Mengenal Hukum Hardy-Weinberg

Created by : Embun Bening Diniari
on May 16, 2018 11:46:55 AM

Mengenal Hukum Hardy Weinberg

Squad, sudah pernah mendengar tentang Hukum Hardy-Weinberg? Hukum Hardy-Weinberg merupakan salah satu hukum yang berperan penting dalam mekanisme evolusi. Sekarang kita mulai mengenal Hukum Hardy-Weinberg lebih lanjut, yuk!

Hukum Hardy-Weinberg ditemukan oleh W. Weinberg, seorang fisikawan, dan G.H. Hardy, seorang matematikawan, pada tahun 1908. Kedua ahli tersebut berasal dari Inggris. Apa sih sebenarnya isi dari Hukum Hardy-Weinberg? 

Mengenal Hukum Hardy Weinberg

Wah, alel dan gen itu apa, sih? Alel adalah gen yang memiliki posisi pada kromosom yang sama, tetapi memiliki sifat bervariasi yang disebabkan mutasi pada gen aslinya. Sedangkan seperti yang sudah kita semua ketahui, gen adalah unit yang mewariskan sifat kepada setiap individu. Jangan sampai lupa, ya!

Syarat Berlakunya Hukum Hardy-Weinberg

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan Hukum Hardy-Weinberg bisa berlaku. Apa saja, ya? Salah satu kondisi yang mensyaratkan berlakunya hukum ini adalah jumlah populasi yang besar. Populasi yang besar tersebut memungkinkan terjadinya perkawinan acak dan tingkat fertilitasi dan viabilitas yang sama tingginya. Selain itu, kondisi lain yang memungkinkan untuk terjadinya Hukum Hardy-Weinberg adalah tidak adanya mutasi, seleksi alam, dan migrasi. Oh iya, jika Hukum Hardy-Weinberg terjadi, maka evolusi tidak akan terjadi. Sebaliknya, evolusi terjadi jika Hukum Hardy-Weinberg tidak berlaku. Diingat ya, Squad!

Rumus Hukum Hardy-Weinberg

Setelah mengetahui penjelasannya, kalian penasaran nggak sih, bagaimana cara menghitungnya? Buat kamu-kamu yang penasaran, yuk simak rumusnya di bawah ini! 

Mengenal Hukum Hardy Weinberg

Nah, sekarang kamu sudah lebih paham, kan?  Ternyata mekanisme evolusi bisa dihitung dengan menggunakan Hukum Hardy-Weinberg ini, ya. Kamu ingin mempelajari hal ini lebih lanjut? Kuy belajar bersama Ruangguru On-The-Go! Kamu bisa nonton video belajar tanpa kuota, lho. Tinggal colok USB-nya ke handphonemu, lalu ta-da! Siap belajar dan jadi juara, deh! Yuk, dapatkan USB Ruangguru On-The-Go! sekarang! 

New Call-to-action

Tags: konsep pelajaran kelas xii SMA Biologi XII

Beri Komentar