Ekonomi Kelas 9 | Mengenal Jenis-Jenis Pasar Bebas di Dunia

Mengenal Jenis-Jenis Pasar Bebas di Dunia

Squad, siapa di antara kalian yang suka pergi ke pasar? Biasanya, kalau kalian pergi ke pasar, kalian beli apa saja, sih? Biasanya sih, sembako adalah barang yang paling sering dicari di pasar, ya. Psst... ternyata ada yang namanya pasar bebas, lho! Wah, pasar kayak apa tuh? Ada banyak ya? Nah, supaya nggak penasaran, yuk mengenal jenis-jenis pasar bebas di dunia! 

Pasar bebas, atau yang biasa dikenal dengan perdagangan bebas merupakan kondisi ketika negara-negara mengurangi tarif atau bahkan menghilangkan tarif barang yang masuk dari atau ke luar negeri. Tujuan pasar bebas adalah untuk  meningkatkan kegiatan perdagangan. Pasar bebas ditandai dengan kesepakatan dari negara-negara yang ikut serta dalam perjanjian pasar bebas tersebut. Sekarang, yuk kenalan dengan macam-macamnya! 

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Mengenal Jenis-Jenis Pasar Bebas di Dunia

Masyarakat Ekonomi ASEAN (Sumber: medium.com)

MEA merupakan pasar bebas di kawasan asia tenggara. Sesuai dengan namanya, negara-negara yang tergabung di MEA adalah negara-negara ASEAN. Dalam MEA, seluruh negara anggota diperbolehkan menjual barang dan jasa ke seluruh anggota tanpa tarif. Selain barang-barang, jasa juga termasuk dalam kategori yang "dijual" di MEA. Oleh karena itu muncul tenaga kerja profesional dari luar negeri, misalnya dokter, akuntan, pengacara bahkan guru. Selain itu, MEA memungkinkan negara-negaranya untuk membentuk pasar tunggal sehingga kompetisi meningkat diantara anggota.

MEA dibentuk pada tahun 2015. Untuk Indonesia, MEA adalah peluang dan tantangan. MEA dianggap sebagai peluang karena dengan adanya MEA, kesempatan bagi produsen dalam negeri untuk memperluas jangkauan pasar semakin besar. Di sisi lain, MEA juga merupakan tantangan karena barang-barang Indonesia masih banyak yang belum mampu bersaing di luar negeri. MEA akan berhasil jika pemerintah, produsen dan konsumen dalam negeri bekerja sama membangun produk-produk dalam negeri terutama usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

ASEAN Free Trade Area (AFTA)

AFTA adalah kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk kawasan perdagangan bebas guna meningkatkan daya saing ekonomi di kawasan regional ASEAN. Dengan adanya AFTA, ASEAN berharap dapat menjadi basis produksi dunia dengan menciptakan pasar regional untuk 500 juta penduduk ASEAN. AFTA dibentuk pada tahun 1992 di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke IV di Singapura . Apa aja sih, tujuan dibentuknya AFTA? Kuy, kita simak! 

Mengenal Jenis-Jenis Pasar Bebas di Dunia-1

Asia Pasific Economic Cooperation (APEC)

Mengenal Jenis-Jenis Pasar Bebas di Dunia

Perwakilan negara anggota APEC dalam 2012 Leader's Declaration (Sumber: apec.org)

APEC adalah sebuah organisasi internasional yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan serta kerjasama di antara negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Saat ini APEC memiliki 21 anggota dari negara-negara yang terletak di Asia dan Pasifik dan berkantor pusat di Singapura. APEC memiliki beberapa manfaat untuk Indonesia, antara lain untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara anggota APEC dan sarana peningkatan investasi.

Uni Eropa

Mengenal Jenis-Jenis Pasar Bebas di Dunia

Bendera Uni Eropa (Sumber: weasaltv.id)

Uni Eropa adalah organisasi antar pemerintahan dengan anggota 28 negara Eropa. Uni Eropa bukan sebuah negara federal atau organisasi internasional dalam pengertian tradisional, tetapi sebuah badan otonom di antara keduanya. Hal ini berarti masing-masing negara tetap berdaulat, tetapi mereka menggabungkan kedaulatan untuk mendapatkan kekuatan yang lebih besar.

Manfaat terbesar yang didapat anggota dengan dibentuknya Uni Eropa adalah menghilangkan hambatan keluar masuk barang dari negara anggota sehingga meningkatkan perekonomian diantara anggotanya. 

Mengenal Jenis-Jenis Pasar Bebas di Dunia 2

Wah, ternyata pasar bebas berbeda dengan pasar tempat kita membeli barang kebutuhan sehari-hari, ya! Menarik banget kan? Yuk, terus belajar supaya lebih paham! Kamu pasti akan lebih paham kalau belajarnya pakai Ruangguru On-The-Go! Tinggal colok USB-nya, lalu kamu bisa nonton video belajar di manapun dan kapanpun, hanya lewat HP-mu, lho! Yuk, dapatkan Ruangguru On-The-Go! sekarang! 

ruangguru on the go

Beri Komentar