Mengenal 5 Manfaat Crazy 8’s untuk Pengembangan Produk Perusahaan

Salsabela Liani

Aug 9, 2018 • 5 min read

sukses kerja


Rekan Kerja, apakah Anda pernah mendengar istilah Crazy 8’s? Istilah ini akan Anda temukan ketika sudah mengenal dan mempelajari metode Design Sprint. Sedikit mengulas sebelumnya, Design Sprint adalah suatu metode cara berpikir yang akan memudahkan perusahaan start-up, atau seorang penggagas maupun desainer dalam merancang dan mengembangkan suatu produk baru dalam waktu yang cepat. Metode ini terdiri dari beberapa komponen seperti pahami (understanding), kembangkan (diverge), putuskan (decide), membuat prototipe (create prototype), dan validasi (validate).

perusahaanContoh hasil Crazy 8's (Sumber : uxdesign.cc)

Saat mengembangkan ide, peserta Design Sprint dapat menggunakan Crazy 8’s  yang merupakan suatu metode pengumpulan ide kreatif yang mampu menyelesaikan solusi. Caranya dengan dengan mengambil secarik kertas polos HVS ukuran A4 yang dilipat menjadi 8 bagian. Sebelum metode ini dilakukan, Design Sprint Master akan mengajak peserta untuk mencari ide sebanyak-banyaknya menggunakan laptop maupun telepon genggam mereka. Pencarian ide ini akan memudahkan peserta untuk belajar dari produk-produk yang sudah ada sebelumnya karena hal ini dapat menjadi inspirasi yang berguna untuk mengembangkan produk baru.  Oleh karena itu, proses Design Sprint akan lebih mudah lagi untuk dilakukan. Seperti gambaran, misalnya untuk mengetahui mekanisme konsumen memilih produk, perusahaan dapat belajar dari sistem filter dari perusahaan jasa perjalanan maupun rumah makan dan sistem filter warna dari website e-commerce.

Setelah proses pencarian informasi selesai, masing-masing peserta dapat menggambarkan delapan ide yang berbeda dalam waktu 5-8 menit. Penyampaian ide secara visual memiliki kelebihan dibandingkan dengan kata-kata karena kemampuan visual dapat menyampaikan gagasan yang tidak dapat disampaikan dalam kata-kata. Dengan begitu, anggota-anggota lainnya juga akan lebih mudah untuk menangkap gagasan yang disampaikan dan menyampaikan tanggapannya.

Terdapat beberapa manfaat dari penggunaan metode Crazy 8’s, yaitu :

1. Memangkas Waktu yang Diperlukan Tim

perusahaanCrazy 8's dapat menghemat waktu yang dibutuhkan (Sumber : stans.com)

Proses mengumpulkan variasi ide biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan menggunakan Crazy 8’s maka proses pengumpulan ide hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat, yaitu lima-delapan menit. Dalam waktu yang singkat ini, peserta dapat memperoleh banyak variasi ide yang dapat dikembangkan untuk tahap selanjutnya.

2. Mudah Mendapatkan Banyak Ide Kreatif 

perusahaan

Perusahaan mudah mendapatkan banyak ide (Sumber : thefreedomline.com)

Tahukah Rekan Kerja, dengan menggunakan metode ini, tim Anda dapat mendapatkan banyak opsi ide yang tidak terpikirkan sebelumnya. Dengan metode ini, peserta dapat menyuarakan ide-ide kreatifnya tanpa rasa tertekan.

3. Hemat Biaya

perusahaan

Biaya perusahaan bisa ditekan (Sumber :  go-for-better.com)

Tidak seperti metode pengumpulan ide yang lain, metode ini hanya membutuhkan 1 lembar kertas dan alat tulis untuk setiap anggotanya. Dengan perlengkapan yang sedikit dan mudah untuk diperoleh maka perusahaan dapat meminimalisir jumlah anggaran yang dibutuhkan.

4. Menghindari Terjadinya Konflik Tim

perusahaanPerusahaan kerap menemukan konflik saat berdiskusi (Sumber : elearningindustry.com)

Seringkali tim kerap dihadapkan dengan konflik saat proses pengumpulan ide maupun solusi. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya rasa toleransi terhadap banyaknya perbedaan pendapat yang ada. Dengan menggunakan cara ini, tim dapat menghindari terjadinya konflik karena setiap anggota memiliki kesempatan yang sama dalam mepresentasikan hasil pemikirannya.

5. Lebih Demokratis

perusahaanDengan Crazy 8's semua anggota dapat mudah menyuarakan pendapatnya (Sumber : niceincontact.com)

Metode yang dilakukan secara individu ini dapat membuat setiap peserta tim bebas berpartisipasi dengan memberikan pendapatnya tanpa dibatasi oleh keinginan atasan maupun orang lain yang terdapat di tim tersebut. Semua orang di tim dapat menyampaikan idenya tanpa melihat posisi dan asal-usul mereka.

Itulah lima manfaat penggunaan Crazy 8’s dalam pengumpulan ide-ide tim. Untuk hasil terbaik, tentunya metode ini juga harus dimanfaatkan secara maksimal dalam tim tersebut. Bagaimana, Rekan Kerja? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan metode ini untuk pengembangan produk dalam perusahaan Anda? Temukan juga materi pembelajaran lain yang dapat bermanfaat untuk peningkatan soft skills Anda dengan mengunduh aplikasi ruangkerja. Jadi, tunggu apalagi? Mari klik gambar di bawah ini untuk unduh dan mulai dapatkan manfaatnya dari sekarang!

ruang kerja

Beri Komentar

Recent Posts