5 Manfaat Mengajar Menggunakan LMS (Learning Management System)

Tedy Rizkha Heryansyah Nov 16, 2020 • 4 min read


manfaat LMS

Mengajar di tengah pandemi Covid-19 bagi sebagian guru memang merupakan hal yang tidak mudah. Tak ayal, learning management system (LMS) menjadi hal yang wajib dipelajari guru Di artikel kali ini, blog Ruangguru akan membahas tentang manfaat.mengajar menggunakan LMS.

---

Seiring dengan perkembangan zaman teknologi, kini sektor pendidikan pun sudah berbenah. Memantaskan diri menerima segala pembaruan di bidang kegiatan belajar mengajar. Di Indonesia sendiri, sejak Maret 2020, dengan ditetapkannya status pandemi Covid-19, kegiatan di sekolah berubah secara cepat. Adanya tatap muka secara langsung di kelas, kini digantikan dengan tatap muka secara virtual.

Guru kini dituntut memahami sebuah sistem manajemen pembelajaran berbasis daring. Sistem yang acapkali kita kenal dengan LMS ini merupakan sebuah tata kelola yang dikembangkan untuk memungkinkan kolaborasi di antara siswa dan guru. Adanya LMS ini tidak hanya memudahkan guru dan siswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Lebih dari itu, LMS ini memudahkan untuk melakukan pengadministrasian data.

Sekarang, mari kita lihat beberapa manfaat ketika Bapak/Ibu Guru mengajar menggunakan LMS ini.

1. Melakukan penjelasan materi secara virtual

Di platform LMS ini, sebagai guru Anda bisa memanfaatkan fitur mengajar secara virtual. Sama halnya dengan merekam kegiatan Anda di video, hanya ada perbedaan jika menggunakan LMS ini bisa dilakukan secara langsung (live). Dengan fitur ini diharapkan bisa sedikit banyak menggantikan kegiatan menjelaskan materi ajar di depan kelas.

 

2. Memberikan bahan ajar dengan berbagai format

Saat memberikan referensi materi ajar atau bahkan catatan yang sekiranya perlu dijadikan pegangan oleh siswa, Bapak/Ibu Guru bisa mengunggah bahan ajar dari berbagai format. Umumnya, format yang diterima pada LMS berupa PDF, PPT, DOC, XLS, JPG, hingga dalam format video MP4. Bahkan, Bapak/Ibu Guru bisa menyertakan tautan (link) untuk dipelajari siswa. Dengan begitu harapannya bisa memudahkan Anda dalam menyampaikan materi ajar.

 

3. Pemberian tugas dengan berbagai alternatif pilihan

Selama belajar secara daring, mungkin Bapak/Ibu Guru lebih intensif menghubungi siswa melalui grup chat. Memberikan tugas untuk menjawab pertanyaan yang mungkin sudah Anda buat. Nah, dengan menggunakan layanan LMS ini, pemberian tugas menjadi lebih mudah dan sistematis. Anda bisa langsung membuat soal di platform LMS tersebut. Bentuk soalnya pun bisa Bapak/Ibu Guru pilih, mau pilihan ganda atau esai.

Baca Juga: 7 Tips Mengajar Efektif Selama Masa Pandemi

 

4. Menganalisis perkembangan belajar siswa

Bapak/Ibu Guru tidak perlu khawatir terkait pengisian nilai dari kegiatan belajar siswa selama di rumah. Bahkan, dengan menggunakan LMS ini banyak analisis nilai yang bisa Bapak/Ibu dapatkan. Baik pengetahuan tiap siswa, performa tugas keseluruhan, hingga sikap dari tiap siswa bisa diketahui saat menggunakan fitur pembelajaran tersebut.

manfaat mengajar dengan LMS

 

5. Menjalankan kegiatan diskusi dengan siswa

Nah, layanan LMS yang baik itu sendiri pasti menyediakan fasilitas diskusi antara guru dengan siswanya. Diskusi bisa dijalankan melalui grup chat di masing-masing kelas. Dalam kegiatan diskusi tersebut, baik guru maupun siswa bisa melampirkan file dalam bentuk foto dan dokumen. Selain itu, guru juga bisa memberikan komentar dari tugas yang sudah diberikan kepada siswanya jika ada siswa yang sekiranya belum paham tentang tugas tersebut.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang manfaat mengajar menggunakan LMS. Perlu diketahui oleh Bapak/Ibu Guru, jika Ruangguru saat ini sudah memiliki layanan LMS sendiri yang tentunya bisa Anda manfaatkan. Layanan ini bernama ruangkelas.

Di ruangkelas, Bapak/Ibu Guru bisa mendapatkan kelima manfaat yang sudah dijabarkan di artikel ini mulai dari melakukan live teaching, memberikan bahan ajar dengan berbagai format, pemberian tugas, analisa perkembangan siswa, hingga kegiatan berdiskusi. Sudah banyak guru dan siswa yang mencoba layanan ruangkelas ini. Testimoni dari mereka yang sudah menggunakan ruangkelas bisa Bapak/Ibu cek di artikel Cerita Para Guru dan Siswa yang Mencoba Ruangkelas.

Layanan di ruangkelas ini dapat didapat secara gratis baik untuk Anda sebagai guru atau pun untuk siswa yang Bapak/Ibu Guru ajar. Akses ruangkelas di kelas.ruangguru.com sekarang juga. Informasi lebih lanjut bisa unduh e-book ruangkelas di sini

ruangkelas untuk guru

Sumber referensi

Learning Management System. unila.ac.id (daring). Tautan: http://edusmart.fkip.unila.ac.id/course/info.php?id=197 (diakses 12 November 2020)

Learning Management System. wikipedia.org (daring). Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Learning_Management_System (diakses 12 November 2020)

Sumber foto

Photo by Chris Montgomery https://unsplash.com/photos/smgTvepind4/share

Beri Komentar