Mengenal Aktivitas Penduduk di Dataran Rendah dan Pegunungan | Geografi Kelas 11

Mengenal Aktivitas Penduduk di Dataran Rendah dan Pegunungan

Squad, kamu tinggal di daerah mana? Di daerah dataran rendah atau di pegunungan? Nah, seperti yang kita ketahui, setiap daerah memiliki karakteristiknya masing-masing yang sangat beragam. Baik itu karakteristik individu maupun aktivitas kelompok dan alam sekitarnya. Kira-kira apa saja ya, yang teman-teman kita lakukan untuk bertahan hidup di daerah lingkungannya? Kuy, sekarang kita mengenal aktivitasnya. Keep scrolling ya! 

Aktivitas Penduduk di Dataran Rendah

Tahukah kamu, dataran rendah di Indonesia merupakan dataran aluvial, lho! Apa sih, dataran aluvial itu? Dataran aluvial adalah dataran hasil endapan air. Oleh karena itu, tanahnya masuk dalam kategori yang subur untuk dimanfaatkan di bidang pertanian, perkebunan, pemukiman, bahkan untuk kegiatan industri. 

aktivitas penduduk dataran rendah

Daerah pantai juga termasuk dataran rendah, lho. Di sana banyak penduduknya yang bermata pencaharian sebagai nelayan dan membudidayakan tambak. Hasil laut yang ditambak ternyata tidak cuma ikan, tetapi juga udang. Psst, di Pantai Timur Sumatera dan Pantai Utara Jawa ternyata banyak yang membudidayakan tambak udang. Selain itu, Lampung juga sudah memulai membangun tambak udang percontohan. 

tambak

Aktivitas Tambak Udang di Lampung (Sumber: lampungprov.go.id)

Meskipun demikian, tidak semuanya daerah subur, lho. Ternyata, ada juga yang kondisinya kurang subur, misalnya daerah rawa-rawa yang bisa kita temukan di Sumatera, Kalimantan, dan Papua.

fakta dataran rendahAktivitas Penduduk di Daerah Pegunungan

Squad, udara di daerah pegunungan tergolong sejuk, ya! Udara yang sejuk tersebut disebabkan oleh angin dari arah laut yang bergerak ke atas ketika sampai di daerah pegunungan. Selain itu, di daerah pegunungan juga sering terjadi hujan. Karena hujan sering turun, tanah yang ada di sekitarnya menjadi subur dan banyak mengandung humus. Karena kesuburan tanahnya itu, maka banyak penduduk di daerah pegunungan yang mencari nafkah di bidang pertanian dan perkebunan. Salah satu tanaman yang ditanam di daerah pegunungan adalah kina, kopi, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Squad, selain di bidang pertanian dan perkebunan, daerah pegunungan juga bisa dimanfaatkan untuk penyaluran hasil hutan. Hal ini dikarenakan di daerah pegunungan biasanya juga terdapat hutan. Hasil hutan yang disalurkan antara lain kayu bakar, rotan, dan getah. Psst, tahukah kamu, daerah pegunungan juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan pertambangan, lho. Barang tambang yang biasa ditemukan di daerah pegunungan antara lain nikel, biji besi, dan tembaga. Tetapi sayang sekali nih, Squad, masih banyak kegiatan pertambangan liar yang terjadi. 

fakta daerah pegunungan

Bagaimana, sudah lebih mengenal tentang aktivitas penduduk di daerah pegunungan dan dataran rendah, kan? Kamu masih mau belajar lebih dalam lagi mengenai materi ini? Yuk, belajar bareng tutor berpengalaman di Ruangguru digitalbootcamp! Kamu bisa belajar di mana saja, kapan saja, hanya dengan group chat di handphonemu. Yuk, daftar sekarang! Sampai ketemu di Ruangguru digitalbootcamp, ya.

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar