Mengapa Kamu Harus Kuliah di Jurusan Agribisnis?

Andrea Lidwina Feb 18, 2019 • 2 min read


jurusan agribisnis

Artikel ini membahas tentang apa saja yang dipelajari di jurusan Agribisnis dan peluang kerja setelah lulus dari jurusan tersebut

--

Kekayaan dan kondisi alam Indonesia membuat pangan menjadi salah satu komoditas ekspor negara ini. Oleh sebab itu, peluang kerja dari jurusan Agribisnis di industri pangan akan selalu dibutuhkan, Squad. Misalnya, manajer pertanian dan peternakan, peneliti tanah dan tumbuhan, bahkan pengusaha. Nah, hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus ambil jurusan Agribisnis di perguruan tinggi.

Namun, sebenarnya jurusan Agribisnis belajar tentang apa saja sih?

Jurusan ini mempelajari semua aspek tentang budidaya dan pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, pemasaran produk, serta kewirausahaan. Melihat hal-hal yang dipelajari tersebut, jurusan Agribisnis ternyata menggabungkan ilmu yang dipelajari di IPA dan IPS. Dari sisi IPA, kamu akan membutuhkan pelajaran Biologi guna mengetahui sifat-sifat biologis dari produk yang nantinya kamu jual. Sementara itu, beberapa pelajaran IPS akan berguna untuk memahami segi bisnis dan manajemen pertanian. Nah, setelah belajar dan mendapat berbagai mata kuliah di jurusan ini, Squad pasti akan paham soal pengusahaan produksi pertanian hingga cara memperoleh keuntungan dari penjualan hasil produksi.

jurusan agribisnis

Di jurusan Agribisnis, Squad akan belajar soal produksi pertanian sampai cara memperoleh keuntungan dari penjualan hasil produksi itu (Sumber: idntimes.com)

Squad mulai tertarik dengan jurusan ini? Apabila iya, kamu bisa memilih jurusan Agribisnis di Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Udayana, atau lainnya. Akan tetapi, karena jurusan ini bersifat multidisiplin, beberapa perguruan tinggi negeri mengelompokkannya dalam rumpun Saintek, sedangkan yang lain memasukkannya di rumpun Soshum. Contohnya, jurusan Agribisnis merupakan bagian dari Fakultas Pertanian yang termasuk dalam rumpun Saintek di Universitas Padjajaran dan Universitas Brawijaya. Sementara di Institut Pertanian Bogor, jurusan ini ada di bawah Fakultas Ekonomi yang masuk dalam rumpun Soshum. Jadi, ketika memilih dan mendaftar jurusan ini di SBMPTN, Squad harus teliti ya!

Sayangnya, jurusan ini sering luput dari pilihan Squad dan teman-teman sehingga masih sepi peminatnya. Padahal, industri pangan membutuhkan generasi penerus untuk memastikan ketersediaan produksi pangan di Indonesia bagi kebutuhan rakyat sendiri dan komoditas ekspor. Oleh karena itu, kamu yang memiliki minat di dunia bisnis atau pertanian tak perlu ragu untuk mendalami ilmu-ilmu di jurusan ini dan menjadikannya pekerjaan. Nantinya, kamu pun bisa berkontribusi terhadap masa depan Indonesia. Nah, bertambah lagi 'kan alasan mengapa Squad harus masuk di jurusan Agribisnis?

Tunggu apalagi, Squad? Yuk, persiapkan diri kamu dari sekarang dengan ruangbelajar agar bisa diterima di jurusan Agribisnis. Kamu bisa membaca berbagai materi pelajaran, dari IPA hingga IPS, melalui video beranimasi, rangkuman, infografis, dan latihan soal.

ruangbelajar

Beri Komentar