Mengenal Kalimat Past Conditional

Mengenal Kalimat Past Conditional

Halo Squad! Siapa yang pernah merasakan penyesalan di sini? Setiap orang pasti pernah merasa menyesal atas beberapa hal yang sudah terlanjur terjadi, ya. Misalnya, salah memilih jurusan. Meskipun demikian, jangan menyesal terlalu lama ya. Kamu harus kembali bangkit dan semangat lagi! Nah, tahukah kamu, dalam Bahasa Inggris, ada Past Conditional yang bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan penyesalan. Seperti apa, ya? Yuk, kita mengenal kalimat Past Conditional

Past Conditional juga sering disebut dengan If Clause type-3. Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, kamu bisa mengungkapkan penyesalan dengan menggunakan Past Conditional, lho! Contoh kalimatnya adalah If Jeremy had studied hard, he would have passed the test. Dalam Bahasa Indonesia, kalimat tersebut berarti Jika Jeremy belajar dengan rajin, dia pasti lulus ujian. Oleh karena itu, kalimat yang menggambarkan kalimat aslinya adalah Jeremy didn’t study hard so that he didn’t pass the test.

Baca Juga: Mengenal Kalimat Present Conditional

Kira-kira, bagaimana ya rumus untuk membuat kalimat dengan Past Conditional? Rumusnya seperti ini, ya! 

Mengenal Kalimat Past Conditional

Jangan lupa, ya! Oh iya, ketika kamu akan menyatakan faktanya, kamu harus membuat kalimat yang berlawanan dengan kalimat pengandaian dan mengembalikan tensesnya ke bentuk aslinya sesuai kenyataannya. Hmm jadi pakai Past Tense dong, ya? Tepat sekali! Diingat-ingat, ya. 

Dalam Past Conditonal, kamu juga dapat meringkas bentuk if, lalu menukar bentuk had dengan subjeknya. Setelah itu, jangan lupa diikuti dengan bentuk V3, ya, seperti yang dijelaskan tabel berikut ini. Jadi contohnya bagaimana, dong? Contoh kalimatnya adalah Had I stayed at home yesterday, I wouldn’t have got wet due to heavy rain.

past conditional 2Bagaimana, Squad, mudah kan? Jangan lupa untuk terus dipelajari supaya tidak menyesal di kemudian hari, ya! Supaya belajarnya makin seru, kamu kayaknya harus banyak-banyak latihan soal, deh. Misalnya dengan cara ikutan tryout. Yuk, ikutan tryout gratis di ruanguji! Download sekarang buat ikutan, ya! 

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts