Mengenal Contoh Kalimat Opini | Bahasa Indonesia Kelas 12

Bahasa Indonesia_12.jpg

RG Squad suka baca koran atau majalah? Nah, yang kamu baca tersebut adalah kumpulan dari berbagai artikel dengan topik yang juga bermacam-macam. Selain terdapat kalimat fakta, di dalam artikel juga terdapat kalimat opini, lho. Kalian tahu kalimat opini itu seperti apa dan apa saja ciri-cirinya? Kira-kira apa yang membedakannya dengan kalimat fakta? Baca penjelasannya di bawah ini!

Coba deh perhatikan contoh artikel berikut ini.

KOMPAS.com - Debu, sinar matahari yang terik, dan asap kendaraan bermotor merupakan "makanan sehari-hari" kaum urban di kota besar seperti Jakarta. Tak hanya memengaruhi saluran pernapasan, lingkungan berpolusi seperti juga berdampak pada kondisi kulit.

Menurut penjelasan dr.Eddy Karta, Sp.KK, paparan polusi termasuk dalam salah satu penyebab penuaan dini karena merupakan sumber radikal bebas. "Dahulu hanya sinar matahari dan asap rokok saja yang dianggap sebabkan penuaan dini, sekarang polusi juga," paparnya dalam acara peluncuran produk Optimals Even Out oleh Oriflame di Jakarta, Selasa (5/9).

Paparan polusi akan menyebabkan tanda-tanda penuaan lebih cepat muncul di bagian dahi dan pipi. "Terpapar polusi 5-10 menit bisa membuat partikel-partikel halus polutan masuk ke dalam kulit. Polutan dari kendaraan bermotor lebih kecil dari asap pabrik," ujarnya. Semuanya itu akan menyebabkan kulit lebih mudah bermasalah. "Kulit jadi meradang, iritasi, dan juga berjerawat," kata Eddy. Efek lain dari polusi udara adalah kulit mengalami pigmentasi atau muncul vlek hitam dan warna kulit tidak merata.

Untuk melindungi kulit, Eddy menyarankan agar minimal setiap hari kita menggunakan pelembab dan tabir surya. "Ini akan membentuk lapisan, jadi seperti kulit kedua," kata dokter dari Edmo Clinic Jakarta ini. Penggunaan produk perawatan kulit wajah juga seharusnya disesuaikan dengan kondisi kuilt. "Kulit kita dinamis, jadi kenali perubahan kulit dan pakai produk yang sesuai," ujarnya.

Dari artikel di atas dapat ditemukan beberapa contoh kalimat opini, seperti pada paragraf pertama kalimat 1 dan 2. Debu, sinar matahari yang terik, dan asap kendaraan bermotor merupakan "makanan sehari-hari" kaum urban di kota besar seperti Jakarta. dan Tak hanya memengaruhi saluran pernapasan, lingkungan berpolusi seperti juga berdampak pada kondisi kulit. Nah, kalian tahu kenapa kalimat tersebut termasuk kalimat opini?

Jadi, opini merupakan sebuah bentuk pendapat, pikiran dan pendirian. Maka dari itu, kalimat opini merupakan kalimat hasil pemikiran, dan juga pendapat seseorang baik itu secara individu maupun berkelompok yang sifatnya subjektif. Kalimat opini biasanya berisi pendapat penulis mengenai suatu isu, serta masalah yang dibahas dalam artikel. Dengan adanya kalimat opini ini sebuah artikel dapat menjadi lebih menarik dan tidak terlihat kaku lho.

Agar lebih jelas lagi,  perhatikan ciri-ciri kalimat opini di bawah ini.

fakta contoh kalimat opini

Itulah pengertian dan ciri-ciri kalimat opini, RG Squad! Bagaimana, sudah paham kan? Pasti bisa dong membedakannya dengan kalimat fakta? Pokoknya, sebuah kalimat dalam artikel yang intinya hanya sebuah pendapat atau pandangan, kalimat itu bisa dikatakan sebagai kalimat opini.

Mau coba belajar menulis artikel yang baik dan benar? Yuk, belajar langsung sama tutor yang berpengalaman hanya di ruangbelajar!

New Call-to-action

Beri Komentar