13 Juta Siswa Telah Menggunakan Ruangguru, Yuk Tengok Alasannya

Rabia Edra

May 17, 2019 • 3 min read

Siaran Pers & Event


berlangganan Ruangguru

Hi Squad! Beberapa waktu lalu, Ruangguru telah melakukan survey kepada para pengguna di seluruh Indonesia, lho. Kami memperoleh respon dari hampir 1.000 siswa mulai dari jenjang SD, SMP, sampai SMA. Mereka merasa terbantu belajar melalui aplikasi Ruangguru, dan kamu mau tahu alasan mengapa mereka tetap berlangganan hingga saat ini? Disimak yuk, artikel berikut!

Persentase jumlah responden terbanyak ditempati pada siswa yang mengaku cocok dengan metode belajar yang diterapkan di Ruangguru. Berupa alur journey yang meminta tiap siswa untuk menyelesaikan misi. Dimulai dari pengerjaan latihan topik di awal, dilanjutkan dengan menonton video belajar beranimasi dari Master Teacher dengan durasi tidak lebih dari 10 menit, lalu pengerjaan kuis singkat, dan menyimak rangkuman infografik yang telah disediakan. 

berlangganan Ruangguru

Selanjutnya, alasan kuat untuk terus berlangganan adalah karena Ruangguru dapat digunakan siswa di mana saja dan kapan saja. Mereka yang terhalang masalah akses dan tinggal di daerah tanpa fasilitas pendidikan yang memadai dapat memanfaatkan ruangbelajar. Selain itu, bagi yang harus mengalami perawatan cukup panjang akibat sakit dalam waktu lama, pemanfaatan belajar menggunakan teknologi bisa menjadi alternatifnya.

Jawaban lainnya adalah untuk mempersiapkan ujian seperti Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Nasional (UN), maupun Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK). Terakhir, responden menyampaikan jawaban bahwa Ruangguru tetap dipakai untuk meningkatkan nilai di sekolah dan karena harganya yang terjangkau tak sampai Rp1 juta untuk langganan tahunan dengan pilihan tersedia 3 jenis kurikulum. Masalah harga ini memang cukup kompetitif ya, apalagi jika dibandingkan dengan banyak bimbel terkenal dan berkualitas lainnya. 

berlangganan ruangguru

Baca juga: Trik Ivana jadi Jagoan Pelajaran Kimia di Sekolah!

Alasan-alasan tersebut hadir karena setidaknya ada 3 fitur favorit yang kerap digunakan oleh responden, Squad! Apa saja itu? Pertama, yaitu video belajar beranimasi semua mata pelajaran mulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, sampai ke pembahasan soal. Kedua, latihan soal per topik. Nah, biasanya fitur ini terdapat pada bagian sebelum dan setelah menonton video. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan pengetahuan ketika belajar atau tidak. Ketiga, rangkuman infografik yang bisa diunduh dan telah didesain dengan menarik untuk mempermudah siswa memahami apa yang telah dipelajari pada journey video belajar. 

berlangganan ruangguru

Ketiga hal tersebut mampu membuat Ruangguru memperoleh nilai 4.5 nih dari para responden berdasarkan kuesioner yang sudah disebar. Bahkan rating 4.7 di Google Play dan 4.8 di App Store! Wow. Sekitar 93% responden juga bersedia merekomendasikan produk ruangbelajar ke teman, adik, atau saudara lainnya. Kalau kamu gimana? Berapa rating yang ingin kamu berikan ke Ruangguru?

berlangganan ruangguru

Nah, bagi kamu Squad yang juga menggunakan ruangbelajar, tentunya hasil survey ini juga akan terasa dampak positifnya jika kamu intens dalam menggunakan aplikasi Ruangguru ya. Jangan mau kalah dengan 8 dari 10 pengguna Ruangguru yang membuka ruangbelajar sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Sayang kan kalau sudah berlangganan tapi disia-siakan.

Apalagi, kalau nilainya sudah bagus dan belum melanjutkan paket belajarnya untuk tahun ajaran baru mendatang. Padahal ada potongan sebesar 60% lho! Cukup masukkan kode LANJUTBELAJAR saat melakukan pembayaran dan dapatkan kesempatan hadiah mulai dari voucher belanja, smartphone, laptop, liburan ke Universal Studio Singapura, dan UMROH! Yuk, perpanjang sekarang.

paket belajar ruangguru 

Beri Komentar

Recent Posts