditawarkan oleh organisasi ini ada tiga macam. Pertama, yaitu Program Year (PY) yang dikhususkan untuk remaja berusia 15-17 tahun. Durasi dari PY adalah satu tahun. Jadi, selama satu tahun kamu akan tinggal di negara lain dan menjalani kehidupan selayaknya penduduk lokal.

    Lalu, program keduanya bernama Community College Program (CCP). Program ini cocok untuk kamu yang baru saja lulus SMA dan ingin merasakan kuliah di luar negeri. Pasalnya, kamu akan berkuliah di sebuah Community College di Amerika Serikat selama dua tahun. Terakhir, ada Summer Program yang berlangsung selama empat minggu. Kamu akan tinggal di rumah penduduk lokal dan mengikuti aktivitas sehari-hari mereka selama musim panas. Seru, kan?

    Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)

    pertukaran pelajar Peserta program PPAN. (Sumber: makassar.tribunnews.com)

    Program PPAN diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Terdapat enam destinasi berbeda yang bisa kamu pilih, yaitu Australia, Malaysia, Korea Selatan, Tiongkok, India, dan Jepang. Untuk bisa mengikuti program ini, setidaknya kamu duduk di bangku SMA. Selain itu, persyaratan lainnya adalah kamu harus pernah berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan masyarakat. Dengan mengikuti program ini, kamu diharapkan bisa mempelajari budaya negara lain dan memperluas persahabatanmu.

    AFS Intercultural Program

    pertukaran pelajar Program pertukaran pelajar AFS. (Sumber: buildingpeace.org)

    Program pertukaran pelajar selama satu tahun ini diperuntukkan khusus bagi siswa kelas 1 SMA. Kamu bisa memilih ke negara mana kamu ingin ditempatkan. Proses pendaftaran dan seleksi untuk program AFS dimulai di sekitar bulan Maret setiap tahunnya. Pastinya banyak pengalaman menarik yang akan kamu dapatkan jika berhasil lolos seleksi dan berangkat sekolah ke luar negeri. Di sana kamu akan tinggal di rumah penduduk lokal dan mereka akan menjadi keluarga barumu. Najwa Shihab dan Anies Baswedan merupakan alumni dari program ini, lho, smart buddies.

    Rotary Youth Exchange

    pertukaran pelajar Program pertukaran pelajar Rotary International. (Sumber: youthexchange.net.au)

    Sebelum mengikuti program pertukaran pelajar dari organisasi Rotary International, kamu sebelumnya harus bergabung dulu menjadi anggota organisasi tersebut. Rotary Youth Exchange diperuntukkan bagi remaja berusia 15-19 tahun. Akan ada seleksi berupa wawancara untuk bisa mengikuti program ini. Selain program yang berdurasi beberapa hari atau beberapa minggu, ada juga program yang berlangsung selama satu tahun.

    Sabang Merauke

    pertukaran pelajar Program pertukaran pelajar Sabang Merauke. (Sumber: republika.co.id)

    Berbeda dari program lainnya, Sabang Merauke menawarkan program pertukaran pelajar antardaerah di Indonesia. Siswa yang dapat berpartisipasi dalam program ini harus masih duduk di bangku SMP kelas VIII dan IX. Aktivitas ini akan berlangsung saat liburan sekolah. Jadi, dijamin kegiatan akademik siswa tidak akan terganggu. Dengan mengikuti program ini, kamu bisa semakin mengenal budaya Indonesia dan menambah teman. Bagi kamu yang sudah menjadi mahasiswa, kamu bisa mendaftar program ini sebagai relawan dan mentor.

    AMINEF Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD)

    pertukaran pelajar Program pertukaran pelajar AMINEF. (Sumber: indonesiamengglobal.com)

    Pada program ini, mahasiswa di Indonesia dapat berkuliah selama satu semester di Amerika Serikat. Kamu harus berusia 18 tahun atau lebih sebagai salah satu persyaratannya. Kamu juga harus sudah memiliki nilai TOEFL ITP minimal 500. Nantinya, kamu akan tinggal di akomodasi kampus bersama dengan mahasiswa lainnya. Kamu juga diwajibkan untuk mengikuti program kemasyarakatan selama 20 jam. Saat ini program Global UGRAD sedang membuka pendaftarannya, lho, sampai tanggal 31 Desember nanti. Jika kamu berminat, ayo segera mendaftar!

    KL-YES Program

    pertukaran pelajar Program pertukaran pelajar KL-YES. (Sumber: yes.abroad.org)

    Program KL-YES dikhususkan bagi siswa SMA yang ingin merasakan tinggal di Amerika Serikat dan bersekolah di sana selama satu tahun. Tujuan dari program Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study ini adalah menjembatani pemahaman antara masyarakat dari negara dengan populasi muslim yang dominan dengan masyarakat Amerika Serikat. Hal yang menarik dari program ini adalah diberikannya kesempatan bagi siswa difabel (tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, dan tuna daksa) untuk turut berpartisipasi. Keren banget, kan?

    Bagi kamu yang berminat untuk mengikuti program pertukaran pelajar, jangan lupa persiapkan dirimu sebaik-baiknya ya. Buat alasan yang kuat kenapa kamu ingin berpartisipasi dan kenapa kamu layak untuk diterima dalam program tersebut. Selain itu, ada beberapa kriteria yang harus kamu penuhi agar dapat lolos seleksi program pertukaran pelajar. Di antaranya adalah percaya diri dan kemampuan memimpin. Kamu juga harus menunjukkan bahwa kamu adalah remaja yang mandiri, ya, smart buddies. Apa sih yang membuat kamu ingin mengikuti program pertukaran pelajar? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-temanmu. Semangat! (AZN/TN)

    Share this:

    Tags: Peluang, Kegiatan Edukatif, Pertukaran Pelajar

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru