Mengenal Dampak Perubahan Sosial Terhadap Masyarakat | Sosiologi Kelas 12

Mengenal Dampak Perubahan Sosial terhadap Masyarakat

Squad, bagaimana kabar kalian? Bagaimana kondisi lingkungan di sekitar tempat tinggal kalian? Semoga selalu aman, ya! Kalian sudah pernah dengar belum sih, kalau dalam sebuah kehidupan sosial di lingkungan sosial, tentu ada yang disebut dengan perubahan sosial. Wah, ternyata nggak cuma power rangers aja ya yang bisa berubah? Hahahaha ya tentu tidak dong. Kamu tau nggak, sih, perubahan itu juga memiliki dampak positif dan negatif terhadap masyarakat. Apa saja, ya? Kuy mengenal dampak perubahan sosial terhadap masyarakat!

 

Mengenal Dampak Perubahan Sosial terhadap Masyarakat

Ini dia jagoan favorit kita semua yang bisa berubah! (Sumber: businesswire.com)

 

Dampak Positif

Ada beberapa dampak positif perubahan sosial yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Dampak positif yang pertama adalah munculnya nilai dan norma baru yang lebih sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Contohnya adalah munculnya UU No. 21 Tahun 2007 yang membahas tentang perdagangan manusia. Perdagangan manusia sendiri mulai marak akhir-akhir ini, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara lain.

Dampak positif yang kedua adalah berkembangnya lembaga-lembaga sosial baru, yang merupakan penerapan dari diferensiasi struktural. Lembaga-lembaga sosial ini memungkinkan anggota masyarakat untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan yang semakin kompleks. Salah satu contohnya adalah pengalihan fungsi pendidikan usia dini. Fungsi pendidikan usia dini pada awalnya merupakan tanggung jawab masing-masing keluarga, tetapi seiring dengan perkembangannya, mulai muncul institusi pendidikan yang berfokus pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 

Dampak positif yang ketiga adalah pesatnya perkembangan teknologi. Teknologi merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan sehari-hari saat ini. Melalui teknologi, masyarakat tidak hanya bisa mengakses informasi, tetapi juga bisa saling memberikan informasi.

Dampak Positif Perubahan Sosial di Masyarakat

Teknologi berperan penting dalam kehidupan sehari-hari (Sumber: Pexels.com)

 

Dampak Negatif

Dampak negatif yang pertama disebut dengan disorganisasi sosial. Konsep disorganisasi sosial merupakan proses melemahnya nilai dan norma dalam suatu masyarakat akibat terjadinya perubahan. Sebagai contohnya, di era sosial media saat ini, masyarakat cenderung beralih kepada sikap individualistis (mementingkan diri sendiri) dan kurang memperhatikan lingkungan sosial sekitar. Kamu jangan sampai seperti itu, ya! 

Dampak negatif yang kedua adalah Cultural Shock atau guncangan budaya. Yang dimaksud dengan cultural shock adalah kondisi ketika masyarakat mengalami kaget karena belum siap menerima perubahan. Perubahan yang dimaksud di sini adalah perubahan yang disebabkan akibat adanya unsur-unsur kebudayaan asing yang berbeda dengan kebudayaan sendiri. Dampak terburuk dari cultural shock adalah ketertinggalan kondisi dan bisa menyebabkan terjadinya masalah sosial. 

Dampak negatif yang ketiga adalah Cultural Lag. Cultural Lag atau kesenjangan budaya merupakan ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan akibat terjadinya perubahan serta pergeseran kebudayaan. Cultural lag juga dapat terjadi jika terjadinya perbedaan taraf kemajuan antara berbagai daerah dalam suatu kebudayaan.

Contoh cultural lag antara lain keberadaan bus khusus yang sebenarnya ditujukan untuk mengurai masalah kemacetan di ibukota, namun justru menambah kemacetan. Hal ini disebabkan karena banyak kendaraan bermotor yang menerobos masuk jalur khusus bus tersebut. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pembaharuan transportasi publik di ibukota tidak diimbangi dengan kesadaran bertransportasi dan disiplin berlalu lintas. Semoga kamu tidak mengalami cultural lag, ya! 

Wah, ternyata cukup banyak ya dampak perubahan sosial terhadap masyarakat. Semoga kita bisa memperoleh yang baik-baik dan tidak ikut terseret dampak negatifnya, ya! Kamu ingin belajar lebih lanjut mengenai dampak perubahan sosial? Yuk, belajar dengan guru privat terbaik lewat ruangguru privat! Kamu bisa pesan guru les sesuai dengan kriteriamu, lho! Kuy, pesan guru sekarang dan siap-siap jadi juara!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

Dwi, Vina. 2009. Sosiologi untuk SMA/MA kelas XII. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumber Gambar:

Gambar ‘Dampak Perubahan Sosial’ [Daring]. Tautan: https://www.pexels.com/photo/a-happy-family-sitting-on-the-couch-while-playing-with-their-dog-5998697/ (Diakses: 17 Maret 2024)

Artikel ini terakhir diperbarui pada tanggal 24 November 2020.

Embun Bening Diniari