Memahami Jenis-Jenis Buku Nonfiksi | Bahasa Indonesia Kelas 11

Bahasa Indonesia Kelas 11 : Jenis Buku Nonfiksi

Siapa diantara RG Squad yang gemar membaca buku? Buku jenis apa nih yang paling kalian suka? Nah ngomong-ngomong soal buku, di sini kita akan membahas tentang buku nonfiksi. Pastinya diantara kalian pernah dong membaca buku nonfiksi. Hmm atau mungkin ada yang belum tahu nih apa itu buku nonfiksi? Tenang, disini akan dijelaskan tentang pengertian buku nonfiksi sekaligus jenis-jenisnya.

Pengertian buku Nonfiksi

Pertama-tama, apa sih buku nonfiksi itu? Jadi, nonfiksi adalah karangan yang di buat berdasarkan hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari atau bisa juga kita sebut dengan fakta. Nonfiksi adalah sebuah hasil karangan dalam bentuk cerita nyata atau cerita kehidupan setiap hari yang dituliskan menjadi sebuah cerita. Hal ini menjelaskan bahwa nonfiksi merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi atau karya yang bersifat faktual.

Biasanya, cerita-cerita nonfiksi melihat sebuah momentum atau kejadian yang penting dan menarik, kemudian diangkat kembali dengan menonjolkan nilai-nilai penting di dalamnya. Cerita nonfiksi yang kemudian di bubukan terdiri dari berbagai jenis. Kira-kira apa saja ya jenis-jenisnya?

Jenis-jenis buku nonfiksi

Untuk kalian ketahui nih Squad, buku nonfiksi itu dikelompokkan menjadi beberapa jenis menurut isinya, jenis-jenisnya yaitu:

jenis-jenis buku nonfiksi

Pertama adalah buku biografi. Buku biografi merupakan buku yang berisi riwayat hidup seseorang, banyak yang kita temui tentang riwayat hidup pahlawan atau tokoh-tokoh berpengaruh. Kemudian buku itu ditulis untuk mendokumentasikan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang tersebut. Buku biografi tentunya ditulis agar dapat menginspirasi para pembacanya.

jenis-jenis buku nonfiksiBuku Biografi Bacharuddin Jusuf Habibie

Sumber: bukabuku.com

Kedua adalah buku literatur. Buku literatur merupakan buku yang memiliki fungsi untuk digunakan sebagai rujukan kajian keilmuan. Buku literatur sering disebut diktat atau buku kuliah. Biasanya, buku literatur sering ditulis berdasarkan penelitian. Maka dari itu, buku ini sudah jelas memiliki kadar keilmiahan yang sangat tinggi. Jadi, buku literatur ini sering ditulis oleh dosen atau peneliti.

buku literatur-1.jpg

Contoh buku literatur

Sumber: https://amazon.in/

Ketiga adalah buku motivasi. Buku motivasi merupakan buku yang berisi kajian psikologis untuk membangkitkan gairah atau semangat bagi para pembacanya. Buku motivasi dapat disusun berdasarkan kajian keagamaan atau moral. Biasanya buku ini sering ditulis oleh entrepreneur. Tulisan-tulisannya merupakan kiat-kiat membagi semangat, setelah para entrepreneur ini mencapai satu titik keberhasilan setelah melewati proses yang panjang. Dengan membaca buku motivasi, pembaca diharapkan mendapat energi baru untuk meneruskan hidup dan semangat untuk terus berkarya.

jenis-jenis buku nonfiksi

Sebuah buku motivasi karya Merry Riana

Sumber: https://goodreads.com/

Keempat adalah buku pendamping. Buku pendamping merupakan buku yang memiliki fungsi untuk mendampingi buku utama. Biasanya buku pendamping disebut pula buku pengayaan. Jadi, buku pendamping ditulis setelah ada buku utama. Contohnya, buku pelajaran untuk anak sekolah. Kajian buku pelajaran itu masih bersifat umum. Jadi, buku pelajaran memerlukan buku pendamping untuk menjelaskan buku utama karena ada beberapa bagian dari buku utama yang tidak dijelaskan secara lengkap dalam buku utama.

Baca Juga: Perbedaan Buku Fiksi dan Nonfiksi

jenis-jenis buku nonfiksiSebuah buku pendamping

Sumber: http://bukuerlangga.co.id

Itu dia tadi penjelasan tentang buku nonfiksi, Squad. Bagaimana, sudah paham kan apa yang dimaksud buku nonfiksi dan apa saja jenis-jenisnya? Nah sekarang RG Squad bisa mulai mencari buku-buku nonfiksi untuk dibaca, kemudian kalian juga bisa jika ingin menulisnya.

Buat RG Squad yang ingin mengerti lebih tentang pelajaran bahasa Indonesia, kamu bisa nonton video belajar animasi yang tersedia di produk ruangbelajarKalian bisa belajar sambil melihat berbagai animasi sesuai materi yang dijelaskan tutor. 

New Call-to-action

Beri Komentar