Biologi Kelas 10 | Mengenal Keselamatan Kerja di Laboratorium

Mengenal Keselamatan Kerja di Laboratorium

Artikel ini akan menjelaskan kepada kamu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan saat ingin bekerja di laboratorium.

--

Squad, siapa yang kalau sudah besar nanti ingin jadi ilmuwan? Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, ilmuwan sering bekerja di laboratorium, kan? Nah, tahukah kamu, bekerja di laboratorium itu berbeda dengan bekerja di ruangan biasa. Ada beberapa peraturan yang harus kamu patuhi jika kamu akan bekerja atau berkegiatan di laboratorium. Apa saja, ya? Yuk, kita mengenal keselamatan kerja di laboratorium!

Mengenal Keselamatan Kerja di LaboratoriumMengetahui keselamatan kerja di laboratorium sangatlah penting, Squad.

(sumber: freepik.com)

Mengenal Keselamatan Kerja di Laboratorium

Squad, untuk menunjang keselamatan kerjamu di laboratorium, ada beberapa tata tertib yang harus kamu penuhi. Tata tertib tersebut antara lain wajib menggunakan jas lab, tidak makan dan minum di dalam lab, dan meja kerja yang harus selalu rapi. Kamu diwajibkan memakai jas lab karena di lab banyak sekali bahan kimia yang mungkin berbahaya jika langsung terkena kulitmu. Oleh karena itu, jas lab berfungsi untuk melindungimu selama berkegiatan di laboratorium. Terus, kenapa kita nggak boleh makan di laboratorium, ya? Kamu tidak boleh makan di laboratorium karena nanti dikhawatirkan akan ada kontaminasi, baik dari zat kimia ke makanan atau sebaliknya. Selain itu, kamu juga harus selalu menjaga kebersihan, kan

Baca Juga: Ciri-Ciri Jamur beserta Klasifikasinya

Oh iya, kamu juga harus membersihkan alat praktikum ketika sudah selesai memakainya. Pada beberapa laboratorium, sampah padat dan cair memiliki tempat pembuangannya masing-masing, lho. Oleh karena itu, jika laboratorium tempatmu beraktivitas menerapkan peraturan tersebut, jangan lupa dipatuhi, ya! 

Mengenal Keselamatan Kerja di Laboratorium

Selain tata tertib di atas, ada beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan sebelum, selama, dan setelah kamu beraktivitas di laboratorium. Kuy, perhatikan daftar berikut ini! 

Mengenal Keselamatan Kerja di Laboratorium

 

Mengenal Keselamatan Kerja di Laboratorium

Salah satu hal penting yang nggak boleh kamu lupakan adalah memahami simbol-simbol keselamatan kerja yang ada di laboratorium. Jangan sampai tertukar, ya! Supaya nggak lupa, yuk, simak gambar berikut!

Mengenal Keselamatan Kerja di Laboratorium

Jangan sampai lupa ya, Squad! Mudah, kan? Yuk, semangat belajar supaya cita-citamu tercapai. Supaya belajarnya makin seru, yuk belajar bersama ruanglesonline! Tinggal foto soal PR yang sulit, lalu tanya deh ke kakak tutor berpengalaman yang seru abis cara ngajarnya! Siap-siap jadi juara ya, Squad!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts