Mengenal Berbagai Macam Jenis Segitiga

jenis segitiga

Siapa di antara RG Squad yang sering memperhatikan rambu-rambu lalu lintas di jalan? Nah, kira-kira kamu sudah tahu berapa banyak nih tentang rambu-rambu lalu lintas? Dalam artikel ini kita akan memperhatikan salah satu rambu lalu lintas yang bentuknya seperti salah satu bidang datar dalam matematika. Hmm, seperti apa ya bentuknya?

Coba perhatikan, apa kamu pernah melihat rambu lalu lintas seperti ini?

jenis segitiga - rambu prioritas

(Sumber: commons.wikimedia.org)

Kamu tahu nggak itu rambu apa ini namanya? Dilarang berhenti? Bukan. Dilarang parkir? Juga bukan.

Begini, rambu tersebut dinamakan rambu prioritas. Rambu prioritas ini merupakan rambu perintah untuk memberikan kesempatan pada kendaraan yang berjalan pada jalur utama di persimpangan. Jadi, kalau kamu melihat rambu ini, berarti kamu akan masuk ke jalur utama dan harus memberikan prioritas dahulu untuk kendaraan yang melintas.

jenis segitiga - posisi rambu segitiga

Posisi rambu prioritas pada persimpangan jalan (Sumber: rebanas.com)

Coba perhatikan deh, rambu-rambu tersebut berbentuk apa? Salah satu bidang datar yang memiliki tiga sisi disebut dengan ....

Iya benar. Segitiga. Oke, sekarang kita akan belajar mengenal berbagai macam jenis segitiga ya. Jenis-jenis segitiga itu bisa ditinjau dari beberapa aspek yakni berdasarkan panjang sisi dan besar sudutnya.

1. Pembagian Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisi

  • Segitiga sembarang = sisi-sisinya tidak sama panjang.

jenis segitiga - segitiga sembarang

Segitiga sembarang (sumber: berpendidikan.com)

Coba kamu lihat deh Squad, panjang sisi-sisinya tidak sama. AB tidak sama dengan BC, BC tidak sama dengan AC.

  • Segitiga sama kaki = kedua sisinya sama panjang.

jenis segitiga - segitiga sama kaki

Segitiga sama kaki (sumber: blogmatematika.com)

Kalau kita lihat, panjang sisi PQ dan PR ialah sama. Oleh karena itu, segitiga tersebut disebut segitiga sama kaki.

  • Segitiga sama sisi

Nah, rambu prioritas tadi itu bentuknya segitiga sama sisi ya, Squad. Kenapa disebut segitiga sama sisi?

jenis segitiga - segitiga sama sisi

Segitiga sama sisi (Sumber: rumus-matematika.com)

Segitiga sama sisi memiliki tiga buah sisi yang sama panjang, yakni AB = BC = AC dan tiga buah sudut sama besar, yakni sudut A = sudut B = sudut C

2. Pembagian Jenis Segitiga Berdasarkan Besar Sudut

  • Segitiga lancip = ketiga sudutnya membentuk sudut lancip.

jenis segitiga - segitiga lancip

Segitiga lancip (Sumber: blogmatematika.com)

Ketiga sudut segitiga tersebut membentuk sudut lancip yang besarnya antara 0° sampai 90°.

  • Segitiga tumpul =  salah satu sudutnya merupakan sudut tumpul.

jenis segitiga - segitiga tumpul

Segitiga tumpul (Sumber: kimiamath.com)

Coba Squad perhatikan sudut B. Nah, itu yang menyebabkan segitiga tersebut disebut dengan segitiga tumpul. Ini karena sudut B membentuk sudut tumpul yang besarnya antara 90° sampai 180°.

  • Segitiga siku-siku = salah satu sudutnya membentuk sudut siku-siku.

jenis segitiga - segitiga siku-siku

Segitiga siku-siku (sumber: materi-sekolah.com)

Perhatikan sudut A deh. Nah, itu dia yang dinamakan sudut siku-siku. Besar sudut siku-siku ialah 90°.

Jadi Squad, dapat kita simpulkan bahwa jenis segitiga itu dapat dilihat dari dua aspek, yakni berdasarkan panjang sisi dan besar sudut ya.

rangkuman - jenis segitiga

Sekarang kalian pasti sudah paham kan Squad tentang berbagai macam jenis segitiga yang ada? Kalau kalian belum paham, jangan khawatir ya. Kalian bisa kok belajar matematika sambil nonton video belajar beranimasi yang keren. Tentunya dengan kakak-kakak master teacher yang berpengalaman. Penasaran? Yuk, gabung di ruangbelajar sekarang juga!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts