Mengenal Expression for Greeting Card

Mengenal Expression for Greeting Card

Halo Squad, siapa di antara kalian yang suka berkirim kartu ucapan? Dulu kartu ucapan sering dikirim lewat pos dan biasanya ramai dikirim di hari raya. Kalau sekarang, banyak juga, lho kartu ucapan dalam bentuk digital. Dalam bahasa Inggris, kartu ucapan disebut dengan greeting card. Fungsi dari greeting card adalah untuk menyampaikan ucapan, baik ucapan selamat, ucapan duka, maupun doa dalam bentuk tulisan. Jenis greeting card yang cukup populer antara lain birthday card dan congratulation card. Hmm... kamu sudah pernah membuat greeting card dalam bahasa Inggris? Sekarang kita coba mengenal Expression for Greeting Card, yuk! 

Baca Juga: Contoh Ungkapan Permintaan Tolong dalam Bahasa Inggris

Mengenal Expression for Greeting Card

Contoh Greeting Card (Sumber: universal.edu.vn)

Squad, ada beberapa momen tertentu yang memiliki ungkapan khusus pada kartu ucapannya. Momen-momen tersebut antara lain momen tahun baru (new year), Idul Fitri (Eid Mubarok), Natal (Christmas), Imlek (Chinese New Year), dan hari ibu (mother's day). Apa saja ya, ungkapan yang lazim digunakan pada kartu ucapan hari raya tersebut? Kuy, kita simak bersama-sama!

May

Secara harafiah, may mempunyai arti “boleh, mungkin”. Meskipun demikian, dalam konteks kartu ucapan, kata ini memeiliki arti "semoga". Kata may selalu diletakkan di awal kalimat, sebelum harapan yang diungkapkan. Contohnya antara lain May this year bring you a lot of happiness and luck (semoga tahun ini memberikanmu banyak kebahagiaan dan keberuntungan).

Wish

Fungsi kata wish dalam kartu ucapan sama dengan kata may, yaitu untuk menyatakan sebuah pengharapan. Selain itu, kata wish sebagai kata benda (noun) memiliki arti "harapan". Contohnya adalah Wish you all a very happy and fun filled New Year (semoga tahun barumu menyenangkan). 

Joy

Joy mempunyai arti “kegembiraan, keriangan” yang berbentuk kata benda (noun). Bisa ditemukan di setiap kartu ucapan seperti kartu ucapan Natal. Contohnya antara lain Wish you lots of love, joy, happiness. Merry x-mas (Semoga kamu dilimpahi banyak cinta, kegembiraan, dan kebahagiaan. Selamat Natal). 

Peaceful and Blessed

Peaceful mempunyai arti “tenang, damai” dan berbentuk kata sifat (adjective). Kata benda dari peaceful adalah peace, yang memiliki arti perdamaian. Sementara itu, blessed mempunyai arti “diberkahi” sebagai kata sifat, dengan bless sebagai kata bendanya yang memiliki arti berkat. Contohnya adalah Wishing you a peaceful and blessed Chinese New Year (Semoga tahun baru imlekmu dilimpahi kedamaian dan keberkatan). 

Treasure

Treasure mempunyai arti “harta (karun/benda)” yang berbentuk kata benda (noun). Contohnya adalah May the good times and treasures of present become the golden memories of tomorrow. Happy New Year! (semoga waktu yang menyenangkan dan hadiah-hadiah menjadi kenangan manis di esok hari. Selamat Tahun Baru!)

Forgiveness

Forgiveness mempunyai arti pengampunan yang biasa berbentuk kata benda (noun). Akan tetapi, sebagai kata kerja, forgive mempunyai arti memaafkan. Ungkapan ini paling sering ditemukan di kartu ucapan Idul Fitri. Contohnya adalah When a mistaken turn forgiveness.

Apologize

Apologize mempunyai arti “meminta maaf” yang biasa berbentuk kata kerja (verb). Sama seperti forgiveness, ungkapan ini juga sering ditemukan dalam kartu ucapan Idul Fitri. Contohnya adalah I would to apologize for all that I’ve done. 

Gratitude

Gratitude mempunyai arti terima kasih yang berbentuk noun (kata benda). Biasanya kita dapat menemukan kata ini dalam kartu ucapan Hari Ibu. Contohnya adalah I hope you feel every day how grateful I am for you and for all you do. 

Mistake

Mistake mempunyai arti kesalahan, yang berbentuk kata benda (noun). Biasanya kita dapat menemukan kata ini dalam kartu ucapan Tahun Baru Masehi atau Idul Fitri. Contohnya antara lain learn from the mistakes to be a better person. 

Prosperity

Prosperity mempunyai arti kemakmuran sebagai kata benda (noun) dan prosperous yang berarti makmur sebagai kata sifat (adjective). Contohnya antara lain Hope you always get happiness, prosperity, and full of luck in this Goat year.

Gimana, Squad? Sangat menyenangkan ya belajar ungkapan pada kartu ucapan. Psst kamu bisa lho, membuat kartu ucapan sendiri dan menuliskan contoh ungkapan di atas. Asal sesuai konteksnya, ya. Jadi jangan sampai salah konteks. Supaya lebih oke lagi, yuk belajar dengan guru privat terbaikmu di ruangles. Kamu bisa pesan sendiri guru privat sesuai dengan kriteria yang kamu cari. Guru privatnya berpengalaman dan cara ngajarnya asik banget, lho! Yuk, belajar privat sekarang di ruangles.

ruangles

Beri Komentar