Mengatasi Berbagai Ketakutan Saat Berada di Lingkungan Baru (Part 1)

Ruangguru Jun 3, 2016 • 3 min read


Memasuki sekolah, kampus, atau kantor baru akan jadi hal yang menyenangkan, juga mendebarkan. Eits, jangan khawatir! Baca dulu yuk tips di bawah ini supaya kamu bisa nyaman di lingkungan barumu.

 

lingkungan baru

Ketika masuk SMP atau SMA, biasanya ada beberapa teman yang sudah kamu kenal sebelumnya. Tapi sangat mungkin juga kamu tidak mengenal siapa pun di sekolah barumu. Biar nggak garing, harus gimana ya?

  • Memanfaatkan MOS (Masa Orientasi Siswa).  Just be nice to everyone. Bersikap ramah, dan jangan sungkan menyapa siapa pun yang ada di sekitarmu. Tapi jangan sampai berlebihan ya. 
lingkungan baru Foto: mba.org.mt
  • Bergabung di ekskul yang sesuai passion-mu. Kamu akan bertemu teman baru yang menyukai dunia sama denganmu. Tentu akan menyenangkan bertemu orang yang memiliki kesamaan. Dengan demikian kamu juga akan lebih mudah mendapat bahan obrolan.

 

lingkungan baru

Di sekolah mana pun, pasti ada aja deh kakak kelas yang suka jutek, atau melempar tatapan mengintimidasi. Padahal belum tentu kamu berbuat ulah. Hal-hal seperti ini memang terkadang tidak terhindarkan. Apa yang harus dilakukan? 

lingkungan baru Foto: childrensmd.org
  • Bersikaplah biasa saja. Tidak perlu berpakaian dan dandan berlebihan. Sering-sering berada diantara teman-temanmu, jangan menyendiri. Biasanya yang jadi sasaran senior jutek ini adalah junior yang terlihat lemah.
  • Kalau hanya sebatas jutek, sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan, just stay cool. Tapi kalau sampai bullying seperti melabrak, bertindak kasar, jangan dibiarkan. Segera ceritakan ke guru dan orangtua agar dicari jalan keluarnya.

 

lingkungan baru

Semakin naik tingkatmu, maka kamu juga akan menemui materi pelajaran yang semakin menantang. Jangan putus asa dulu, teman-teman!

lingkungan baru Foto: meritnation.com
  • Agar lebih paham materi, saat ada guru, berkonsentrasi penuhlah ketika mendengarkan guru di kelas. Jangan mudah ter-distract ya. Kemudian, ulang kembali di rumah. Tidak perlu lama-lama, sekedar review saja. Mungkin akan sedikit membosankan membaca banyak materi. Coba deh “bantai” dengan mengerjakan latihan soal.
  • Wajar kok kalau kamu tidak selalu langsung paham mengenai materi yang diajarkan. Saat jam istirahat, datangi gurunya dan mintalah penjelasan ulang. Tanyalah dengan sopan, apa beliau bersedia kamu tanyakan saat itu. Jika dirasa kurang tepat waktunya, tidak ada salahnya juga minta tolong teman untuk menjelaskan. Kalau takut mengganggu, kamu bisa ikut bimbingan belajar atau les privat yang lebih terpercaya.

 

lingkungan baru

Waktu jam istirahat, tempat duduk di kantin seringkali penuh. Apalagi biasanya sudah ada meja yang di-”tag” oleh sekelompok orang tertentu. Kalau kamu nggak boleh duduk karena “dikuasai senior”, sebagai murid baru pilihannya cuma mengalah. Percaya deh, kalau kamu sudah jadi senior, kamu akan bisa makan di mana pun yang kamu senangi.

lingkungan baru Foto: saltash.net
  • Mencari tempat lain untuk makan bersama teman-teman. Bisa di warung dekat sekolah, taman, atau di koridor sekolah.
  • Bawa bekal dari rumah, dan saling barter makanan bersama teman-teman di sekitar kelas.

 

Sekian dulu tipsnya agar kamu mudah menyesuaikan diri di sekolah. Jangan lewatkan tips beradaptasi di tempat baru part kedua yang tidak kalah seru ya!

Beri Komentar