Sosiologi Kelas 8 | Mengenal Kategori Keberagaman Masyarakat Multikultural

Mengenal Kategori Keberagaman Masyarakat Multikultural

Squad, setelah sebelumnya kita mengenal tentang masyarakat multikultural, sekarang yuk kita coba mempelajari kategori keberagaman masyarakat multikultural! Nah, ternyata ada beberapa kategori keberagaman dalam suatu masyarakat, lho. Jadi, tidak semata-mata hanya berbeda-beda secara fisik saja nih. Hmm apa saja, ya? Yuk, disimak! 

1. Klasifikasi Keberagaman Masyarakat Multikultural di Indonesia

Di Indonesia, klasifikasi ditinjau berdasarkan sikap pergaulan, sikap terhadap perubahan, lokalitas, mata pencaharian, dan segi laju perubahan. Kita simak satu persatu, ya! 

Masyarakat Multikultural

Keberagaman masyarakat (Sumber: mubaonline.com) 

  • Berdasarkan sikap pergaulannya terhadap masyarakat lain

Berdasarkan kategori sikap pergaulan, masyarakat dibagi menjadi dua, yaitu masyarakat eksklusif dan masyarakat inklusif. Masyarakat eksklusif cenderung merasa takut akan hadirnya budaya lain, karena mereka menganggap budaya lain tersebut akan merusak kebudayaan mereka yang sudah ada sebelumnya. Sedangkan masyarakat inklusif merupakan masyarakat yang dapat menyesuaikan diri terhadap budaya lain.

  • Berdasarkan sikap terhadap perubahan

Ada 2 jenis masyarakat berdasarkan sikapnya terhadap perubahan. Pertama, masyarakat konservatif yang menganggap kebudayaannya sudah sempurna, sehingga tidak suka terhadap perubahan. Sementara itu, masyarakat modern cenderung sangat menyukai perubahan karena kebutuhan dari masyarakat modern yang semakin berkembang dan kompleks. 

  • Berdasarkan lokalitas

Terdapat 2 tipe yaitu masyarakat desa dan masyarakat kota. Ciri-ciri masyarakat desa antara lain adalah hubungan antar individu yang bersifat kekeluargaan, religius, dan memiliki sifat gotong royong yang tinggi. Sedangkan, masyarakat kota memiliki pola pikir yang rasional, bersifat individualistis, dan cenderung sekuler. 

Masyarakat Multikultural

Kehidupan masyarakat kota (Sumber: geotimes.co.id)

  • Berdasarkan mata pencaharian penduduk

Terdapat 3 jenis kategori masyarakat, pertama adalah masyarakat pertanian yang diklasifikasikan kembali ke dalam 3 kategori, yaitu masyarakat meramu dan mengumpulkan makanan, masyarakat ladang berpindah, dan masyarakat bercocok tanam menetap. Kategori kedua adalah masyarakat nelayan yang masih menggunakan alat-alat sederhana dalam mengolah makanan. Sedangkan, kategori ketiga adalah masyarakat industri yang sudah memiliki spesialisasi dalam pekerjaan.   

Mengenal Kategori Keberagaman Masyarakat Multikultural

Masyarakat industri (Sumber: twitter.com/kemnakerRI)

  • Berdasarkan laju perubahan

Ada yang namanya masyarakat tradisional dan masyarakat modern. Masyarakat tradisional adalah masyarakat yang masih memegang teguh tradisi leluhurnya. Sedangkan, masyarakat modern adalah masyarakat yang sudah mengalami transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

2. Pembagian Kelompok Sosial pada Masyarakat Multikultural

Pembagian kelompok sosial pada masyarakat multikultural yang ada di Indonesia secara umum dibagi menjadi tiga. Seperti apa ya, pembagiannya? Yuk, kita simak! 

Masyarakat Multikultural

Selain kategori di atas, berdasarkan konfigurasi dan komunitas etniknya, J.S. Furnivall membedakan masyarakat majemuk dalam empat kategori. Pembagian keempat kategori tersebut dapat disimak pada gambar di bawah ini.

Masyarakat Multikultural

Wah, menarik sekali ya Squad! Ternyata banyak sekali, lho jenis-jenis masyarakat yang ada di sekitar kita. Jangan lupa untuk selalu hidup rukun dan saling menghargai dan membantu satu sama lain, ya! Psst, kamu juga harus rajin belajar nih, supaya bisa membantu lingkungan sekitarmu. Biar makin seru, yuk belajar pakai ruangbelajar! Kamu bisa buat #BelajarJadiMudah dengan nonton video belajar beranimasi di mana saja dan kapan saja! Yuk, tunggu apa lagi Squad, download aplikasinya sekarang, ya! 

ruangbelajar

Beri Komentar