Bahasa Indonesia Kelas 7 | Mengenal Ciri-ciri Fabel dan Legenda

fabel dan legenda - header

Artikel Bahasa Indonesia kelas 7 ini akan membahas tentang ciri-ciri fabel dan legenda. Fabel sendiri merupakan cerita fiksi dengan tokoh utamanya binatang yang berperilaku seperti manusia. Legenda merupakan cerita rakyat yang berhubungan dengan suatu peristiwa.

---

Alkisah, di dalam hutan ada sekumpulan harimau yang sedang berkumpul bersama sekumpulan kucing. Ya, harimau dan kucing memang masih memiliki kesamaan dalam beberapa hal, jadi mungkin saja jika di dalam hutan mereka sedang berkumpul dan berdiskusi layaknya manusia. Terdengar percakapan mereka seperti ini:

“Auuum...auuuummm...”, ucap si harimau.

Kucing pun menjawab, “Meong...meooonnggg....”

Oh, sepertinya harimau tidak terima atas pernyataan kucing, “Auuummm...aum....auumm..aumm”

Kucing pun dengan berat hati menerima keputusan tersebut sambil menggerutu dalam hatinya, “Meoong..meong..meong...meeongg”

Menurut kamu, cerita di atas termasuk ke dalam kategori apakah? Fabel atau legenda ya? Nah, sebelum kalian menebak jawabannya. Kita bahas satu per satu yuk apa sih fabel dan legenda itu.

Fabel merupakan cerita yang diperankan oleh binatang dengan watak dan perilakunya seperti manusia. Seperti apa sih contohnya? Ini contoh fabel yang bisa kalian baca ya.

Ya seperti paragraf pembuka di artikel ini. Ada sekumpulan harimau dan kucing yang sedang berdiskusi 'kan? Nah, coba kamu cermati. Kegiatan berdiskusi itu 'kan hanya bisa dilakukan manusia. Memangnya kamu pernah melihat ada perkumpulan para binatang yang sedang melakukan diskusi kelompok?

fabel dan legenda - tahukah kamu

Sepertinya mustahil ya binatang melakukan diskusi. Kalau manusia seperti kita ini bisa dong melakukannya? Apalagi di usiamu yang masih muda, bisa banget melakukan diskusi dalam proses belajar kalian. Diskusinya bareng dengan teman-teman di seluruh Indonesia malahan. Nggak percaya? Cobain aja gabung di Ruangguru digitalbootcamp deh.

Kita lanjut yuk…

Setelah tahu tentang fabel, kira-kira kamu tahu apa saja ciri-cirinya? Simak kata Rogu berikut.

ciri-ciri fabel

Ingat ya, tokoh utama dalam fabel itu binatang ya, Squad. Dalam fabel juga memiliki latar tempat yang pada umumnya menjadi tempat tinggal binatang seperti, hutan, kebun, laut, dan lain-lain. Oh iya Squad, fabel juga bukan hanya sebagai cerita hiburan, lho. Dalam fabel juga dimasukkan pesan/amanat bagi para pembacanya.

Oke, sekarang sudah paham 'kan tentang ciri-ciri fabel. Kita lanjut ke membahas legenda, yuk! Apakah di antara kalian ada yang tahu apa itu legenda? Hmmm, pasti beberapa dari Squad malah berpikir legenda itu seperti ini ya?

legenda dalam peta - ciri-ciri fabelEits, ini juga legenda, tapi dalam peta. (sumber: pakmono.com)

Kalau legenda yang kamu tahu seperti gambar di atas, sepertinya memang harus membaca terus deh artikel ini. Jadi, legenda itu merupakan cerita rakyat yang ada di masyarakat dan berhubungan tentang suatu peristiwa. Peristiwa tersebut bisa melahirkan suatu asal usul, suatu nama daerah, atau hal-hal yang berkaitan dengan alam sekitar.

fabel dan legenda - legenda indonesia

Nah, dari beberapa contoh legenda di Indonesia di atas, apakah ada yang kalian sudah ketahui ceritanya?

Perlu kalian tahu nih Squad, kalau fabel 'kan tokohnya itu binatang, kalau legenda ya tetap manusia. Eits, tapi ada ciri-ciri khusus dalam legenda lho yang nggak dimiliki teks cerita lain seperti cerpen dan novel. Kira-kira apa sih ciri-ciri khusus dari legenda itu? Simak kata Rogu berikut.

ciri-ciri legenda

Dalam legenda, ceritanya memiliki unsur sejarah, karena itu beberapa masyarakat menganggapnya benar-benar terjadi di masa lampau. Menariknya, tokoh dalam legenda itu memiliki kesaktian dan berhubungan dengan hal-hal gaib. Misalnya, mengutuk menjadi batu, memanggil para jin untuk membantu si tokoh, dan lain sebagainya.

Kita, sebagai anak Indonesia harus bangga nih, Squad. Kenapa? Baik cerita fabel ataupun legenda pasti memiliki amanat atau pesan yang bisa kita terapkan dalam kehidupan lho. Seru bukan? Bagikan cerita fabel atau legenda yang sudah kalian ketahui yuk di kolom komentar supaya teman-teman yang lain juga mengetahui.

 New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts