Blog Ruangguru

    Mengenal Contoh Teks Anekdot

    By Tedy Heryansyah · Dec 5, 2017

    Bahasa Indonesia_10.jpg

    RG Squad, kalian suka secara tiba-tiba mendapat pesan berantai lucu dari grup messenger teman atau keluarga nggak? Tahu nggak kalian bahwa itulah yang disebut anekdot. Nah, anekdot itu merupakan cerita yang terdiri dari rangkaian kalimat-kalimat lucu. Namun, tidak semua cerita lucu dapat ke dalam kategori anekdot, lho. Supaya lebih jelas, yuk simak contoh teks anekdot dalam artikel berikut ini. 

    Berdasarkan kbbi.kemendikbud.go.id, anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Pada dasarnya, anekdot adalah cerita lucu yang didasari oleh kejadian nyata. Biasanya, anekdot tidak memberikan detail cerita sehingga dampak dari cerita yang ditampilkan pun berjangka pendek. Anekdot bersifat lucu, menghibur, dan biasanya terjadi di kehidupan sehari-hari. Selain itu, anekdot juga membicarakan topik secara spesifik dan disertai oleh pengalaman pribadi. Misalnya, anekdot mengenai kurikulum sekolah yang terus berganti-ganti. Perhatikan contoh di bawah ini.

     

    Amrar : “Mir, ternyata banyak politisi di negeri kita yang sudah kaya raya!”

    Amir : “Kalau masalah itu aku juga sudah tau, Mar!”

    Amar : “Sangking kayanya mereka, sampai mampu mempunyai baju termahal di Indonesia.”

    Amir : “Loh, maksudmu baju termahal itu apa?”

    Ama : “Yah, apalagi kalau bukan baju tahanan KPK.”

    Amir : “Kok malah baju tahanan KPK ?” (Bingung)

    Amar : “Iyalah, coba saja kamu pikir, seorang politisi minimal harus mencuri uang negara 1 milyar terlebih dahulu baru bisa memakai baju tersebut.”

    Amir : “Ooohh, maksud kamu gitu toh, baru ngerti aku.”

    (Contoh diambil dari sahabatnesia.com/contoh-teks-anekdot-singkat-dan-lucu/)

     

    Pada contoh di atas, secara jelas percakapan itu membicarakan topik yang spesifik, yaitu KPK, sebuah lembaga pemberantas korupsi di Indonesia. Anekdot tersebut juga tidak memberikan detail sehingga akibat dari percakapan tersebut hanya berjangka pendek.

    contoh teks anekdot

    Jangan terkecoh dengan cerita humor yang banyak pula beredar luas di pasaran. cerita humor yang berbentuk novel atau komik (cerita bergambar), biasanya berisi detail sehingga dampak dari cerita tersebut berjangka panjang. Selain itu, biasanya cerita tersebut dibuat agar para pembaca merasa termotivasi atau dengan kata lain, si pencerita sengaja membagi pengalamannya kepada orang lain. Dalam cerita humor, tidak semua unsurnya berdasarkan pengalaman pribadi atau fakta. Mudahnya, cerita bisa dibuat-buat atau hanya bualan saja.

    Untuk sekarang ini, anekdot tidak hanya dilakukan melalui lisan tetapi juga tulisan. Contohnya seperti yang sudah dikatakan di awal paragraf, melalui broadcast messages mengenai suatu kejadian lucu. Pesan ini bisa berupa dialog ataupun narasi. Pesan ini pun biasanya membicarakan topik yang terkini sehingga terdapat konteks yang berkaitan antara kejadian yang sedang berlangsung dan anekdot yang diceritakan.

    contoh teks anekdot 

    Selain itu, anekdot dapat pula berupa meme atau komik strip pendek yang sekarang banyak diunggah di media sosial, terutama Instagram, kalian pastinya familiar dong. Dengan perkembangan informasi dan berita yang sangat cepat, para pengguna ini kemudian membuat anekdot-anekdot dari kejadian yang masih hangat. Tidak jarang juga anekdot digunakan untuk “senjata” promosi atau bahkan menyindir kejadian-kejadian yang sedang hangat. Seperti definisi yang diberikan di KBBI daring, anekdot biasanya juga mengenai orang penting atau orang terkenal. Oleh sebab itu, tidak jarang pula anekdot dijadikan bahan lelucon yang merujuk ke satu orang yang spesifik.

    Jadi begitu RG Squad, mudah kan menulis teks anekdot? Untuk sekarang ini, teks-teks anekdot lebih sering digunakan untuk mengkritik dengan nada menyindir. Tentunya mengkritik kondisi sosial, politik, dan budaya yang belakangan hangat terjadi.

    Kamu mau belajar membuat teks anekdot? Yuk, belajar bareng ditemani kakak tutor yang sudah berpengalaman hanya di ruangguru digitalbootcamp.

    New Call-to-action

    Share this:

    Tags: konsep pelajaran, SMA, bahasa indonesia, bahasa indonesia x

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru