Membedah Bar Chart dalam Bahasa Inggris

Membedah Bar Chart dalam Bahasa Inggris

Squad, siapa yang suka belajar statistik? Dalam ilmu statistika, kamu akan sering menemukan grafik batang dalam proses penyajian data. Tahukah kamu, dalam Bahasa Inggris, grafik batang disebut dengan Bar Chart. Kamu sudah pernah mencoba membaca Bar Chart dalam Bahasa Inggris lalu membuat laporannya? Kalau kamu berencana untuk melanjutkan studi ke negara berbahasa Inggris atau mau mengambil sertifikasi Bahasa Inggris, kamu harus menguasai materi ini, nih. Yuk, sekarang kita membedah Bar Chart dalam Bahasa Inggris supaya semakin jago!

Membedah Bar Chart dalam Bahasa Inggris

Sebelum membedah Bar Chart, yuk kita coba amati contoh di atas! Bar Chart di atas menjelaskan tentang murid-murid asing yang mengambil kursus desain grafis di daerah Inggris Selatan. Sekarang yuk coba kita bedah satu persatu!

Dalam menyajikan data tabel di atas, kamu bisa memulai dengan menuliskan paragraf pembuka yang berisi pengenalan terhadap fitur-fitur yang ada di bar chart tersebut. Fitur-fitur tersebut berada pada domain (horizontal line) dan kodomain (vertical line) pada bar chart tersebut.

Baca Juga: Persiapan Ujian: Table Reading dalam Bahasa Inggris

Lalu, pada paragraf pertama di laporan bar chart tersebut, bisa ditulis seperti apa , ya? Nah, berdasarkan contoh di atas, kamu bisa menuliskan poin-poin pengenalan fitur-fitur penting yang ada di horizontal domain dan vertical domain. Contoh paragrafnya adalah "According to the bar chart, students from four European countries (Sweden, Spain, France and Germany) and one Middle Eastern country (Syria) are taking Graphic Design at the college. Some students are enrolled in the Computer-Aided Design (CAD) core option; the others are taking Photography." 

Laporannya hanya 1 paragraf saja, nih? Wah, tentu tidak, dong! Untuk langkah selanjutnya, kamu harus membahas hal-hal menarik yang terdapat dalam bar chart tersebut, misalnya jumlah tertinggi dan terendah serta total datanya. Oleh karena itu, paragraf kedua dapat ditulis menjadi "Overall, Sweden has the largest number of enrolled students (17) and Syria the smallest (5). France and Spain both have 12 students; Germany has 11. It is noticeable that France and Germany have similar profiles." jangan lupa poin-poin menariknya, ya!  

Lalu, di paragraf ketiga bisa ditulis apa, ya? Di paragraf ketiga, kamu bisa membahas setiap data berdasarkan kelompok besar yang menjadi fokus dari setiap bar yang pada chart. Pada contoh di atas, kelompok-kelompok basarnya adalah CAD core option dan Photography core option. Paragraf ketiga dapat ditulis menjadi "Students from all five countries are enrolled in CAD, but more females are taking this option than males (21 and 9 respectively). For each nationality the females taking CAD outnumber the females, except in the case of the Syrians with only females. Sweden has the most students studying CAD (9); Spain is next with 7, while France has 6. Germany and Syria have 4 CAD students each."

Lalu, paragraf keempat diisi apa, dong? Paragraf keempat dapat diisi dengan penjelasan lanjutan mengenai kelompok besar tersebut. Misalnya, "As for the photography option, more females than males are enrolled from every country except Syria. In fact, no female Syrian students are taking Photographic Design. Only 1 male from each country is enrolled in Photography, except for 2 males from Spain." Kamu perlu ingat, nih. Dalam laporan yang datanya berdasarkan pada bar chart, kamu tidak perlu menuliskan kesimpulan, ya. Kamu hanya perlu menjelaskan informasi-informasi dalam bar chart tersebut secara mendetail. Jangan lupa, ya! 

Mudah kan, Squad? Jangan lupa untuk terus berlatih supaya makin jago, ya! Supaya latihannya makin seru, yuk belajar bersama ruangbelajar. Kamu nggak cuma bisa latihan soal aja, lho! Kamu juga bisa nonton video belajar dan lihat rangkuman lengkap yang pastinya membantu kamu belajar banget. Download aplikasinya sekarang, yuk! 

ruangbelajar

Beri Komentar