Kimia Kelas 10 | Langkah-langkah Mencari Bilangan Kuantum

Kimia 10 - Mencari Bilangan Kuantum

Mencari bilangan kuantum dengan mudah akan dibahas pada artikel ini melalui contoh nyata di kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar

--

Perhatikan sekeliling kalian, Squad. Matahari terbit dari timur di pagi hari, bulan muncul pada malam hari, bumi mengelilingi matahari dalam dua belas bulan, dan buanyaaak lagi keteraturan di alam semesta ini. Hebat ya Sang Pencipta kita mengatur alam semesta ini dengan rapi. Bahkan, sampai tingkat paling kecil pun, elektron-elektron di alam semesta ini telah diatur dengan rapi menurut bilangan kuantumnya, Squad! Wow apa tuh bilangan kuantum?

atom

Elektron mengelilingi atom dengan teratur (sumber : giphy.com)

Elektron-elektron tersebar di sekeliling atom dengan teratur berdasarkan tingkat energinya. Nah, tingkat energi inilah yang digambarkan dengan bilangan kuantum. Artinya, dari bilangan kuantum, lokasi-lokasi penyebaran elektron dapat digambarkan. Sedetail itu loh Sang Pencipta kita mengaturnya. Bayangkan kalau elektron, penyusun segala sesuatu di alam semesta ini, tidak teratur. Alam semesta ini tidak stabil dong. Mana bisa kita hidup di dunia seperti itu. Keren kan?

Baca juga: Mengenal Partikel dan Notasi Atom

Bilangan kuantum yang biasa dicari adalah bilangan kuantum dari elektron paling akhir (elektron dengan tingkat energi paling tinggi). Satu set bilangan kuantum terdiri dari empat bilangan. Apa aja tuh?

 4 bilangan kuantum

Wow hebat kan! Hal yang sedemikian kecilnya, yang menyusun segala sesuatu di alam ini, ternyata diatur oleh empat bilangan! Bagaimana ya cara mencari keempat bilangan tersebut? Jangan khawatir. Ada cara mudahnya, kok. Ingat kembali materi tentang konfigurasi elektron dan diagram orbital. Lalu coba perhatikan deh gambar di bawah.

 

Langkah-langkah mencari bilangan kuantum

 

Salah satu contoh atom di alam semesta ini adalah atom karbon. Atom kabon adalah penyusun dari berbagai benda yang sangat berguna. Mulai dari bensin, plastik, berlian, bahkan tubuh kita pun tersusun dari karbon! Nah, karbon (biasa dilambangkan dengan huruf C) punya 6 elektron. Bagaimana bilangan kuantum dari elektron terakhirnya? Tinggal ikuti deh langkah-langkahnya.

 cara mencari bilangan kuantum

Mudah kan cara mencari bilangan kuantum dari suatu atom? Semakin kamu mempelajarinya, semakin terkesima lah kamu akan ciptaan Sang Pencipta, Squad. Tidak susah ternyata untuk memahami bagaimana alam ciptaan Sang Pencipta ini bekerja asalkan kita mau berusaha. Nah kalau kamu butuh tambahan video materi ataupun pembahasan soal lebih mendalam untuk memepelajari bilangan kuantum, langsung aja daftar di ruangbelajar. Tunggu apa lagi? Sikat!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts