Mengajar Sejarah: Dari Membosankan Menjadi Mengesankan

Ruangguru Feb 11, 2016 • 5 min read


Mengajar sejarah itu gampang-gampang susah. Gampangnya, ketika sudah memahami kronologis suatu peristiwa sejarah maka akan berkaitan dengan peristiwa lainnya. Susahnya adalah membangun minat pada murid agar pelajaran ini menarik di mata mereka.

Tidak jarang, saat pelajaran sejarah murid terlihat mengantuk karena materinya yang membosankan. Apalagi kebanyakan materi dari sejarah adalah hafalan. Mulai dari tanggal, tahun, tempat kejadian, maupun nama tokoh! Ini yang membuat murid kesulitan juga untuk menguasai pelajaran tersebut. Nah, buat pengajar sejarah jangan khawatir! Kami punya trik mengajar yang bisa digunakan supaya murid yang tadi males-malesan menjadi semangat setiap pelajaran ini. Apa saja trik-nya? Yuk mari dibaca!

1. Bermain “Lorong Waktu”

Drama sejarah Indonesia
Mendalami peristiwa sejarah dengan bermain drama. Asyik! (Sumber: harpersbazaar.com)

Selama ini sejarah hanya hidup dalam buku saja, bagaimana kalau menghidupkannya juga dalam dunia nyata? Wah pasti bakal seru nih! Caranya? Yuk adakan mini drama dari peristiwa sejarah! Para murid nantinya diperbolehkan untuk menggunakan properti atau kostum untuk mendukung cerita ini supaya lebih menjiwai. Semakin terlihat real semakin interesting!

Untuk pelaksanaannya, setiap murid nanti akan dibagi dalam kelompok dan diberikan peristiwa sejarah yang berbeda antara kelompok. Dengan begitu, setiap kelompok akan menguasai suatu peristiwa, lalu ketika menampilkannya didepan teman-temannya juga akan belajar satu sama lain.

Dengan metode ini diharapkan kelas juga lebih interaktif dan membuat pelajaran sejarah jadi lebih seru! Jangan lupa untuk beri apresiasi untuk kelompok yang persiapan dan tampilannya paling maksimal ya! Supaya mereka pun juga akan senang hihi.

 

2. Mengunjungi Tempat Sejarah

Museum
Yuk jalan-jalan ke museum! (Sumber: bandungjacktour.com)

Selain pelajarannya, terkadang yang membuat murid bosan adalah suasana kelas itu sendiri. Biar murid tidak pada bosan, bisa juga dengan mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah seperti museum. Wah, pasti murid langsung pada semangat deh! Dengan aktivitas ini, para murid bisa belajar langsung dari tempat kejadian maupun memahami cerita sejarah lebih mendalam lagi.

Setelah berkunjung, nanti minta murid untuk bercerita hal apa yang paling berkesan termasuk jika ada pertanyaan yang mengusik mereka, nantinya ini semua bisa jadi bahan diskusi di kelas. Mereka pasti lebih tertarik untuk mendengarkan bukan?

 

3. Belajar dari Film Bertema Sejarah

FIlm Darah Garuda
Nonton film berlatar sejarah, supaya lebih seru! (Sumber: jagoanmovies.blogspot.com)

Biar kelas lebih seru, sesekali coba ajak murid untuk menonton film bertema sejarah di kelas. Tapi jangan film dokumenter yang cenderung membosankan ya! Nanti yang ada murid malah semakin mengantuk dan tidak memperhatikan filmnya sama sekali. Gagal deh..

Makanya harus pintar pilih-pilih film nih, usahakan untuk menayangkan film terbaru supaya murid lebih semangat menonton. Apalagi sekarang semakin banyak film produksi Indonesia yang berlatar peristiwa sejarah. Misalnya seperti Merah Putih, Jenderal Soedirman, Soekarno, Gie, atau bahkan film animasi seperti Battle of Surabaya.

Setelah menonton film, ajak murid untuk berdiskusi bersama mengenai film tersebut. Bisa juga dengan memberikan tambahan fakta sejarah yang terkait dengan film. Setelah melihat keseruan film, pasti murid lebih tertarik untuk mendengarkan :)

 

4. Jadi Reporter Sejarah

 Reporter SejarahAjak murid jadi reporter! (Sumber: pinterest.es)

Selain aktivitas di kelas, bisa juga dengan memberikan tugas yang menyenangkan. Misalnya dengan menjadikan murid sebagai reporter. Minta murid untuk mewawancarai seseorang yang memiliki pengalaman di peristiwa sejarah, bisa saja seperti kakek nenek mereka. Atau bahkan seseorang yang memiliki peran terhadap sejarah, seperti pakar sejarah atau tour guide di situs sejarah.

Supaya  murid lebih semangat, jangan jadikan ini tugas individu. Coba bagi dalam kelompok kecil saja seperti 2-3 orang. Pasti menyenangkan bukan kalau mereka pergi ke museum bersama untuk mencari narasumber? Sounds fun!

 

5. Tugas Biografi

Biografi Bung Karno Membaca 'diari' tokoh sejarah dari biografi (Sumber: cahpamulang.blogspot.com)

Coba ajak siswa untuk bercerita mengenai tokoh sejarah yang ia kagumi. Seperti kisah mengenai perjuangannya dan juga alasan mengapa mereka memilih tokoh tertentu. Nantinya, mintalah murid untuk bercerita di depan kelas dan bebaskan mereka untuk menceritakan sekreatif mungkin ya!

Bisa juga dengan memilih murid yang jago presentasi, supaya murid yang lain juga semangat mendengarkan ceritanya. Pastikan juga tokoh yang akan diceritakan bervariasi ya! Supaya murid tidak merasa bosan.

 

6. Mengajar Seperti Bercerita 

Cerita tentang sejarah
Jelaskan sejarah seperti sedang bercerita (Sumber: lencabral.com)

Meski pelajaran sejarah membosankan, tapi stigma itu juga diubah dengan bagaimana kita mengajarnya lho! Saat memberikan materi, jangan menjelaskan dengan terlalu kaku. Coba untuk membuat diri untuk lebih luwes, supaya materi yang diberikan akan seperti bercerita mengenai kejadian sehari-hari. Gunakan juga bahasa yang ringan dan ekspresi yang lebih antusias juga ya! Dengan menunjukkan semangat kita, nantinya bisa ‘menular’ para murid untuk turut semangat juga untuk mendengarkan cerita.

Itulah trik-trik untuk mengajar pelajaran sejarah supaya tidak membosankan. Bagaimana? Apakah tertarik untuk mencoba? Semoga dengan trik ini, bisa membuat pelajaran sejarah lebih seru dan mengesankan ya!

Salam jas merah, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!

 

Beri Komentar