Mengenal Ciri-Ciri dan Contoh Teks Negosiasi

Bahasa Indonesia_10.jpg

Squad, pasti kalian pernah kan melakukan kegiatan negosiasi. Di mana sih biasanya kegiatan negosiasi dilakuan? Nah, contoh paling sederhananya adalah pada kegiatan jual beli. Lalu, apa yang dimaksud dengan teks negosiasi? Teks negosiasi merupakan teks yang memuat bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan berbeda. Supaya makin paham, yuk lihat contoh teks negosiasi berikut.

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli

Pembeli: "Bu saya mau beli gitar ini, berapa harganya?"
Penjual: "Kalau gitar yang itu harganya 750 ribu nak."
Pembeli: "Harganya boleh kurang nggak bu?"
Penjual: "Hmmm, boleh. Mau nawar berapa nak?"
Pembeli: "600 ribu aja bu, gimana?"
Penjual: "Wah, harga segitu rasanya tidak bisa nak."
Pembeli: "Kalau 625 ribu?"
Penjual: "Naikin dikit nak, 650 ribu ibu lepas gitar ini."
Pembeli: "Iya deh bu, saya setuju, ini uangnya"

contoh teks negosiasi

Langkah-langkah Membuat Teks Negosiasi

  • Persiapan dan perencanaan. Pada tahap ini diharapkan kalian bisa menentukan apa yang diinginkan dengan memilih tema kegiatan negosiasi.
  • Menentukan pihak-pihak yang berkaitan. Pada kegiatan negosiasi perlu ditetapkan pihak-pihak yang berkaitan, siapa yang berperan sebagai penjual dan pembeli.
  • Menentukan hal yang dinegosiasikan. Kalian perlu menentukan apa yang ingin dinegosiasikan apakah berupa barang atau jasa, serta waktu dan tempat negosiasi.
  • Menyiapkan penyampaian argumen. Pada tahap ini masing-masing pihak mengutarakan apa yang diinginkan secara bijaksana.
  • Merancang kegiatan tawar menawar dan penyelesaian masalah. Pada kegiatan ini dilakukan tawar menawar antara penjual dan pembeli untuk mencapai sebuah kesepakatan, biasanya berupa kesepakatan harga.
  • Menentukan penutup. Tahap ini merupakan tahap terakhir dari kegiatan negosiasi, misalnya mengucapkan terima kasih dan salam. Dalam negosiasi jasa yang disepakati bersama hendaknya diformalkan, yaitu kesepakatan tertulis jika diperlukan dengan mengadakan dokumen dan tanda tangan.
  • Menulis struktur teks negosiasi. Setelah melalui langkah-langkah di atas, selanjutnya kalian membuat struktur teks negosiasi dalam bentuk kerangka. Mulai dari orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, sampai dengan penutup.
  • Mengembangkan kerangka menjadi sebuah teks. Setelah kalian menulis kerangka sesuai dengan struktur, kalian harus mengembangkannya menjadi sebuah teks. Saat proses mengembangkan kerangka menjadi teks kalian harus memerhatikan kaidah kebahasaan yang digunakan agar teks negosiasi mudah diterima dan dimengerti oleh pembaca.

Itulah tadi pengertian, ciri-ciri, dan contoh teks negosiasi. Sudah semakin paham kan Squad? Jika belum, yuk lihat penjelasan lengkapnya di ruangbelajar. Kalian bisa belajar lewat video beranimasi yang dilengkapi juga dengan latihan soal dan rangkuman. Pasti makin paham deh!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts