Mengapa Orang Tua Perlu Memperhatikan Kesehatan Mental Anak?

Andrea Lidwina

Jan 13, 2019 • 3 min read

parenting


kesehatan mental anak

Smart Parents, kesehatan mental bisa memengaruhi cara anak berpikir, merasakan, dan bertindak. Jadi, meskipun anak seringkali terlihat ceria dan gembira, Anda tetap tak boleh abai memperhatikan kesehatan mental mereka. Di satu waktu, mungkin saja anak merasa cemas secara berlebihan, depresi, gangguan ketika makan, atau masalah dalam belajar.

Akibatnya, mereka akan sulit menjalin hubungan yang baik dengan teman-teman sebayanya dan terus bergantung pada orang tua. Oleh sebab itu, Anda memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan mental anak. Yuk, cari tahu 5 cara yang bisa Smart Parents lakukan demi kesehatan mental anak.

1. Membangun hubungan yang baik dan kuat dengan anak

kesehatan mental anak

Orang tua harus memiliki hubungan yang baik dengan anak (Sumber: serenataflowers.com)

Smart Parents, memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan anak sangatlah penting. Luangkanlah waktu untuk bertemu, berdiskusi, dan melakukan kegiatan bersama mereka. Kehadiran Anda secara konsisten dalam kehidupan anak akan membantu perkembangan karakternya. Anak pun jadi tahu bahwa Smart Parents bisa diandalkan saat mereka mengalami kesulitan.

2. Membangun kepercayaan diri anak

kesehatan mental anak

Kasih sayang dari orang tua bisa meningkatkan rasa percaya diri anak (Sumber: betterparenting.com)

Untuk membangun kepercayaan diri anak, Smart Parents perlu menunjukkan kasih sayang Anda kepada mereka. Anda bisa memuji usaha dan perbuatan baik yang mereka lakukan, juga menanyakan aktivitas-aktivitas yang mereka sukai. Dengan begitu, anak akan merasa nyaman dengan dirinya sendiri dan bisa membangun rasa percaya diri.

3. Mendengarkan dan menghargai perasaan anak

kesehatan mental anak

Anak juga ingin didengar dan mengungkapkan perasaannya pada orang tua (Sumber: whattheflicka.com)

Orang tua harus mau mendengarkan anaknya, bukan hanya terus-menerus minta didengar. Ketika Smart Parents mau mendengarkan anak, mereka akan terbuka untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan terhadap hal-hal tertentu. Akan tetapi, jika mereka belum nyaman berbicara dengan Anda, bantulah mereka mencari orang lain yang bisa mereka ajak bicara.

4. Membuat suasana yang aman dan positif di rumah

kesehatan mental anak

Suasana yang menyenangkan di rumah akan membebaskan anak dari beban pikiran dan perasaan (Sumber: livehappy.com)

Di rumah, Smart Parents perlu mengawasi perilaku dan kebutuhan anak dengan bijak. Misalnya, konten dan waktu yang mereka habiskan untuk bermain gadget atau dengan siapa saja mereka berinteraksi di media online. Anda juga perlu memilih kata-kata yang tepat sewaktu berdiskusi dengan anak perihal masalah keluarga agar mereka mengerti dan tidak khawatir. Suasana yang menyenangkan di rumah bisa membuat anak bebas dari beban pikiran dan perasaan, Smart Parents.

5. Membantu anak ketika mereka mengalami kesulitan

 kesehatan mental anak

Kepedulian dan bantuan orang tua terhadap anak bisa menjaga kesehatan mentalnya (Sumber: scarymommy.com)

Sewaktu anak mengalami kendala atau kesulitan, Smart Parents perlu menenangkan mereka dan membantu mereka mencari solusi yang terbaik. Bantuan sekecil apapun dari Anda akan membuat anak merasa tidak sendiri dan ada orang lain yang peduli pada masalah yang mereka hadapi.

Perilaku-perilaku kecil dari Smart Parents ternyata bisa berpengaruh besar terhadap kesehatan mental anak. Jadi, Anda harus memperhatikan kebiasaan anak dan apakah ada perubahan tingkah laku dalam kehidupannya sehari-hari, seperti nilai ulangan yang turun drastis, sering terlihat lesu atau sedih, banyak melamun, dan mengalami sakit di bagian tubuh tertentu. Namun, jika anak mengalami salah satu perubahan ini, bukan berarti mereka pasti mengalami masalah kesehatan mental. Smart Parents bisa mengajak mereka bicara terlebih dahulu sebelum membawa mereka ke dokter atau psikolog untuk bantuan lebih lanjut.

Smart Parents bisa memberikan berbagai macam bentuk perhatian kepada anak, salah satunya dengan mengenalkan mereka pada ruangbelajar. Di aplikasi ini, anak akan mendapat materi pelajaran dalam bentuk video beranimasi, infografis, rangkuman, dan latihan soal. Menarik 'kan, Smart Parents? Ayo daftar sekarang!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts