Mengenal Kalimat Future Conditional

Mengenal Kalimat Future Conditional

Halo Squad! Wah, sudah kelas XII SMA nih! Apa kalian sudah memiliki rencana selepas lulus SMA? Siapa yang berencana melanjutkan kuliah ke jenjang sarjana? Kalian harus semanga belajarnya, ya! Siapa di antara kalian yang sudah berandai-andai jadi mahasiswa di kampus favorit kalian? Tahukah kamu, dalam Bahasa Inggris, kalimat pengandaian disebut dengan Conditional Sentences atau If Clause, lho. 

Sesuai dengan namanya, kalimat pengandaian adalah sebuah kalimat yang menyatakan apa yang belum terjadi pada kenyataan dan dapat dinyatakan untuk kejadian di masa depan, masa lalu, atau masa sekarang. Conditional Sentences ini terdiri dari Future Conditional, Present Conditional, dan Past Conditional. Sekarang kita coba mengenal kalimat Future Conditional dulu, ya! 

Sebagai catatan, kalimat Future Conditional juga sering disebut dengan If Clause Type 1. Dengan digunakan Future Conditional dalam sebuah kalimat, berarti kamu menyatakan apa yang terjadi di masa depan apabila ada sebuah pengandaian yang terjadi. Hmm... kira-kira contoh kalimatnya seperti apa, ya? Nah, contoh kalimatnya adalah Jeremy will get accepted in cultural studies study program in University of Cantebury, if he studies hard.

Baca Juga: Memahami Contoh Expressing Opinion

Kalimat di atas menyatakan bahwa di masa depan, Jeremy bisa kuliah di jurusan kajian budaya di Universitas Cantebury, bila dia belajar dengan giat. Namun, jika dia tidak belajar dengan giat, tentu itu tidak akan terjadi. Psst kalian juga jangan lupa untuk terus belajar dengan giat, ya! Selain itu, kamu juga nggak boleh lupa nih rumus untuk membuat kalimat dengan Future Conditional. Seperti apa sih, rumusnya? Rumusnya seperti yang ada pada gambar di bawah ini ya!

Mengenal Kalimat Future Conditional

Kamu juga nggak boleh lupa nih, kalimat yang diikuti oleh bentuk if Clause atau Conditional Sentence adalah kalimat pengandaian dan kalimat keduanya merupakan bentuk akibat dari pengandaian tersebut. Jadi, jangan sampai terbalik, ya! 

Mudah kan, Squad? Sekarang coba deh kamu buat 1 kalimat dengan menggunakan Future Conditional. Tulis kalimat yang kamu buat di kolom komentar, ya! Supaya makin jago, kayaknya kamu harus belajar pakai ruangbelajar, deh. Kamu bisa nonton video belajar dan mengerjakan latihan soal juga, lho! Tinggal download, lalu kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja, deh. Sampai ketemu di ruangbelajar, ya!

ruangbelajar

Beri Komentar