Mengenal Jenis-Jenis Adverb dalam Bahasa Inggris

Mengenal Jenis-Jenis Adverb dalam Bahasa Inggris

Squad, sudah pernah membaca teks deskriptif atau Descriptive Text dalam Bahasa Inggris, kan? Sudah pernah menemukan adverb, belum? Adverb sangat erta kaitannya dengan Descriptive Text. Kamu belum tahu? Atau lupa-lupa ingat? Kuy, sekarang kita mengenal jenis-jenis adverb dalam Bahasa Inggris! 

Jadi, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan adverb? Adverb adalah kata yang berfungsi untuk mendeskripsikan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), atau bahkan adverb lain. Kata keterangan bahasa Inggris ini merupakan salah satu dari part of speech. Adverb ini banyak sekali jenisnya, lho! Jenis-jenisnya antara lain adverb of time, adverb of degree, adverb of frequency, adverb of place and direction, adverbial of purpose, dan adverbial of manner. Nggak usah bingung, Squad. Kita akan bahas satu persatu, ya!

Adverb of Time merupakan adverb yang digunakan jika kamu ingin menyatakan waktu terjadinya suatu kegiatan atau peristiwa. Salah satu contohnya adalah kata now. Kira-kira, contoh kalimatnya seperti apa, ya? Contoh kalimatnya adalah Please call me later, I am studying now (telpon saya nanti saja, saya sedang belajar). Selain adverb of time, ada juga yang namanya adverb of degree. Adverb of degree bisa kamu gunakan untuk menyatakan seberapa jauh suatu kegiatan atau peristiwa. "Jauh" yang dimaksud dalam konteks ini didasarkan pada tingkat atau derajat, ya.  Penasaran dengan contoh kalimatnya? Contoh kalimatnya antara lain He is a very fast swimmer (dia adalah perenang yang sangat cepat).

Mengenal Jenis-Jenis Adverb dalam Bahasa Inggris

Siapa yang suka berenang? (Sumber: Shutter Stock)

Ada juga yang disebut dengan adverb of frequency. Wah, itu semacam frekuensi radio gitu? Bukan dong! Adverb of frequency adalah jenis adverb yang digunakan untuk menyatakan seberapa sering suatu kegiatan atau peristiwa terjadi atau dilakukan oleh pelaku. Contoh kalimatnya antara lain we often come late (kami sering datang terlambat). Kamu sering datang terlambat juga, nggak? Hahaha. 

Kamu jarang terlambat, tapi sering tersasar? Nah, ada juga lho jenis adverb yang digunakan untuk menyatakan tempat dan arah untuk ke tempat terjadinya kegiatan atau peristiwa tertentu. Namanya adverb of Place and Direction. Contoh kalimatnya antara lain we are watching movie there (kami menonton film di sana).  Ada yang suka menonton film di sini?

Baca Juga: Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

Jenis adverb selanjutnya adalah Adverbial of Purpose. Adverbial of Purpose digunakan untuk menjelaskan tujuan dan menjawab pertanyaan yang menggunakan kata why. Contoh kalimatnya adalah He comes to fix my broken chair (dia datang untuk memperbaiki kursi saya yang rusak). Hayo tebak, kira-kira pertanyaannya seperti apa? Yap! Why does he come here? Wah, kamu kayaknya mulai paham, nih. Jenis adverb yang terakhir adalah Adverbial of Manner yang bertujuan untuk memberikan keterangan terhadap suatu kata kerja atau kata sifat. Contoh kalimatnya adalah The turtle walks slowly so the rabbit feels really angry (kura-kura berjalan sangat lambat sehingga kelinci merasa sangat marah).  

Mengenal Jenis-Jenis Adverb dalam Bahasa InggrisSiapa yang punya kura-kura seperti ini? (Sumber: Shutter Stock)

Tidak susah kan, Squad? Kamu harus sering-sering berlatih supaya makin paham, ya! Kalau kamu ingin memperbanyak latihan soal, yuk berlatih dengan soal-soal dari ruanguji! Soalnya banyak banget dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, lho. Kamu pasti tertantang banget buat menyelesaikan soal-soalnya. Download sekarang, yuk! 

New call-to-action

Beri Komentar