Mengenal Bioteknologi Konvensional | Biologi Kelas 12

Mengenal Bioteknologi Konvensional

Squad, apakah kamu pernah mendengar istilah bioteknologi? Wah, bioteknologi itu apanya biologi, ya? Atau jangan-jangan itu teknologi yang hidup? Hahahaha bukan bukan, bioteknologi adalah teknologi yang memanfaatkan makhluk hidup baik sebagian atau keseluruhan untuk mengasilkan barang atau jasa. Bioteknologi sendiri dibagi menjadi 2, yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Kali ini, kita mengenal bioteknologi konvensional dulu, ya!

Bioteknologi konvensional memanfaatkan mikroorganisme secara utuh dan tidak bisa diproduksi dalam jumlah yang sangat besar. Oleh karena itu, meskipun bisa diproduksi secara massal melalui pabrik, tetapi tidak bisa diproduksi dalam jumlah besar, ya. Selain itu, bioteknologi konvensional juga dilakukan tanpa adanya fertilisasi, tetapi menggunakan teknik fermentasi. Baru tahu kaan?

Oh iya, fermentasi memiliki beberapa prinsip yang harus kamu ketahui. Dengan melakukan proses fermentasi, akan terjadi perubahan sifat subtrat dan senyawa kompleks terpecah menjadi senyawa yang lebih sederhana. Selain itu, fermentasi juga menghasilkan senyawa asam dan gas, lho! 

Kelebihan dan Kekurangan Bioteknologi Konvensional

Bioteknologi konvensional juga memiliki kelebihan dan kekurangan, lho! Bioteknologi konvensional menggunakan bahan yang harganya relatif murah dan mudah didapat. Teknologi yang  digunakan juga tergolong sederhana dan tidak memiliki dampak negatif jangka panjang serta bisa meningkatkan nilai gizi makanan. Lalu, kekurangannya apa, dong?

Baca Juga: Perbedaan Teori Evolusi Darwin dan Lamarck

Kekurangan bioteknologi konvensional adalah tidak adanya perbaikan masalah genetik dan tidak bisa mengatasi masalah genetik yang sudah ada sebelumnya. Selain itu, proses bioteknologi juga sangat mudah dipengaruhi oleh kondisi alam, antara lain suhu dan hama di lingkungan tersebut.  

Produk Bioteknologi Konvensional

Mengenal Bioteknologi Konvensional

Macam-macam jenis roti (Sumber: Shutter Stock)

Nah, setelah mengetahui informasi mengenal bioteknologi konvensional, kamu penasaran nggak sih, apa saja produk dari bioteknologi konvensional? Kuy, kita simak daftarnya di tabel berikut ini!

Mengenal Bioteknologi Konvensional

Wah, ternyata MSG itu hasil produk bioteknologi konvensional, lho! Lalu terbuatnya dari Tebu? Wah, baru tahu kaaan? Ternyata tanpa kita sadari, produk bioteknologi konvensional ini banyak banget, ya. Selain itu, produknya juga bisa kamu temukan di pasar atau supermarket di dekat rumahmu. Kira-kira, produk bioteknologi tuh masih banyak nggak, ya? Nah, yuk, coba cari tahu bersama Ruangguru On-The-Go! Kamu bisa nonton video belajar tanpa kuota, lho! Tinggal colok usb-nya, dan kamu bisa belajar di mana saja deh. Kuy, dapatkan sekarang! 

ruangguru on the go

Beri Komentar