Mengenal Jurusan Teknologi Pangan: Mata Kuliah, Daftar Universitas, dan Prospek Kerja

Jurusan Teknologi Pangan

Yuk, kenalan dengan jurusan Teknologi Pangan, mulai dari mata kuliah, daftar universitas, dan prospek kerjanya!

Jika mendengar jurusan Teknologi Pangan, apa sih yang ada di benak kamu? Tentu, soal makanan. Tapi, apa sih sebenarnya jurusan Teknologi Pangan itu? Melalui artikel ini, kita akan bersama-sama menguliti jurusan Teknologi Pangan, mulai dari mata kuliah, daftar universitas dengan jurusan ini, hingga prospek kerjanya. Yuk, simak selengkapnya!

For your information, jurusan Teknologi Pangan makin hari makin banyak peminatnya, lho! Bahkan, jurusan ini juga populer di luar negeri. Di luar negeri, jurusan Teknologi Pangan lebih dikenal dengan sebutan Food Technology atau Food-Tech. Bidang ilmu ini mulai dikenal ketika Louis Pasteur menemukan cara pengolahan susu yang kini disebut dengan pasteurisasi. 

Dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang, jurusan Teknologi Pangan akan semakin populer. Jurusan ini diprediksikan akan terus berkembang dengan banyak produk yang dihasilkan. Tahukah kamu apa saja produk hasil teknologi pangan ini? Yup, teh celup, susu kental manis, mie instan, hingga kopi kemasan. Bahkan, frozen food juga termasuk hasil teknologi pangan, lho

 

Sebenarnya, Apa itu Jurusan Teknologi Pangan?

Dilansir dari berbagai sumber, jurusan Teknologi Pangan adalah ilmu yang mempelajari segala proses pengolahan bahan pangan agar menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Proses ini meliputi sortasi, pengawetan, pengemasan, hingga distribusi. Melalui jurusan ini juga, kamu akan diajarkan untuk memproduksi makanan dengan menjaga dan memastikan hasilnya aman dan tetap bergizi untuk dikonsumsi.

Lebih lanjut, jurusan Teknologi Pangan juga menekankan para mahasiswa untuk mempelajari sifat fisis, mikrobiologis, dan kimia dari bahan pangan dan proses pengolahannya. Tak hanya itu, kamu juga akan diajarkan pengetahuan mengenai alat dan mesin produksi yang akan digunakan. Fokus utama dari ilmu teknologi pangan terdapat pada panganan dalam kemasan. Meski demikian, kamu juga akan mempelajari proses panganan lainnya.

Industri pangan pasti terus berkembang, apalagi dengan kecanggihan teknologi di masa kini. Dengan ilmu yang didapat semasa kuliah di jurusan Teknologi Pangan, kamu dapat berkontribusi untuk menciptakan makanan yang sehat, bergizi, dan aman dikonsumsi. Bagi kamu yang punya passion di bidang makanan, kesehatan, dan sains, tentu jurusan Teknologi Pangan akan sangat cocok!

Baca Juga: Jurusan Ilmu Gizi: Bener Nih Masak Masak Doang?

jurusan teknologi pangan

Di jurusan teknologi pangan, kamu akan belajar tentang proses produksi makanan, hingga siap disajikan (Sumber: drinkpreneur.com)

 

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Pangan

Kuliah di jurusan Teknologi Pangan tidak akan membosankan, lho! Hal ini karena akan banyak praktikum memasak yang dijamin bikin kuliah makin seru. Nggak hanya itu, kamu juga akan diajak fieldtrip ke berbagai pabrik makanan besar untuk belajar lebih jauh perihal pengolahan makanan. Pada akhirnya, semua ini agar para mahasiswa bisa belajar pengolahan makanan dengan baik, mencakup sortasi, pengawetan, pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, hingga distribusi produk makanan.

Jurusan Teknologi Pangan memiliki berbagai mata kuliah yang akan dipelajari. Ilmu-ilmu dasar seperti matematika, fisika, kimia, akan tetap kamu dapatkan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan mata kuliah Pengantar Ilmu Teknologi Pangan agar nantinya kamu lihai dalam penerapan teori ke praktik pengolahan pangan.

Pada semester selanjutnya, kamu akan memperoleh mata kuliah yang lebih khusus, termasuk kimia pangan, mikrobiologi pangan, hingga cara-cara membuat produk fermentasi yang baik dan benar. Mata kuliah lain yang akan diajarkan adalah keamanan pangan, teknologi pengolahan pangan, analisis pangan, hingga kewirausahaan pangan. Pada mata kuliah kewirausahaan pangan, kamu akan belajar implementasi produk pangan yang kreatif dan inovatif, serta cara pemasaran dengan prinsip-prinsip marketing.

Mata kuliah jurusan Teknologi Pangan

 

Daftar Universitas dengan Jurusan Teknologi Pangan

Di berbagai perguruan tinggi, jurusan Teknologi Pangan masuk ke Fakultas Teknologi Pertanian. Setelah lulus, kamu pun berhak menyandang gelar Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP.).  Berikut ini daftar PTN yang bisa kamu pilih untuk kuliah jurusan Teknologi Pangan.

  • Universitas Sumatera Utara (USU), Medan

  • Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung

  • IPB University, Bogor

  • Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

  • Universitas Brawijaya (UB), Malang

  • Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar

  • Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung

  • Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang

 jurusan teknologi pangan

Salah satu kegiatan di jurusan Teknologi Pangan Universitas Kristen Satya Wacana (Sumber: ukwms.ac.id)

 

Prospek Kerja Lulusan Teknologi Pangan

Kerja apa usai lulus dari jurusan Teknologi Pangan? Dengan kecanggihan dan kemajuan teknologi zaman sekarang, kamu tidak perlu risau soal kerjaan setelah lulus dari jurusan Teknologi Pangan. Berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa kamu tekuni setelah lulus, termasuk range gaji yang bisa didapatkan dilansir dari berbagai sumber.

  • Quality Control (Rp3,5 juta hingga Rp5 juta)

  • Quality Assurance (Rp3,5 juta hingga Rp5 juta)

  • Pengembang produk (Rp5 juta hingga Rp10 juta)

  • Research and development produk (Rp5 juta ke atas)

  • Wirausaha (Rp2,5 juta ke atas)

  • Konsultan pangan ( Rp4,5 juta hingga Rp10 juta)

  • Lembaga pemerintahan (LIPI, BPOM, Departemen Pertanian, BULOG, dll)

Kisaran gaji lulusan Teknologi Pangan ini nggak mutlak ya teman-teman. Tentunya, menyesuaikan dengan kemampuan, pengalaman, juga area tempat kamu bekerja.

Baca Juga: Passion di Bidang Makanan? 7 Jurusan Ini Bisa Kamu Pilih

Itulah teman-teman, informasi perihal jurusan Teknologi Pangan mulai dari mata kuliah, daftar universitas, hingga prospek kerjanya. Sekarang, kamu sudah tahu kan apa itu jurusan Teknologi Pangan dan seluk beluknya? Bagi kamu yang punya passion di bidang sains, teknologi, dan makanan, jurusan ini sangat cocok untukmu.

Sekarang, waktunya untuk mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi favorit kamu. Yuk, belajar bareng ruangbelajar by Ruangguru! Kamu akan mendapatkan berbagai materi pelajaran secara gratis untuk menunjang kamu masuk ke jurusan Teknologi Pangan. Semoga berhasil!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Jurusan Teknologi Pangan [daring]. Tautan https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-teknologi-pangan/ diakses pada 24 Maret 2022.

Peminat Prodi Teknologi Pangan Meningkat, Ternyata Begini Prospeknya! [daring]. Tautan: https://masoemuniversity.ac.id/berita/peminat-prodi-teknologi-pangan-meningkat-ternyata-begini-prospeknya.php diakses pada 24 Maret 2022.

Kira-kira Berapa Sih Gaji Lulusan Jurusan Teknologi Pangan? [daring]. Tautan: Berita – Kira-Kira Berapaan Sih Gaji Lulusan Teknologi Pangan? – Masoem University diakses pada 30 Maret 2022.

Dinda Silviana Dewi