Ruangguru Blog

    Membuat Caption Foto dalam Bahasa Inggris

    By Rabia Edra · Oct 11, 2017

    Bahasa Inggris_Header (1)-4.jpg

    Hayo ngaku, siapa yang suka mikir berjam-jam untuk menulis keterangan foto? Ayo, angkat tangan! RG Squad perlu tahu nih trik membuat caption foto yang menarik dan sesuai dengan gambar. Apalagi dalam versi bahasa Inggris. Nah, simak caranya yuk sekarang!

    Keterangan foto merupakan yang paling banyak dibaca dalam publikasi. Dari semua konten berita, judul foto merupakan bagian yang paling banyak dibaca daripada teks berita itu sendiri. Standar akurasi, kejelasan, kelengkapan dan penulisan yang baik penting untuk pembuatan caption. Headline dan caption sebaiknya menarik, tidak membosankan, mudah dibaca, dan informatif.

    Caption merupakan pernyataan yang menarik perhatian pembaca dan mendeskripsikan gambar yang ada. Namun, beberapa foto tidak memakai caption karena terkadang caption tidak diperlukan untuk menjelaskan gambar. Sebelum menulis caption, sebaiknya RG Squad melakukan beberapa langkah berikut:

    1. Cek informasi yang ada

    Salah satu aspek terpenting ialah kebenaran informasi. Jika kamu menggunakan informasi yang salah, foto tersebut bisa tidak dipercaya orang. Sebelum mengunggah atau mencetak foto, pastikan kamu sudah mengecek kebenaran keterangan gambar. Baiknya, jangan gunakan informasi yang tidak kamu yakini kebenarannya.

    2. Jelaskan sesuatu yang tidak terlihat dalam foto

    Judul foto menggambarkan visual foto. Jika kamu memiliki foto gunung yang diambil di pagi hari, RG Squad bisa tuliskan judul "mountain in the morning". Deskripsikan detail yang tidak terdapat dalam foto seperti lokasi, waktu, atau peristiwa tertentu yang sedang berlangsung. Oh ya, hindari juga menggunakan istilah seperti showed, described, look on, atau above.

    mountain.jpg(sumber: bromojavatravel.com)

    Referensi caption yang bisa digunakan: "Bromo in the morning, January 2016, from East Java, Indonesia."

    3. Jangan mulai caption dengan kata-kata tertentu.

    Sebaiknya, caption tidak dimulai dengan kata-kata a, an, atau the. Kata-kata ini terlalu umum dan mengambil ruang caption yang tidak diperlukan. Misalnya, daripada mengatakan “A blue bird in the west forest”, kamu bisa mengatakan “Blue bird flying through west forest.”

    Nah, sebaiknya jangan juga memulai caption dengan nama seseorang. Mulailah caption dengan deskripsi terlebih dahulu, kemudian sertakan namanya. Misalnya, jangan katakan: “Michael Phelps near the Central Park.” Instead say: “Swimmer Michael Phelps near the Central Park."

    Saat mengidentifikasi seseorang dalam sebuah foto, RG Squad bisa mengatakan "from left" daripada mengatakan "from left to right"

    Washington DC.jpg(Sumber: training.npr.org)

    Caption: Bob Woodward (left) and Carl Bernstein at the Watergate complex in Washington, D.C.

    4. Kenali orang-orang utama di foto

    Jika dalam foto terdapat orang penting, kenali siapa mereka. Jika  tahu namanya, sertakan nama mereka, kecuali jika orang tersebut meminta anonim. Jika tidak tahu nama, kamu bisa menjelaskan siapa mereka sebenarnya. Pastikan semua nama yang RG Squad cantumkan dieja dengan benar dan memiliki keterangan yang tepat.

    meet-erin-lorelie-young-a-first-year-student-working-on-her-dphil-in-education--a-three-year-degree-which-combines-sociology-and-technology--at-the-university-of-oxford-before-moving-to-oxford-where-she-previously-comple.jpg(Sumber: uk.businessinsider.com)

    Caption: Erin Loerie, a student of the University of Oxford

    Okay, sekarang RG Squad sudah memahami langkah awal membuat photo caption. Mau tahu langkah membuat photo caption berikutnya? Tilik artikel ruangguru selanjutnya, kuy!

    New Call-to-action

    Share this:

    Tags: konsep pelajaran, kelas xii, SMA, bahasa inggris XII

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru