Mengenal Dampak Ledakan Penduduk | Geografi Kelas 11

Dampak Ledakan Penduduk

Squad, apakah kamu tinggal di daerah yang jumlah penduduknya banyak dan angka pertumbuhannya tinggi? Jika iya, jangan-jangan daerah tempatmu tinggal mengalami ledakan penduduk. Memangnya ledakan penduduk itu seperti apa, sih? Kuy, kita belajar lebih lanjut tentang dampak ledakan penduduk!

Pengertian Ledakan Penduduk

Ledakan penduduk adalah pertumbuhan penduduk yang melonjak cepat dalam jangka waktu yang relatif pendek. Ledakan penduduk biasanya terjadi karena angka kelahiran sangat tinggi, sedangkan angka kematian mengalami penurunan yang drastis. Penurunan angka kematian yang drastis ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain karena membaiknya kondisi kesehatan dan perbaikan gizi masyarakat.

Pertumbuhan penduduk yang tinggi umumnya terjadi di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Pertumbuhan penduduk yang tinggi jika tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas ekonomi maka akan menurunkan kesejahteraan penduduk suatu negara. Dampak ledakan penduduk antara lain semakin tingginya angka pengangguran, kriminalitas, dan memburuknya kondisi sosial lainnya.

dampak ledakan penduduk

Faktor-Faktor Penyebab Ledakan Penduduk

Squad, berikut ini merupakan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya ledakan penduduk:

1. Tingkat kematian yang menurun.

2. Tingkat kelahiran yang tinggi.

3. Adanya pernikahan dini. Pernikahan dini, yang juga dikenal dengan istilah pernikahan muda, dpaat menyebabkan ledakan penduduk karena nantinya akan turut meningkatkan jumlah kelahiran, terutama jika program keluarga berencana belum berjalan maksimal.  

Dampak Negatif Ledakan Penduduk

Squad, ledakan penduduk - khususnya yang tidak terkendali - tentu memiliki dampak negatif, ya. Nah, berikut ini merupakan dampak negatif yang timbul dari ledakan penduduk: 

1. Tingkat kemiskinan semakin meningkat karena pertumbuhan penduduk yang cepat tidak diimbangi oleh pertumbuhan ekonomi. 

2. Kekurangan pangan, sebagai akibat dari pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang dengan jumlah lahan untuk memproduksi pangan. 

3. Timbulnya permukiman atau daerah kumuh di perkotaan sebagai akibat mahalnya harga tanah dan rumah.

4. Pemerintah mengalami kesulitan menyediakan sarana kebutuhan masyarakat seperti sarana pendidikan, sarana kesehatan, dan perumahan karena lokasi yang sudah padat oleh pemukiman penduduk dan jumlah dana yang besar. 

5. Meningkatnya kebutuhan ruang dan lingkungan hidup.

6. Tidak seimbangnya kebutuhan akan lapangan pekerjaan dengan pertumbuhan penduduk yang jika dibiarkan lebih lanjut akan menyebabkan masalah sosial lainnya, seperti kemiskinan dan konflik antar penduduk. 

Cara Mengatasi Ledakan Penduduk

Squad, permasalahan ledakan penduduk ini tentu harus segera kita atasi supaya kelak tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Nah, apa saja ya, hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi ledakan penduduk? 

cara mengatasi ledakan penduduk

Squad, sekarang sudah lebih paham mengenai ledakan penduduk, kan? Semoga ledakan penduduk di negara-negara berkembang bisa diatasi dengan maksimal agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, ya! 

Kamu ingin belajar lebih lanjut dengan tutor standby? Psst, kamu tidak hanya bisa belajar tentang satu materi saja, lho! Yuk, langsung daftar Ruangguru Ruangbelajarplus! Selamat belajar.

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar