Mempelajari Manajemen Reputasi Online dan Cara Memaksimalkannya

Oktaviani Satyaningtyas

Oct 11, 2018 • 5 min read

sukses kerja


Sejatinya, manajemen reputasi merupakan sebuah langkah yang dilakukan untuk mempengaruhi reputasi individu atau sebuah perusahaan. Namun kini, seperti dilansir dari Forbes,  Manajemen Reputasi Online (MRO) lebih mengacu pada usaha untuk mengelola ulasan negatif di media sosial dan hasil pencarian sebuah brand di mesin pencarian.

Langkah ini sangat penting dalam sebuah bisnis, sebab seiring berkembangnya teknologi, media sosial telah berubah menjadi pisau bermata dua yang dapat membangun atau menghancurkan sebuah brandKarena itu dengan melakukan MRO, sebuah perusahaan dapat melihat bagaimana posisi mereknya di tengah masyarakat. Tidak hanya itu, perusahaan juga dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat dan melihat tindakan apa yang dapat diambil untuk mengatasi protes/kritik negatif yang dilontarkan melalui media sosial.

Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat melakukan Manajemen Reputasi Online yang baik? Berikut rangkumannya untuk Anda:

1. Pantau kata kunci yang berkaitan dengan merek

 reputasi

 Cari keywords yang paling menggambarkan perusahaan Anda dan pantau peringkatnya di aplikasi khusus (Sumber: allthebuzz.net)

Kata kunci/keyword merupakan elemen yang sangat penting agar brand Anda dapat dengan mudah dicari pada mesin pencarian. Karena itu, di media sosial sebagai media utama untuk reputasi online, Anda perlu memonitor keyword dan tagar yang berkaitan dengan brand, produk, karyawan, serta kompetitor.

Untuk memonitor kata kunci, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi seperti Tagboards atau Hashtagify. Aplikasi tersebut dapat membantu Anda mencari media apa saja yang digunakan untuk meletakan keyword atau tagar yang berkaitan dengan brand.

2. Respon cepat

reputasi

Berikan respon cepat pada setiap komentar negatif yang berpotensi menimbulkan rumor (Sumber: today.com)

Ulasan atau komentar negatif di salah satu akun media sosial brand Anda dapat dengan cepat dibaca oleh ribuan bahkan jutaan konsumen. Agar tidak menyebabkan rumor di tengah masyarakat, pastikan perusahaan Anda memiliki karyawan yang bertugas khusus untuk menganggapi ulasan/komentar di media sosial dengan cepat. Selain untuk meredam dampak negatif yang mungkin muncul, sikap tersebut juga menunjukan perusahaan Anda memiliki citra cepat tanggap.

Baca juga:  5 Tips Dasar Jadi Wirausahawan Sukses

3. Jangan menghapus komentar di akun media sosial

reputasi

Alih-alih menghapus komentar buruk, balaslah dengan profesional dan bijaksana (Sumber: medium.com)

Banyak perusahaan sering menghapus komentar buruk di media sosial dengan anggapan agar tidak ada konsumen yang melihat. Namun sebaliknya, hal itu justru ide yang buruk. Menghapus komentar/kritik buruk di akun media sosial brand Anda hanya akan menunjukan bahwa perusahaan tidak senang mendapat kritikan dan berusaha membungkam kebenaran. Sebaliknya, balas saja komentar tersebut dengan profesional dan bijaksana. Ingat, sebaiknya cukup menghapus komentar yang benar-benar mengganggu seperti mengandung unsur SARA atau verbal bullying.

4. Atur konten di media sosial

Reputasi

Kelola media sosial perusahaan Anda agar selalu diperbaharui (Sumber: olx.co.id)

Untuk menjangkau konsumen dari berbagai kalangan, menggunakan banyak  media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram dapat menjadi solusi. Namun jangan hanya memiliki banyak media sosial tanpa konten yang kontinu. Agar memiliki reputasi yang baik, kelola media sosial Anda secara rutin dengan memasukan informasi perusahaan yang dapat dihubungi dan isi dengan konten yang terus diperbaharui.

5. Buat konten yang berkualitas

reputasi

Buat konten media sosial yang baik untuk meningkatkan reputasi (Sumber: contentplatter.com)

Cara alami/organik agar reputasi online brand Anda semakin baik adalah dengan membuat konten berkualitas secara berkelanjutan. Jika brand Anda

memiliki website, coba tambahkan kolom blog yang berisikan artikel menarik seputar bidang bisnis Anda. Jangan lupa masukan keywords yang berkaitan agar menaikan posisi brand di mesin pencarian. Dengan teratur membuat konten berkualitas, dijamin brand Anda akan memiliki reputasi online yang baik.


Rekan Kerja, itu tadi ulasan singkat mengenai Manajemen Reputasi Online dan cara memaksimalkannya. Sambil mengikuti cara-cara di atas, jangan lupa baca artikel menarik lainnya yang dapat menunjang karier dan bisnis Anda di blog atau aplikasi ruangkerja yang dapat diunduh secara gratis melalui Play Store atau App Store. Selamat mencoba!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts