4 Cita-Cita Waktu Kecil dan Jalur Akademiknya

Ruangguru Mar 22, 2016 • 4 min read


 

 

susan boneka Foto: twitter.com

 

“Susan, susan, susan, kalo gede mau jadi apa?”

Ada yang ingat dengan cuplikan lagu di atas? :D

Sewaktu kecil dulu, pasti kita sering sekali ditanyakan ingin jadi apa ketika sudah besar nanti. Ada yang ingin jadi dokter, pilot, guru, arsitek, maupun yang lainnya. Ketika sudah semakin dekat dengan proses mengejar cita-cita, apakah teman-teman sudah tahu dan membayangkan jalur akademik yang dilewati? Kalau belum, simak dulu informasi berikut!

1. Dokter

Cita-citaku Ingin Jadi Dokter Foto: pexels.com

 

Untuk menjadi dokter, proses yang dilalui cukup panjang. Pertama-tama, mahasiswa kedokteran menempuh masa preklinik di kampus selama 4-5 tahun untuk meraih gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Setelah itu dilanjutkan ke tahap klinik atau Koas selama sekitar 2 tahun dan berhadapan langsung dengan pasien di rumah sakit. Jika berhasil melalui seluruh tahap ini, gelar dokter umum berhasil digenggam. Eits, masih ada tahap lainnya, lho!

Para dokter umum wajib mengikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) untuk mendapatkan Surat Izin Praktik (SIP). Kemudian, terdapat kegiatan internsip untuk menerapkan ilmu ke masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama 6 bulan hingga 3 tahun. Jika masih ingin melanjutkan ke program spesialis, luangkan waktu sekitar 4-7 tahun dan 2-4 tahun untuk melanjutkan ke program superspesialis.

Panjang sekali ya, tahapannya. Persiapkan diri matang-matang ya, wahai teman-teman yang ingin menjadi dokter! :)

2. Pilot

 

Cita-citaku Ingin Jadi Pilot Foto: pexels.com

 

Kamu bisa menjadi pilot dengan bergabung di sekolah pilot baik milik pemerintah maupun milik swasta selama kurang lebih 18 bulan hingga 2 tahun lamanya. Tingkatan pada pendidikan pilot tergantung pada lisensi yang dimiliki berdasarkan jumlah jam terbang. Lisensi tersebut antara lain Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Airline Transport Pilot License (ATPL).

Dibutuhkan syarat 60 jam terbang untuk mendapatkan PPL, yaitu izin untuk menerbangkan pesawat bermesin tunggal tak berpenumpang. Sementara itu, agar dapat menerbangkan pesawat bermesin tunggal berpenumpang dengan CPL dibutuhkan syarat 200 jam terbang. Nah, bagi kamu yang ingin menjadi pilot maskapai penerbangan dengan penumpang maupun kargo, bersiaplah karena syarat memiliki ATPL adalah 1.500 jam terbang.

Durasi pendidikan pilot mungkin relatif cepat. Namun, persiapkan kemampuan finansial juga, ya, karena dana yang dibutuhkan pun relatif besar dibandingkan pendidikan profesi lainnya. :)

3. Guru

 

Cita-citaku Ingin jadi Guru Sumber: www.studenthandouts.com

 

Jika ingin menjadi guru sekolah, khususnya sekolah negeri, jalur yang harus dihadapi juga cukup panjang nih. Tak hanya harus memiliki gelar S1, calon guru harus mengikuti program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (SM3T) selama 1 tahun. Setelah itu dilanjutkan dengan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) selama satu tahun dan diasramakan di Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) selama 1 tahun.

Apabila kamu merasa proses ini sulit tetapi masih ingin mengejar cita-cita sebagai guru, kamu juga bisa mendaftar untuk mengajar di sekolah swasta atau menjadi guru les privat! Tujuan mulia kamu pun tetap tercapai, kan? :)

4. Arsitek

 

Cita-citaku Ingin Jadi Arsitek Foto: pexels.com

 

Untuk teman-teman yang sewaktu kecil suka menggambar atau bermain lego, bisa jadi bercita-cita ingin jadi arsitek, nih. Di Indonesia, kamu harus menempuh pendidikan S1 Arsitektur selama 4-5 tahun dan dilanjutkan dengan mengikuti Pendidikan Profesi Arsitektur selama 1-2 tahun untuk mendapatkan gelar Ar. Setelah itu, kamu bisa mendaftarkan diri menjadi anggota Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Apabila tidak ingin menjadi praktisi, kamu bisa mengambil program Magister Arsitektur dan mendalami cabang arsitektur sesuai minatmu.

Selain 4 profesi di atas, masih banyak lagi profesi lainnya yang memiliki jalur akademik dan keprofesiannya masing-masing. Semoga setelah membaca ini, teman-teman bisa lebih mudah dalam menentukan jurusan kuliah pilihan demi masa depan, ya.

Semangat! :)

Beri Komentar