Mengenal Kata Kerja Aksi (Action Verbs): Transitive dan Intransitive | Bahasa Inggris Kelas 7

Bahasa Inggris_7.jpg

Kalau dalam bahasa Indonesia, RG Squad harus mengenal subjek, predikat, dan objek untuk bisa membuat kalimat yang baik. Sementara dalam bahasa Inggris ada istilah part of speech atau kelas kata. Kali ini, yang akan kita pelajari bersama ialah kata kerja aksi (action verbs) yang menunjukkan tindakan. Misalnya, to stand, to smile, dan to sing.

Berdasarkan objeknya, action verbs bisa dibagi lagi ke dalam dua jenis, yaitu:

1. Transitive Verbs

Kata kerja jenis ini membutuhkan objek agar kalimat menjadi utuh dan memiliki makna. Dengan kata lain, sesuatu/seseorang (objek) yang mengikuti verbs mendapatkan aksi dari verbs tersebut.

Contoh:

kata kerja aksi(Sumber: moziru.com)

- I clean my own room every morning. [Saya membersihkan kamar saya setiap pagi.]
Kata ‘clean’ tidak dapat berdiri sendiri tanpa diikuti objek. Jika hanya ‘I clean’ [saya membersihkan], atau ‘I clean every morning’ [saya membersihkan setiap pagi], kalimatnya jadi membingungkan. Pasti orang lain akan bertanya, “Apa yang dibersihkan?”

kata kerja aksi(Sumber: weclipart.com)

- Hilda raises her hands. [Hilda mengangkat tangannya.]

- We are speaking English. [Kami berbicara bahasa Inggris.]

2. Intransitive Verbs

Kata kerja jenis ini tidak memerlukan objek langsung.

Contoh:

- Joshua screamed when he felt a strange touch behind his ear. [Joshua berteriak ketika merasakan ada sentuhan aneh di belakang teliganya.]
Kata ‘scream’ tidak perlu objek yang mengikutinya untuk menjadi kalimat sempurna. Jika kita menghilangkan frasa keterangan dan menyisakan hanya ‘Joshua screamed’ [Joshua berteriak], ini masih memiliki makna.

kata kerja aksi(Sumber: blogs.publishersweekly.com)

- Anita reads fast. [Anita membaca dengan cepat.]

- They arrived later than usual. [Mereka datang lebih terlambat dari biasanya.]

Nah, kata kerja aksi (action verbs) dapat RG Squad gunakan untuk menunjukkan kata kerja aksi. Selain itu, masih ada jenis verbs lainnya, lho. Kamu yang ingin memahaminya lebih jauh, bisa daftar melalui ruangbelajar. Ini saatnya untuk menguasai materi pelajaran dengan ahlinya!

New Call-to-action

Beri Komentar