Mengenal Conjunction of Goals dalam Bahasa Inggris

Mengenal Conjunction of Goals dalam Bahasa Inggris

Squad, siapa di antara kalian yang sudah merencanakan tujuan selanjutnya setelah lulus SMP? Apakah kalian sudah menentukan ingin melanjutkan ke SMA? Atau justru ingin melanjutkan ke SMK? Apapun tujuannya, semoga bisa tercapai ya! Nah, tahukah kamu, jika kamu ingin menyampaikan atau menuliskan tujuanmu dalam bahasa Inggris, kamu perlu menambahkan beberapa kata hubung, lho. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, kita mengenal Conjunction of Goals dalam bahasa Inggris!  


Mengenal Conjunction of Goals dalam Bahasa Inggris

Berdasarkan contoh paragraf di atas, ternyata ada 3 kata hubung yang bisa digunakan untuk menjelaskan tujuan. Ketiga kata hubung tersebut adalah so that, in order to, dan for. Seperti apa ya, penggunaannya? Bagaimana ya, cara membuat kalimatnya? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini! 

So That

Kata hubung So that memiliki arti “sehingga/supaya”. Kata hubung ini bisa digunakan jika kalimat tersebut menyatakan suatu kegiatan yang bisa membuat atau mencegah kegiatan lain setelahnya. Pada umumnya, jika kamu ingin menggunakan kata hubung so that, kamu perlu menggunakan sebuah modal. Penggunaan kata hubung ini terbagi menjadi 2 bentuk. Kuy, kita bahas lebih lanjut!

Baca Juga: Bagaimana Mengungkapkan Harapan dan Keinginan dalam Bahasa Inggris

SO THAT + S + CAN/COULD + V1

Squad, jangan lupa ya, kata “Can” digunakan untuk menyatakan kemampuan yang dapat dilakukan sekarang (present). Sedangkan, kata “Could” dapat digunakan untuk menyatakan kemampuan yang dapat dilakukan hanya di masa lalu (past). Contoh kalimatnya adalah Riani works hard so that she can earn a living (Riani bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya) dan Ben built a pool in the garden so that his children could swim in hot weather (Ben membangun kolam renang di taman sehingga anak-anaknya bisa berenang ketika cuaca sedang panas). 

SO THAT + S + V1 / WILL+V1

Squad, ternyata kata hubung so that juga bisa digunakan dengan menggunakan V1 dan Will+V1, lho! masih ingat perbedaan kata kerja V1 dan Will+V1? Jangan lupa ya, kata kerja V1 dapat digunakan untuk menyatakan kebenaran mutlak atau kebiasaan (present). Sedangkan, kata kerja Will V1 dapat digunakan untuk menyatakan apa yang akan dilakukan di masa depan (future). Contoh kalimatnya adalah I always carry an umbrella so that I don’t get wet (saya selalu membawa payung sehingga saya tidak kebasahan) dan I’m going shopping this evening so that I won’t have to go tomorrow (Saya berbelanja sore ini sehingga besok saya tidak harus pergi berbelanja).

In Order To / In Order That

Kata hubung in order to memiliki makna “untuk”, sementara in order that memiliki makna “supaya/agar”. Frase ini biasanya digunakan untuk menjawab pertanyaan dengan kata tanya kenapa (Why). Penggunaanya terbagi menjadi dua bentuk yaitu in order to+V1 dan in order that+S+P. Yuk, kita simak lebih lanjut! 

IN ORDER TO + V1

Squad, jangan lupa ya, frasa “In order to” pasti dan akan selalu diikuti kata kerja (bentuk infinitive). Tahukah kamu, selain dapat diletakkan di tengah, frasa In order to+V1 dapat juga diletakkan di awal kalimat. Contoh kalimatnya adalah In order to pass the exam, we should study hard (Supaya lulus ujian, kita harus belajar dengan rajin). Tahukah kamu, kata hubung "in order …" ternyata sering dihilangkan dalam sebuah kalimat, lho. Oleh karena itu, kalimatnya bisa berubah menjadiTo pass the exam, we should study hardDalam contoh di atas, penghilangan kata hubung "in order..." tidak mengubah makna kalimat itu, lho

IN ORDER THAT + S + P

Frasa “In order that” selalu diikuti klausa (Subjek+Verb). Tetapi, kata “that” sering kali dihilangkan karena sudah mulai jarang digunakan dalam kalimat. Tidak seperti in order to, frasa ini tidak dapat diletakkan di awal kalimat. Contoh kalimatnya adalah Reni should study hard in order that she will be clever (Reni harus belajar dengan rajin supaya pintar). 

For

Squad, penggunaan kata penghubung For bisa diikuti dengan kata benda (noun) atau V-ing, nih! Kata penghubung For memiliki arti untuk atau demi. Selain itu, kata hubung For juga berfungsi sebagai pemberi informasi. Contoh kalimatnya antara lain Reni sends money  for her parents (Reni mengirimkan uang untuk orangtuanya) danThis mop is for cleaning the floor (Pel berfungsi untuk membersihkan lantai). 

Mengenal Conjunction of Goals dalam Bahasa Inggris

Bagaimana, Squad? Sekarang sudah lebih paham, kan? Yuk, terus belajar supaya menjadi semakin paham. Supaya belajarnya makin mantap, yuk, belajar dengan Ruangguru On-The-Go! Kamu bisa nonton video belajar bebas kuota, tinggal colok USB-nya aja! Yuk, beli sekarang! 

ruangguru on the go

Beri Komentar