Ruangguru Blog

    Membuat Caption Foto dalam Bahasa Inggris (2)

    By Rabia Edra · Oct 11, 2017

    Bahasa Inggris_Header (1)-5.jpg

    RG Squad sudah mengikuti tips membuat caption foto di artikel sebelumnya? Nah, supaya hasilnya lebih maksimal, ada tambahan tips nih bisa kamu coba untuk memberi judul foto? Penasaran apa lagi sarannya? Langsung aja dibaca ya!

    1. Tulis informasi sespesifik mungkin

    Sebaiknya kamu mencari informasi spesifik dari setiap foto, seperti lokasi, waktu, dan orang yang berada dalam foto. Foto tanpa informasi spesifik dapat mengurangi minat pembaca, lho. Kamu harus bisa memberikan  memberikan konteks fotonya.

    2. Beri tanggal foto bersejarah dengan benar

    Jika RG Squad menggunakan cerita dengan sudut historis dalam caption, pastikan foto diberi tanggal (setidaknya tahun) foto tersebut. Kamu juga perlu mencantumkan pemilik foto, seperti museum, arsip, organisasi, atau lainnya.

    brochure.jpg(Sumber: library.miami.edu)

    Caption: Fly by Clipper to Hawaii brochure cover and fold-out map, 1949. Documentation: Otto G. Richter Library

    3. Gunakan present tense dalam caption

    Penggunaan present tense diperlukan karena sebagian besar foto merupakan peristiwa berita yang terjadi sekarang, kecuali ada foto sejarah yang menggunakan bentuk past tense.

    blue bone fish.jpg(Sumber: tripadvisor.co.uk)

    Caption: Rob catches a blue bone fish at the sea.

    4. Hindari humor pada foto yang bukan untuk hiburan

    Jika foto yang kamu beri caption merupakan acara yang serius, jangan menulis keterangan foto yang melawak, ya! Caption atau keterangan lucu hanya digunakan saat foto itu memang lelucon atau acara lucu yang ditujukan untuk membuat pembaca tertawa.

    5. Sertakan credits dan kutipan

    Setiap foto harus menyertakan nama fotografer yang memiliki foto tersebut. Di majalah fotografi dan publikasi aktual, foto juga disertai rincian teknis, misalnya kecepatan lensa, dan lain-lain. Bahkan saat kamu menggunakan kutipan seseorang, kamu perlu mencantumkan sumbernya.

    Nah, dalam menulis kredit, RG Squad tidak perlu menggunakan istilah "credited to" atau "photo by" jika informasi diberikan dalam format yang konsisten dan mudah dimengerti. Misalnya, bagian kredit selalu dicetak miring atau ukuran hurufnya lebih kecil.

    nytimes.jpg(Sumber: nytimes.com)

    Oke, untuk menciptakan caption photo yang berkualitas, RG Squad perlu mempertimbangkan poin-poin yang ingin disampaikan ke pembaca. Bukan cuma itu, credit juga menjadi poin penting agar kamu tidak tersandung masalah.

    Menarik ya pembahasannya? Supaya lebih memahami topik ini, kamu bisa tanya dengan tutor yang berpengalaman melalui Ruangguru Digital Bootcamp! Kamu pun bisa berbagi gaya khas penulisan caption versimu di kolom komentar ya, Squad!

    New Call-to-action

    Share this:

    Tags: konsep pelajaran, kelas xii, SMA, bahasa inggris XII

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru