Mengenal Konsep Hubungan Roda-Roda | Fisika Kelas 10

Fisika_10.jpg

Kamu pernah lihat roda-roda pada kipas angin? Coba perhatikan di bagian baling-baling kipas angin. Pada baling-baling kipas angin, terdapat sistem hubungan roda-roda sepusat karena arah putarannya searah. Nah, bagaimana hubungan roda dalam air conditioner? Benda-benda apa saja yang menggunakan konsep ini? Simak penjelasannya di bawah!

hubungan roda-roda

Kalau diperhatikan, gambar-gambar di atas pasti menggunakan hubungan roda-roda. Nah, gambar sebelah kiri merupakan gambar bagian dalam air conditioner. Sedangkan, gambar sebelah kanan adalah roda dari roller coaster. Pada roller coaster, roda-roda saling bersinggungan dengan arah putaran yang berlawanan.

Pada bagian dalam mesin AC, terdapat dua roda yang dihubungkan dengan poros roda sepusat. Jika poros roda sepusat, roda akan memiliki kecepatan sudut yang sama. Jika roda pertama berputar satu putaran penuh, roda kedua pun akan berputar satu putaran penuh. Jadi berlaku:

  1. Kedua roda berputar searah
  2. Kecepatan sudut kedua roda sama

Benda lain yang menggunakan hubungan roda-roda selain kendaraan ialah katrol. Katrol merupakan alat yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam pekerjaan yang berat agar menjadi lebih ringan. Misalnya, saat mengambil air di dalamsumur, mengerek bendera, memindahkan muatan barang di dermaga, dan lain-lain. Dalam katrol, roda-roda memiliki putaran yang searah karena dihubungkan dengan sabuk sehingga meringankan pekerjaan manusia.

hubungan roda-roda

(sumber: hidup-fisika.blogspot.co.id)

 ω1 = ω2

Keterangan :

ω1 = kecepatan sudut roda 1 (rad/s)

ω2 = kecepatan sudut roda 1 (rad/s)

Jika dua roda dihubungkan dengan rantai seperti roda gir sepeda atau sabuk seperti katrol, kelajuan linier kedua roda akan sama karena mengikuti kelajuan linier rantai. Pada roda-roda yang dihubungkan rantai berlaku:

  1. Arah putar kedua roda sama
  2. Kelajuan linear kedua roda sama

Maka : v1 = v2

visualisasi hubungan roda-roda

Hubungan roda-roda lainnya ialah roda-roda yang bersinggungan. Contoh roda-roda yang bersinggungan dapat ditemui pada mesin jam. Jika roda pertama berputar searah jarum jam, roda kedua berputar berlawanan arah jarum jam. Namun, besar kecepatan linear kedua roda sama.

Maka,

v1 = v2

Keterangan:  v1= kecepatan linier roda 1 (m/s)

                         v2= kecepatan linier roda 2 (m/s)

 contoh hubungan roda-roda

Nah, ternyata hubungan roda-roda memiliki beberapa jenis serta fungsi yang berbeda, ya. Mau lebih tahu tentang konsep aplikasi roda dalam kehidupan sehari-hari? Yuk, belajar bareng dengan tentor yang berpengalaman melalui Ruangguru digitalbootcamp!

New Call-to-action

Beri Komentar