Mengenal Atmosfer, Lapisan yang Melindungi Bumi Kita | Biologi Kelas 7

IPA_7

Squad, kamu sadar nggak kalau di dalam tata surya kita ini kan terdapat banyak sekali benda-benda langit ya, tapi kenapa bumi tempat kita tinggal ini tetap terlindungi dari benturan benda langit dan juga gas atau sinar yang membahayakan? Padahal dengan adanya gaya gravitasi bumi, benda-benda langit akan tertarik ke planet bumi. Nah, tentu saja bumi kita tetap terlindungi, karena bumi memiliki lapisan yang bernama atmosfer. Lalu, apa itu atmoesfer? Yuk kita mengenal atmosfer melalui penjelasan artikel ini.

PENGERTIAN ATMOSFER

Atmosfer itu merupakan selimut gas yang menyelimuti planet bumi tempat kita tinggal, tapi bukan hanya bumi ya, beberapa planet lainnya juga dilapisi oleh atmosfer dan kandungannya berbeda-beda. Akan tetapi yang kita bahas di artikel ini hanya tentang atmosfer bumi ya.

ipa terpadu - atmosfer

MANFAAT ATMOSFER

  • Melindungi bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet dengan lapisan ozon. Sinar ultraviolet itu sangat berbahaya lho bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.
  • Melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa yang jatuh akibat gaya gravitasi bumi. Coba bayangin kalau nggak ada atmosfer? Yang menghujani kepala kamu bukan cuma air, tapi batuan dan benda-benda luar angkasa juga ikutan.
  • Atmosfer juga menjadi media cuaca yang bisa memengaruhi hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lain sebagainya.
  • Memiliki kandungan berbagai macam gas yang diperlukan oleh manusia, tumbuhan, dan juga hewan untuk bernafas dan kebutuhan lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbon dioksida.

FUNGSI ATMOSFER

Atmosfer berfungsi mengatur proses penerimaan panas sinar matahari. Atmosfer melakukannya dengan menyerap dan memantulkan panas yang dipancarkan oleh matahari. Sekitar 34% panas matahari kembali di pantulkan ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan juga permukaan bumi. Kemudian sekitar 19% diserap oleh atmosfer dan awan, selanjutnya sekitar 47% sisanya mencapai permukaan bumi.

Atmosfer itu kan lapisan yang melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa ya, nah atmosfer sendiri juga memiliki lapisan-lapisan nih. Terdapat 5 lapisan pada atmosfer, di antaranya:

lapisan atmosferLapisan-Lapisan Atmosfer (Sumber: www.kullabs.com)

1. Troposfer

Troposfer

Lapisan Troposfer, lapisan terdalam bumi (Sumber: www.g-excess.com)

Lapisan troposfer banyak mengandung uap air dan karbon dioksida. Pada lapisan ini kamu masih bisa lho melakukan pernapasan secara bebas. Selain itu, pada lapisan ini fenomena cuaca dan iklim masih sering terjadi.

Lapisan troposfer terdiri dari:

  • Lapisan planetair 0-1km
  • Lapisan konveksi 1-8km
  • Lapisan tropopause 8-12km (Merupakan pembatas antara troposfer dan stratosfer, pada lapisan ini kegiatan udara secara vertikal (konveksi) berhenti)

2. Stratosfer

Stratosfer

Lapisan Stratosfer (Sumber: Buzzle.com)

Lapisan ini merupakan lapisan yang sangat dingin, dan lapisan ini ditinggali oleh lapisan ozon. Nah sinar ultraviolet yang berasal dari matahari yang berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup itu, dapat terlindungi oleh lapisan tratosfer ini. Oh ya, perlu kamu tahu ya kalau lapisan ozon itu akan mengalami kerusakan kalau manusia terus-menerus melakukan aktivitas dengan menggunakan bahan kimia.

Lapisan stratosfer terdiri dari:

  • Lapisan isotherm
  • Lapisan panas
  • Lapisan campuran atas

3. Mesosfer

mesosfer

Lapisan Mesosfer (Sumber: www.g-excess.com)

Lapisan ini terletak tepat di atas lapisan stratosfer pada ketinggian 50-75km. Pada lapisan ini terjadi penurunan penurunan suhu pada setiap bertambahnya ketinggian. Penurunan suhu pada lapisan ini berkisar 0, 4 derajat celcius setiap ketinggiannya bertambah 100 meter. Untuk suhunya sendiri sekitar 10 drajat celcius, nah untuk puncaknya sekitar -120 drajat celcius. Oleh karena itu, pada lapisan ini sebagian besar meteor akan terbakar dan terurai.

Ciri-ciri lapisan mesosfer:

  • Ketinggian lapisan mesosfer antara 50-80 km di atas permukaan laut
  • Suhu udara sangat tidak stabil. Pada bagian bawah, suhu udaranya tinggi dan semakin ke atas suhunya semakin turun. Misal pada bagian bawah 100 drajat C, pada bagian atas -100 drajat C.

Antara lapisan mesosfer dan lapisaan termosfer, dilapisi oleh mesopause yang mempunyai suhu sekitar -100 drajat C.

4. Termosfer (Ionosfer)

termosfer_LI

Lapisan Termosfer (Sumber: www.labsmk.com)

Pada lapisan ini terjadi proses ionisasi dari partikel-partikel yang dapat memberikan efek perambatan atau refleksi gelombang radio (gelombang panjang dan pendek). Maka dari itu, lapisan termosfer disebut juga  lapisan ionosfer.

Ciri-ciri lapisantermosfer:

  • Ketinggian lapisan ini kira-kira 80-375 km.
  • Radiasi sinar X dan sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari, menyebabkan proses terjadinya ionisasi berbagai atom udara.

5. Eksosfer

eksosfer
Lapisan Eksosfer, lapisan terluar bumi (Sumber: www.kullabs.com)

Pada lapisan ini berbagai atom bergerak secara tidak beraturan dan menjadi lapisan yang paling panas. Selain itu, pada lapisan ini molekul udara bisa meninggalkan atmosfer sampai ketinggian 3.150 km dari permukaan bumi. Lapisan ini sangat berbahaya, karena pada lapisan inilah terjadinya kehancuran meteor dan benda-benda luar angkasa lainnya.

Ciri-ciri lapisan eksosfer:

  • Berada pada ketinggian antara 500-1000 km
  • Suhu mencapai 2.200 drajat C
  • Lapisan terluar dari atmosfer.

Sekali lagi harus kamu pahami ya Squad, kalau lapisan atmosfer itu memiliki lapisan-lapisan lagi, dan lapisan terdalam itu mulai dari permukaan bumi. Nah dengan adanya lapisan atmosfer ini, bumi kita terlindungi, serta sinar-sinar yang dipancarkan oleh matahari, dapat terkontrol dan terserap oleh lapisan atmosfer. Akan tetapi, lapisan-lapisan atmosfer ini bisa rusak jika terus terkena efek kimia. Artinya, kamu dan kita semua harus terus menjaga lingkungan, kurangi dan hindari penggunaan bahan kimia berlebih. 

Jika kamu masih penasaran dengan lapisan-lapisan yang melindungi bumi, kamu bisa kok belajar dengan cara yang lebih asik dengan menggunakan ruangbelajar. Kamu harus donwload aplikasi ruangguru terlebih dahulu yaa.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Fahri Abdillah